Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tidak Perlu Khawatir, Ketahui Cara Merawat Bekas Suntikan BCG Pada Anak

Tidak Perlu Khawatir, Ketahui Cara Merawat Bekas Suntikan BCG Pada Anak

 


Pemberian vaksin kepada anak melalui imunisasi merupakan hal penting yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan vaksin mampu memberikan perlindungan bagi tubuh untuk terhindar dari penyakit. Salah satu vaksin yang bermanfaat adalah vaksin Bacillus Calmette-GuĂ©rin (BCG) yang berperan untuk melindungi tubuh dari penyakit tuberkulosis (TB) serta radang otak akibat TB. Namun, bekas suntik BCG dapat meninggalkan jejak seperti munculnya bekas luka atau bisul. 


Penyebab Munculnya Bekas Suntikan BCG


Bekas luka atau bisul akan muncul pada tempat penyuntikan vaksin BCG. Bekas suntikan BCG awalnya akan mengalami kemerahan yang kemudian akan menjadi bisul berisi nanah. Namun tidak perlu khawatir, bisul ini akan mengering dan kemudian akan menimbulkan jaringan parut. Besar dari jaringan parut ini akan bergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh tiap orang.


Bisul akibat bekas suntikan BCG ini tidak berbahaya dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Ini adalah bentuk respon tubuh sebagai proses penyembuhan alami. Ketika kulit terluka, tubuh akan memberikan reaksi untuk memperbaiki jaringan yang luka tersebut. Respon ini yang kemudian menimbulkan bekas luka atau bisul.


Bekas vaksin BCG biasanya menonjol dengan tekstur bundar. Ukurannya juga beragam dan terkadang menimbulkan rasa gatal sebagai reaksi perbaikan pada jaringan kulit.


Pada anak yang belum terpapar kuman TB, reaksi bekas suntikan ini akan terjadi pada waktu 2 hingga 12 minggu setelah penyuntikan. Namun pada anak yang telah terpapar kuman TB,  reaksi ini bisa muncul kurang dari 1 minggu. Dibutuhkan pemeriksaan lanjutan jika anak mengalami reaksi suntikan BCG kurang dari seminggu.


Menghilangkan Bekas Suntikan BCG


Bekas suntikan BCG tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, namun Anda dapat merawat bekas luka ini agar tidak terlalu menonjol. Sebelum merawat bekas luka, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merawat luka setelah vaksin BCG dengan cara:

  • Pastikan luka tetap bersih dan kering, caranya dengan tutup luka menggunakan kain kasa. Pastikan kain kasa yang digunakan memungkinkan udara untuk tetap masuk

  • Hindari menggunakan plester yang menempel pada luka

  • Hindari untuk menekan, menggosok, dan menggaruk luka


Ketika luka kering, maka akan menimbulkan bekas luka. Untuk memudarkan bekas luka, Anda dapat mengikuti cara berikut:


  1. Menggunakan sunblock atau tabir surya

Paparan sinar matahari dapat membuat bekas luka menjadi lebih gelap dan kulit juga lebih menebal. Anda dapat mengatasi ini dengan mengoleskan tabir surya secara rutin pada bekas suntikan BCG.


  1. Kompres air dingin

Untuk meredakan bengkak dan membuat anak nyaman setelah vaksin BCG, Anda dapat mengompres bekas luka dengan handuk yang telah dibasahi air dingin. Hal ini dilakukan agar bengkak tidak terasa semakin berat.


  1. Kompres air hangat

Setelah beberapa hari dikompres menggunakan air dingin, Anda dapat menggantinya dengan kompres air hangat. Kompres dengan air hangat dilakukan agar bengkak menjadi kempes.


  1. Mengoleskan pelembab

Pelembab yang memiliki formula cocoa butter, minyak kelapa, dan lidah buaya disebut mampu memudarkan bekas luka.


  1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan lapisan luar kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Namun, untuk menjalani prosedur ini Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.


Bekas suntikan BCG atau bisul pada dasarnya bukanlah hal yang berbahaya. Ini merupakan respon alami tubuh setelah penyuntikan vaksin. Namun, jika terjadi komplikasi seperti bengkak parah, demam tinggi, atau nanah yang berlebihan, segera konsultasikan kepada dokter. Bisa jadi hal ini terjadi karena akibat penanganan vaksin yang tidak tepat sehingga menimbulkan infeksi.


Namun juga perlu diperhatikan, apabila tidak muncul bekas suntikan BCG setelah vaksin bukan berarti vaksin tidak berhasil. Dengan atau tanpa bekas, tidak mengindikasi bahwa penerima vaksin BCG tidak kebal pada TB.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 18 Maret 21 - 09:36 WIB
Dalam Kategori : BEKAS SUNTIK BCG
Dibaca sebanyak : 55 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback