Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tidak Ditujukan untuk Wanita, Ini Cara Menggunakan Finasteride

Tidak Ditujukan untuk Wanita, Ini Cara Menggunakan Finasteride
Finasteride merupakan obat yang bekerja dengan mengurangi pertumbuhan hormon. Hal ini dilakukan guna mengatasi kerontokan rambut yang parah serta pembesaran prostat jinak pada pria.
 
Obat ini tidak dianjurkan bagi pasien wanita dan anak-anak. Dosisnya sekitar 1-5 miligram dalam sehari, tergantung anjuran dari dokter. 
 
Gunakan finasteride sesuai anjuran pemakaian
Ketika Anda diresepkan finasteride, Anda kemungkinan besar harus menggunakan obat tersebut dalam jangka panjang. Biasanya, dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan sampai satu tahun untuk benar-benar melihat hasil dari obat ini. 
 
Anda mungkin tidak bisa mendapatkan obat ini secara bebas tanpa resep dari dokter. Ikuti anjuran dari dokter mengenai cara pemakaian yang tepat agar tidak membahayakan kesehatan Anda.
 
Ada beberapa dampak buruk yang bisa Anda rasakan apabila Anda menggunakan finasteride tidak sesuai anjuran dokter. Dampak itu berupa:
  • Dampak saat menggunakan dosis yang berlebihan
Dosis finasteride yang terlalu tinggi meningkatkan resiko yang lebih tinggi untuk menimbulkan reaksi negatif. Reaksi negatif ini mencakup penurunan gairah seksual, kesulitan ereksi, masalah ejakulasi, pertambahan ukuran dada, dan ruam.
  • Dampak bila tidak mengonsumsi sama sekali
Apabila Anda tidak mengikuti arahan dari dokter dan tidak mengonsumsi obat ini sama sekali, maka kondisi Anda tidak akan membaik. Baik masalah rambut rontok maupun pembesaran prostat jinak tidak akan berhasil diatasi. 
  • Dampak saat terlewat
Setelah terlewat, segera minum obat ini ketika Anda sudah mengingatnya. Akan tetapi, bila sudah melewati 6 jam, maka lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan ke dosis di hari berikutnya. 
 
Jangan menambah dosis menjadi dua kali lipat untuk menggantikan dosis yang terlewat, karena tidak aman untuk kesehatan Anda. 
 
Efek samping penggunaan finasteride
Tentunya, tidak ada obat yang terbebas dari resiko efek samping. Finasteride pun memiliki efek samping apabila penggunaannya dilakukan dengan tidak tepat. Berikut ini efek sampingnya:
  • Efek samping umum
Efek samping umum dari penggunaan obat ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Efek samping ini berupa penurunan gairah seksual serta disfungsi ereksi.
 
Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, efek samping ini bisa membaik. Hanya sekitar 1 dari 100 pengguna yang merasakan efek samping ini. 
  • Efek samping serius
Efek samping serius dari penggunaan obat ini sangat jarang terjadi. Hal ini hanya terjadi pada sekitar 1 dari 1000 pengguna finasteride. Biasanya, efek samping ini akan dirasakan setelah beberapa bulan pemakaian.
 
Gejala dari efek samping serius berupa benjolan, nyeri, atau bengkak di area dada. Selain itu, Anda juga akan mengalami keluarnya cairan dari puting. 
 
Selain itu, efek samping serius juga bisa berupa depresi dan keinginan untuk melukai diri sendiri. 
Anda tidak perlu mengkhawatirkan kemungkinan efek samping ini. Karena, efek samping yang telah disebutkan di atas, baik efek samping umum maupun serius, cukup jarang terjadi. 
 
Bila Anda merasakan efek samping, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apabila efek samping yang dirasakan berupa efek samping ringan, tunggulah selama beberapa waktu. Efek samping ini akan membaik dengan sendirinya. 
 
Bagi Anda yang menggunakan obat ini, pastikan untuk menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual dengan pasangan Anda. Karena, kandungan dalam finasteride dapat tersalurkan ke air mani dan berbahaya bagi pasangan Anda yang wanita. 
 
Selain itu, ketika akan menggunakan finasteride, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai interaksi dengan obat-obatan lain. Hal ini penting untuk menghindari efek samping yang buruk. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 28 Desember 20 - 16:04 WIB
Dalam Kategori : RAMBUT RONTOK
Dibaca sebanyak : 150 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback