Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tanya Dokter Bedah Anak: Bagaimana Mempersiapkan Operasi Anak!

Tanya Dokter Bedah Anak: Bagaimana Mempersiapkan Operasi Anak!

Dokter bedah anak adalah prosedur pembedahan yang dilakukan pada pasien di bawah usia 18 tahun. Meskipun definisi bedah pediatrik sederhana, namun pada kenyataannya memiliki anak yang akan melakukan prosedur bedah sangatlah berbeda. 

Terlebih lagi jika anak sudah mengerti dan sudah bisa diajak berbicara tentang operasi yang akan mereka lakukan. Perlu pendekatan khusus dan bagaimana menjelaskan kepada mereka. Tanya dokter bedah anak pun dapat membantu Anda dalam menjelaskan hal tersebut. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjelaskan kepada anak tentang sebuah operasi. 

Bagaimana menjelaskan anak yang perlu operasi?

Jika anak Anda perlu dioperasi, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk menjelaskan operasi pada anak. 

1. Menjelaskan pembedahan pada anak

Memberi anak Anda informasi yang akurat saat mempersiapkannya sangat penting untuk ketenangan mereka sebelum dan setelah operasi. Jelaskan prosedur operasi semudah mungkin dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh anak. Namun, jangan pula Anda menjelaskan terlalu detail tentang bagaimana operasi berlangsung yang mungkin bisa membuat si kecil makin takut akan prosedur operasi tersebut. 

2. Bersikap tenang

Sebelum Anda menenangkan anak yang akan menjalani operasi. Ada baiknya untuk menenangkan diri Anda terlebih dahulu. Pasalnya, anak dapat melihat kecemasan yang Anda rasakan ketika si kecil akan operasi. Hal tersebut justru dapat membuat anak makin stres dan cemas.

Jadi, penting untuk melakukan yang terbaik untuk diri Anda terlebih dahulu. Namun, jangan sungkan untuk tanya dokter bedah anak tentang operasi yang akan dilakukan, anastesinya bagaimana, hingga pemulihan anak pasca operasi. Memiliki informasi yang cukup dapat membantu Anda lebih tenang.

3. Pilih suasana yang tenang dan kata-kata yang baik

Beritahu anak dengan kata-kata yang sederhana bahwa ia akan dioperasi. Jelaskan pula mengapa mereka membutuhkan prosedur ini dan kapan hal tersebut akan dilaksanakan. Jika Anda memerlukan bantuan untuk menjelaskan berbagai hal, Anda bisa tanya dokter bedah anak untuk membantu Anda dalam menjelaskan. 

Saat menjelaskan anastesi atau operasi keada anak, perhatikan bahasa yang Anda gunakan. Anak-anak cenderung menafsirkan sesuatu secara berbeda dengan apa yang kita maksud. Jadi buat anak senyaman mungkin dan jangan membuatnya lebih cemas karena pemilihan bahasa yang salah saat menjelaskannya. 

4. Biarkan anak-anak tetap menjadi dirinya sendiri

Pelukan, tawa dan terutama bermain sama pentingnya dnegan obat untuk anak-anak yang akan menghadapi operasi. Bermain merupakan hal yang paling menyenangkan buat mereka. Berikan mainan kesukaan mereka dan mereka dapat memainkannya sambil menunggu jadwal operasi. Hal ini akan membuat anak tidak cemas akan prosedur yang akan mereka jalani. 

5. Hadirkan kenyamanan rumah

Biarkan mereka memilih boneka favorit, mainan kesukaan mereka, buku, musik, atau permainan apapun untuk di bawa. Hal-hal yang familiar seperti ini sering kali membuat anak merasa lebih nyaman dan dapat menghilangkan ketakutan. Anak yang sudah lebih besar biasanya lebih memilih memainkan permainan di ponsel mereka, daripada membawa mainan. 


Jadi, selain melakukan beberapa cara di atas. Anda pun jangan sungkan untuk tanya dokter bedah anak tentang prosedur operasi yang akan dilakukan pada anak Anda. Tanyakan apapun informasi terkait prosedur tersebut, hingga pemulihan pasca operasi. Dengan mengetahui dengan jelas, mungkin dapat membuat Anda lebih tenang, pun dapat menenangkan si kecil. 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 25 Maret 21 - 20:23 WIB
Dalam Kategori : TANYA DOKTER BEDAH ANAK
Dibaca sebanyak : 62 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback