Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Seberapa Sering Cara Menggunakan Conditioner Rambut Perlu Dilakukan?

Seberapa Sering Cara Menggunakan Conditioner Rambut Perlu Dilakukan?
Anda mungkin tahu bahwa cara menggunakan conditioner rambut dapat membuat rambut Anda menjadi lebih lembut, halus, berkilau, dan mudah diatur. Namun, mungkin Anda tidak mengetahui jenis conditioner yang cocok untuk jenis rambut Anda dan seberapa sering Anda perlu mengoleskannya untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan rambut. Mengingat apabila Anda terlalu banyak menggunakan conditioner, ada kemungkinan rambut akan berminyak. Dan apabila Anda jarang menggunakan conditioner, rambut berisiko menjadi kering dan sulit diatur. Untuk menghindari hal-hal tersebut, sangat penting untuk melakukan cara menggunakan conditioner rambut dengan takaran yang tepat. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih detail. 

Apa itu conditioner?
Sebelum membahas tentang seberapa sering seseorang perlu melakukan cara menggunakan conditioner rambut, kita perlu tahu apa produk ini. Conditioner adalah pelembap rambut yang biasanya terbuat dari cationic surfactant, yang mana dapat membantu melembutkan rambut, dan juga emollient, minyak, dan terkadang silicon. Silikon akan melapisi rambut untuk membantu mengunci kelembapan, mengurangi rambut bergelombang, dan membuat rambut Anda terlihat lebih berkilau. Conditioner memiliki 3 penggunaan utama, yaitu mengganti beberapa kelembapan yang dihilangkan oleh sampo saat keramas, melembapkan rambut setelah menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia seperti pewarna dan pelurus rambut, dan membantu pemulihan rambut setelah adanya kerusakan panas akibat sinar matahari atau alat pengering rambut. Seberapa sering cara menggunakan conditioner rambut perlu dilakukan tergantung pada jenis rambut yang Anda miliki dan jenis conditioner yang Anda pakai.
  • Rinse-out conditioner
Cara menggunakan conditioner rambut jenis ini adalah Anda mengusapkannya setelah keramas dan membilasnya. Akademi Dermatologi Amerika merekomendasikan Anda untuk menggunakan rinse-out conditioner beberapa kali dalam seminggu. Akan tetapi, apabila Anda memiliki rambut lembut atau berminyak, Anda direkomendasikan untuk tidak menggunakannya terlalu sering karena dapat membuat rambut terasa berat. Jika Anda memiliki rambut yang kering, kasar, keriting, atau menggunakan pewarna rambut, menggunakan conditioner ini setiap hari akan bermanfaat untuk memberikan kelembapan ekstra pada rambut. 
  • Leave-in conditioner
Berbeda dengan rinse-out conditioner, Anda tidak perlu membilas conditioner jenis ini. Conditioner ini digunakan untuk melembapkan rambut yang kering dan memperbaiki kerusakan rambut. Sebagai peraturan utama, cobalah untuk mengoleskan leave-in conditioner sekali dalam satu minggu. Apabila rambut Anda keriting, kering, ataupun rusak, Anda mungkin perlu menggunakannya lebih sering. 
  • Deep conditioner
Conditioner ini perlu Anda biarkan pada rambut setelah dioleskan selama 30 menit. Lebih barat daripada rinse-out conditioner dan leave-in conditioner, jenis ini didesain untuk membantu memperbaiki rambut yang rusak dan menghidrasi rambut yang kering. Conditioner jenis ini perlu digunakan sekali dalam satu atau dua bulan. 
 
Cleansing conditioner. Ini adalah jenis rinse-out conditioner yang dapat membersihkan dan melembutkan rambut. Dengan menggunakan produk ini, Anda tidak perlu lagi keramas menggunakan sampo. Conditioner ini biasanya lebih ringan dibandingkan dengan conditioner jenis lainnya, membuat conditioner ini pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki rambut halus ataupun berminyak. Karena dianggap seperti sampo, conditioner ini dapat digunakan sesering yang Anda mau, misalnya setiap hari. 
 
Seberapa sering Anda melakukan cara menggunakan conditioner rambut tergantung pada jenis rambut dan jenis conditioner yang Anda pakai. Biasanya, mereka yang memiliki rambut berminyak atau rambut yang halus perlu menggunakan rinse-out conditioner atau cleansing conditioner beberapa kali dalam seminggu. Sementara itu, mereka yang memiliki rambut kering, kasar, dan keriting perlu rutin menggunakan conditioner atau memakai deep conditioner agar mendapatkan kelembapan yang maksimal. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 02 Februari 21 - 10:49 WIB
Dalam Kategori : PERAWATAN RAMBUT, KESEHATAN RAMBUT
Dibaca sebanyak : 152 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback