Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Salep Zambuk dan Perawatan Alami Lain Atasi Lebam

Salep Zambuk dan Perawatan Alami Lain Atasi Lebam

Pernahkah Anda melihat ada bercak berwarna hitam atau ungu di kulit? Kondisi tersebut dikenal dengan istilah lebam, yang umum disebabkan karena cedera saat berolahraga, kecelakaan mobil, gegar otak, cedera kepala, keseleo, nyeri otot, obat-obatan yang mengencerkan darah seperti aspirin dan warfarin, serta suplemen. Lebam yang timbul setelah terluka atau cedera merupakan hal yang normal. Lebam tersebut menjadi bagian dari proses pemulihan tubuh. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu khawatir munculnya lebam, dan dapat diobati menggunakan salep Zambuk. Namun, Apabila Anda memiliki luka yang menyebabkan lebam, terbuka, mengeluarkan nanah, cairan bening, atau darah, kunjungi dokter segera karena hal ini dapat menjadi tanda adanya infeksi. 

Lebam adalah hasil beberapa jenis trauma atau cedera pada kulit yang menyebabkan pembuluh darah pecah. Dengan salep Zambuk, lebam biasanya akan hilang dengan sendirinya atau bahkan lebih cepat. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan membuat lebam menjadi tidak terlihat. Berikut adalah perawatan alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

Ini adalah obat salep tradisional yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri akibat memar ataupun terkilir. Produk ini diproduksi oleh PT Bayer Internasional, dan sudah teruji khasiatnya sejak tahun 1902. Kandungan camphor dan minyak eucalyptus di dalamnya efektif membuat salep Zambuk mampu mengatasi memar ataupun lebam. 

  • Terapi es

Selain mengoleskan salep Zambuk, Anda bisa meletakkan es pada dearah yang cedera untuk mengurangi aliran darah di sekitar daerah yang terluka. Mendinginkan pembuluh darah dapat mengurangi jumlah barah yang bocor di jaringan sekitarnya. Hal ini dapat mencegah lebam menjadi terlalu terlihat dan mengurangi pembengkakan. Anda bisa menggunakan sekantung es atau sayuran dingin yang dibungkus kain bersih. Letakkan es ke daerah yang lebam selama 10 menit dan tunggu 20 menit sebelum menggunakannya kembali. 

  • Panas

Anda bisa menggunakan panas untuk meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Cara ini akan membantu membersihkan darah yang terjebak setelah lebam telah terbentuk. Menggunakan panas juga dapat membantu melepaskan otot yang tegang dan meringankan rasa sakit atau nyeri. Anda bisa menggunakan “heating pad” atau botol air panas. Merendam bagian yang sakit ke air panas juga dapat menjadi pilihan alternatif yang efektif. 

  • Compression

Ikat daerah yang lebam menggunakan perban elastis. Hal ini akan menekan jaringan dan membantu mencegah pembuluh darah bocor. Menggunakan kompresi dapat mengurangi tingkat keparahan lebam dan membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. 

  • Krim vitamin K

Vitamin K merupakan nutrisi penting yang membantu pembekuan darah. Krim vitamin K ditunjukkan mampu mengurangi tingkat keparahan lebam setelah perawatan laser dalam studi kecil tahun 2002. Untuk menggunakan perawatan ini, oleskan dengan perlahan krim vitamin K pada luka lebam setidaknya dua kali dalam sehari. 

  • Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya terbukti mampu mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Anda bisa mengoleskan aloe vera secara topikal pada daerah yang sakit. Pastikan Anda menggunakan gel yang mengandung aloe vera murni. 

Lebam dapat membutuhkan waktu beberapa minggu untuk sembuh total. Salep Zambuk dan perawatan lainnya yang disebutkan di atas dapat mempercepat proses pemulihan. Perhatikan perkembangan proses pemulihan. Penting untuk diketahui bahwa lebam dapat disebabkan karena patah tulang atau keseleo parah. Jika lebam tidak kunjung pulih atau malah bertambah parah, hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksan segera. 


 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 23 Maret 21 - 20:13 WIB
Dalam Kategori : SALEP ZAMBUK
Dibaca sebanyak : 68 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback