Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Puting Hitam

Puting Hitam
Semakin bertambahnya usia, puting wanita akan terlihat berbeda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna. Setiap wanita mengalami perubahan di bagian payudara mereka ketika mereka melewati masa pubertas, hamil, dan menyusui. Setelah melalui masa-masa ini, puting wanita akan berubah menjadi hitam. Meskipun perubahan warna puting merupakan hal yang wajar, puting hitam bisa menunjukkan bahwa seorang wanita mengalami penyakit kronis.
 
Apa yang Membuat Puting Seseorang Hitam?
 
Puting hitam merupakan salah satu kondisi yang serius, karena bisa menimbulkan kondisi yang parah pada tubuh. Puting hitam bisa terjadi karena penyebab berikut:
  • Pubertas
Pubertas merupakan salah satu faktor yang bisa membuat seorang wanita memiliki puting hitam. Ketika seorang wanita memasuki masa pubertas, puting mereka akan semakin gelap dengan perlahan karena perubahan hormonal. Pada masa ini, indung telur atau ovarium akan memproduksi hormon estrogen.
 
Tidak hanya puting hitam, perubahan hormonal juga dapat memicu penumpukan lemak di jaringan payudara. Kondisi seperti ini bisa semakin membesar.
  • Menstruasi
Menstruasi merupakan penyebab lain yang bisa membuat puting seseorang hitam. Seseorang akan mengalami menstruasi setiap bulan ketika mereka memasuki masa pubertas. Kondisi tersebut membuat payudara mereka lunak atau membengkak sebelum dan selama menstruasi. Selain itu, puting mereka bisa berubah menjadi hitam, baik sebelum maupun selama kedatangan tamu bulanan.
  • Mengkonsumsi pil KB
Mengkonsumsi pil KB juga merupakan penyebab lain yang dapat membuat puting seseorang hitam. Pil KB mengandung estrogen dan progesteron yang bisa memicu perubahan hormon. Perubahan hormon akan mempengaruhi payudara seseorang dengan cara yang serupa dengan pubertas atau menstruasi.
 
Perubahan pigmen kulit yang dialami seseorang ketika mereka mengkonsumsi pil KB disebut sebagai melasma. Kondisi seperti ini akan hilang dengan sendiri jika mereka berhenti mengkonsumsi pil KB.
  • Hamil
Kehamilan bisa memicu berbagai kondisi pada tubuh wanita, salah satunya termasuk puting hitam. Ketika seseorang hamil, payudara mereka akan memproduksi ASI untuk bayinya. Selama masa kehamilan, areola mereka juga akan berubah menjadi hitam sehingga bisa menimbulkan gejala seperti nyeri, lunak, bahkan bengkak di bagian payudara.
 
Tidak hanya puting hitam, bagian tubuh lain seperti leher juga bisa berubah warna menjadi lebih gelap karena melasma. Meskipun demikian, kondisi seperti ini hanya bersifat sementara dan bisa sembuh tanpa pengobatan.
  • Menyusui
Menyusui juga bisa menjadi penyebab seseorang memiliki puting hitam. Sebuah penelitian menyatakan bahwa perubahan warna pada areola membantu bayi memperoleh asupan makanan.
 
Tidak hanya itu, puting hitam juga dapat membantu bayi menemukan sumber makanan dengan lebih mudah. Setelah melewati masa menyusui, warna puting akan kembali normal, namun dengan perlahan.
  • Rambut di dekat puting
Sebagian orang juga memiliki rambut di dekat puting dan biasanya rambut di area tersebut lebih gelap dibandingkan dengan rambut yang ada di bagian tubuh lain. Rambut yang tumbuh di dekat puting akan membuat puting tampak gelap.
  • Diabetes
Diabetes menyebabkan bagian tubuh menjadi gelap, termasuk bagian puting. Jika Anda ingin menghilangkan puting hitam karena diabetes, Anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat. Menerapkan pola hidup yang sehat akan menjaga kadar gula di batas normal.
  • Kanker
Puting hitam juga bisa berarti bahwa seseorang menderita kanker payudara. Penyakit yang langka ini bisa menimbulkan berbagai gejala seperti gatal atau kesemutan di sekitar puting.
 
Jika Anda Ingin Bertemu dengan Dokter
 
Jika Anda mengalami puting hitam, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa mempersiapkan diri dengan beberapa hal di bawah:
  1. Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  2. Daftar gejala yang Anda alami karena memiliki puting hitam.
  3. Daftar riwayat medis (jika dibutuhkan).
Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter perlu mengetahui kondisi Anda dengan menanyakan pertanyaan seperti:
  1. Kapan gejala akibat puting hitam terjadi?
  2. Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  3. Apakah Anda pernah mengalami penyakit?
Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter akan memberikan pengobatan kepada Anda.
 
Kesimpulan
 
Meskipun puting hitam merupakan hal yang wajar terjadi, hal tersebut bisa menunjukkan bahwa seseorang bisa mengalami kondisi yang parah seperti kanker payudara. Oleh karena itu, setiap orang yang mengalami masalah seperti ini perlu hubungi dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 Desember 20 - 12:48 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN WANITA, KANKER PAYUDARA
Dibaca sebanyak : 108 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback