Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Mainan Bayi 2 Bulan

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Mainan Bayi 2 Bulan

 

Memberikan mainan pada anak bisa dilakukan sejak dini, bahkan bisa dimulai saat bayi berusia 2 bulan. Pada usia ini, ketrampilan motorik bayi sudah semakin berkembang. Untuk itu, dibutuhkan mainan bayi 2 bulan yang tepat dan aman.

Selain itu, di usia 2 bulan, bayi juga sudah memiliki refleks untuk mengepal benda dan menghisap sesuatu seperti jarinya. 

Untuk membantu menstimulasi perkembangan motorik bayi usia 2 bulan, kamu bisa memberikan mainan berupa gantungan, teether, hingga musik box. Namun sebelum membelinya, sebaiknya perhatikan hal ini, ya!

 

Belikan benda dengan warna cerah

Di usia ini, bayi sudah bisa melihat dengan jelas sesuatu atau benda yang ada di sekitarnya. Tak heran jika mereka biasanya akan sangat menyukai benda dengan warna yang mencolok dan cerah. 

Kamu bisa memberikan mainan berupa gantungan dengan warna cerah untuk menstimulasi penglihatan bayi. Selain menstimulasi penglihatan, mainan ini juga bisa merangsang bayi untuk mulai menggapai benda yang ada di depannya. 

 

Berikan mainan dengan bahan yang aman

Bayi usia 2 bulan juga sudah mulai senang menggenggam benda yang ada di sekitarnya. Kamu bisa memberikan mainan seperti teether yang bisa digenggam sekaligus bisa dikunyah. 

Usahakan membeli teether dengan bahan silikon yang lembut, ya, agar tidak berbahaya dan tetap aman.  Pastikan jika warna pada mainan tidak mudah luntur dan tertelan oleh bayi.

Pilih juga mainan yang tidak mengandung BPA dan pastikan mainan tersebut sudah melewati quality control yang ketat.

Sebaiknya, pilih juga mainan dengan ornamen yang tidak terlalu banyak, untuk menghindari bagian mainan yang bisa copot atau lepas.

 

Rangsang bayi dengan mainan yang mengeluarkan suara

Pada usia 2 bulan, bayi biasanya akan sangat tertarik dengan bunyi-bunyian, maka dari itu belilah mainan seperti krencengan yang mudah digenggam bayi. Hindari memberikan mainan yang terlalu besar karena bisa berisiko melukai tubuh atau bagian kepala bayi. 

 

Jangan membiarkan bayi terus berbaring

Pada usia 2 bulan, sebaiknya ajak bayi untuk bergerak. Pastikan kamu juga mengajaknya bermain dengan digendong atau diajak berjalan-jalan menggunakan stroller.

Dengan mengajak bayi bermain sambal bergerak, bisa memperkuat otot-otot mereka untuk bisa berguling, merangkak, hingga berjalan nantinya. 

 

Kebersihan mainan bayi

Kamu wajib membersihkan mainan bayi setiap hari. Bisa menggunakan sabun yang aman atau dengan alat sterilizer. 

Setiap digunakan, pastikan mainan bayi sudah dicuci bersih dan kering, ya.

Untuk memudahkan proses pembersihan, sebaiknya pilih mainan yang dengan bahan-bahan yang mudah dibersihkan. 

 

Hindari membeli mainan dengan bahan kimia berbahaya

Berikut ini beberapa bahan kimia berbahaya yang harus dihindari pada mainan bayi menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI):

  • Bahan kimia metil keton, biasanya digunakan untuk campuran proses pembuatan pakaian boneka

  • Kobalt, biasanya digunakan untuk pembuatan plastik

  • Antimoni, bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan kursi bayi

  • Etilen glikol, biasanya digunakan untuk membuat rambut pada boneka

  • Merkuri dan timbal, bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai mainan

  • D4 dan parabens, bahan kimia yang biasanya digunakan untuk membuat tisu basah

Sebelum membeli, pastikan kamu sudah membaca komposisi yang ada pada mainan, ya. Hindari membeli mainan dengan bahan-bahan kimia berbahaya di atas. Jika tertelan oleh bayi, efeknya bisa menyebabkan penyakit seperti asma hingga risiko terkena penyakit kanker. 

Itu dia beberapa tips sebelum membelikan mainan bayi 2 bulan yang bisa kamu ikuti. Pastikan mainan yang kamu beli aman, ya!

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 01 Maret 21 - 14:57 WIB
Dalam Kategori : MAINAN BAYI 2 BULAN
Dibaca sebanyak : 67 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback