Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Penyebab Migrain pada Ibu Menyusui dan Obatnya

Penyebab Migrain pada Ibu Menyusui dan Obatnya
Saat pertama kali menjadi ibu, Anda menghadapi segala macam tantangan dan perubahan baru dalam hidup dan tubuh Anda. Anda yang memiliki migrain memiliki tantangan ekstra, mengoptimalkan kesehatan dan rencana perawatan Anda sendiri sambil juga melakukan yang terbaik untuk bayi Anda, apalagi saat Anda menyusui. Lalu obat migrain apa yang aman dikonsumsi ibu menyusui?
 
Migrain biasanya terjadi pada ibu menyusui, selama tahap awal pasca kehamilan. Perubahan hormon dalam tubuh Anda dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya, dan Anda mungkin akan menderita migrain excedrin saat menyusui.
 
Ibu menyusui yang menderita migrain, merasakan sensasi berdenyut  di sekitar kepala. Sakit kepala yang berkepanjangan bahkan bisa bertahan selama 2-3 hari, dan Anda mungkin menderita ketidaknyamanan tingkat tinggi. Sebelum mencari tahu obat migrain yang aman untuk ibu menyusui, mari ketahui penyebab migrain saat menyusui, yaitu:
  • Perubahan hormonal
Saat Anda menyusui, tubuh melepaskan hormon oksitosin. Oksitosin dalam tubuh ibu menyusui menyebabkan kontraksi saluran ASI dan memicu sakit kepala yang parah. Pelepasan oksitosin memicu kondisi sakit kepala migrain pada ibu menyusui.
  • Kurang tidur
Seorang ibu menyusui sering mengalami kurang tidur, pada tahap awal pasca kehamilan. Kondisi kurang tidur yang marak dan memicu sakit kepala migrain.
  • Stres
Stres dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Anda perlu mencari waktu relaksasi yang cukup. Stres yang berlebihan bisa meningkatkan kondisi migrain.
  • Fonofobia
Orang yang terpapar suara keras biasanya menderita sakit kepala migrain. Sebagai ibu baru, Anda harus menghindari suara keras karena dapat menyebabkan nyeri migrain.
 
Selama menyusui, Anda tidak boleh menggunakan pereda nyeri atau obat migrain lainnya, sehingga semakin sulit untuk memperbaiki kondisi Anda. Dengan konsultasi medis yang tepat, Anda dapat menanyakan kepada dokter Anda daftar obat-obatan migrain yang aman dikonsumsi selama Anda menjadi ibu menyusui.
 
Untuk mengatasi migrain pada ibu menyusui, ada sejumlah obat migrain yang aman dikonsumsi. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba berbagai obat migrain ibu menyusui berikut ini.
  • Asetaminofen (parasetamol)
Asetaminofen atau parasetamol respon sebagai obat migrain untuk ibu menyusui yang aman. Tidak hanya ibu menyusui, biasanya obat ini juga dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita sakit kepala.
  • Ibuprofen
Obat-obatan antiradang nonsteroid (NSAID), seperti naproxen dan indomethacin, boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui yang mengalami migrain. Namun, ibuprofen lebih disarankan karena keamanannya sudah diteliti oleh sejumlah riset.
  • Penghambat beta (penghambat beta)
Obat-obatan penghambat beta, seperti propanolol dan metoprolol, asumsi sebagai obat pencegah migrain yang paling tidak disarankan untuk ibu menyusui karena hanya sedikit kandungan yang terserap ke dalam ASI.
  • Kortikosteroid
Kortikosteroid oral, seperti prednisone dan prednisolone, is relative aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sebab, hanya sekitar 1-2 persen saja yang terserap ke dalam ASI.
 
Sebelum mencoba berbagai obat migrain di atas, tata letak Anda dulu pada dokter untuk dosis dan aturan penggunaan yang tepat.
 
Berikut beberapa tips sederhana untuk mencegah migrain saat Anda menyusui:
  • Berolahraga secara teratur
  • Hindari pemicu
  • Beristirahat
  • Anda dapat dengan mudah mengatasi migrain dengan mengikuti pola makan yang seimbang.
Terdapat beberapa obat migrain aman yang bisa dikonsumsi ibu menyusui, namun Anda tetap perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker mengenai kondisi Anda.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 21 Desember 20 - 15:58 WIB
Dalam Kategori : IBU DAN BAYI, IBU MENYUSUI, MIGRAIN
Dibaca sebanyak : 134 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback