Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Obat Panas Dalam Alami Dengan Cara Berkumur Air Garam

Obat Panas Dalam Alami Dengan Cara Berkumur Air Garam
Panas dalam bukanlah penyakit, melainkan salah satu gejala terjadinya infeksi akibat patogen atau penyakit lainnya. Kondisi ini biasanya diikuti dengan nyeri tenggorokan, bau mulut, dan bibir pecah-pecah. Meskipun ada pula yang tidak disertai dengan berbagai gejala tersebut.
Berkumur dengan air garam diklaim sebagai obat panas dalam aman, hemat, serta mudah dibuat sendiri di rumah. Cara ini sering digunakan untuk mengurangi sakit tenggorokan, meredakan infeksi saluran pernapasan, atau infeksi sinus.   
Mengapa bisa meredakan panas dalam?
Berkumur dengan air garam telah dijadikan obat panas dalam sebelum adanya pengobatan modern. Beradasarkan The New England Journal of Medicine, rumah sakit masih merekomendasikan berkumur dengan air garam saat sakit tenggorokan. Bisanya cara tersebut dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan karena demam atau flu tingkat ringan. Akan tetapi, penggunaan obat seperti acetaminophen atau ibuprofen tetap lebih efektif dalam proses penyembuhan.
Selain itu, garam juga berfungsi menghalangi masuknya patogen ke dalam mulut sehingga meredakan panas dalam terutama jika disebabkan oleh infeksi patogen di saluran pernapasan. Menurut American Journal of Preventive Medicine membuktikan, berkumur dengan air garam mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan atas pada orang sehat. Kebiasaan ini umum dilakkan oleh masayarakat Jepang sebagai higienitas rutin harian.
Akan tetapi, Anda perlu hati-hati jika panas dalam disertai dengan bibir pecah-pecah saat penggunaan air garam untuk berkumur. Garam dapat menyebabkan iritasi bibir kering terlebih pecah-pecah. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lip balm untuk melembabkan bibir.  
Bagaimana cara membuatnya?
Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mengaplikasikan air garam untuk membantu meredakan panas dalam. Orang-orang dengan gangguan kesulitan berkumur, seperti anak-anak di bawah usia 6 tahun dan penderita bell’s palsy tidak dianjurkan melakukan cara ini. Berikut merupakan cara pembuatan air garam:
1.    Sediakan ¼ hingga ½ sendok teh garam
2.    Masukkan ke dalam 225 mL air hangat
3.    Aduk sampai larut
4.    Kumur-kumur sebanyak 2 kali sehari
5.    Bilas dengan air bersih dan dianjurkan meludah setelah selesai berkumur
Garam laut kasar atau grosok lebih ideal digunakan daripada garam meja yang halus. Anda juga bisa menggunkan air dingin jika lebih nyaman dengan tidak mengurani manfaat dalam mengatasi panas dalam. Akan tetapi, air hangat lebih memudahkan garam larut. Air hangat juga dipercaya lebih melegakan sakit tenggorokan.
Apabila Anda ingin meningkatkan rasa, tambahkan madu, lemon, atau bawang putih. Bahan-bahan  ini belum diketahui apakah meningkatkan keefektifan air garam atau tidak. 
Cara lain meredakan panas dalam
Apabila panas dalam disertai dengan penyakit lainnya, Anda sebaiknya mengobati penyakit tersebut. Dengan demikian, gejala panas dalam akan menghilang bersamaan dengan sembuhnya penyakit. Berikut ini cara meredakan panas dalam yang mudah dilakukan:
·      Minum air putih yang cukup seuai anjuran kemenkes 8 gelas per hari
·      Hindari paparan asap seperti di jalan raya atau pembakaran lain
·      Hindari gorengan dan makanan berminyak lainnya
·      Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol karena memicu GERD
·      Kurangi stres karena mampu memicu inflamasi tubuh
Anda sebaiknya pergi ke dokter jika panas dalam yang tidak kunjung sembuh lebih dari 1 minggu, mengalami sakit tenggorokan berulang secara terus menerus, dan level panas di tenggorokan sangat tinggi serta membuat tidak nyaman. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 30 November 20 - 09:06 WIB
Dibaca sebanyak : 112 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback