Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Obat Herbal untuk Mengatasi Murmur Jantung

Obat Herbal untuk Mengatasi Murmur Jantung

Sejatinya, murmur jantung dapat terdeteksi melalui pemeriksaan fisik lewat stetoskop. Selain itu, pemeriksaan lain mungkin akan dilakukan untuk mengetahui jenis murmur jantung yang terdeteksi, entah terdapat murmur jantung polos atau abnormal. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan upaya pengobatan yang dapat ditempuh.

Tidak hanya itu, murmur jantung ini juga dapat dideteksi lewat beragam pemeriksaan lain, mulai dengan elektrokardiogram (EKG) untuk mengukur aktivitas listrik pada jantung, lalu sinar X bagian dada untuk mengetahui penyebab pembesaran jantung, serta ekokardiografi dengan gelombang suara untuk memetakan struktur jantung.

Menyambung pernyataan di atas, setelah mengetahui diagnosis murmur jantung yang didasarkan pada penyebab terjadinya, pengobatan murmur jantung dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti mengonsumsi obat-obatan untuk mencegah pembekuan darah, mengontrol detak jantung tidak teratur atau jantung berdebar, dan menurunkan tekanan darah. 

Kemudian, konsumsi diuretik, untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh sehingga membuat jantung bekerja lebih mudah untuk memompa darah, dan, pembedahan atau operasi untuk memperbaiki cacat jantung sejak lahir.

Selain konsumsi obat-obatan kimia atau cara-cara medis umumnya, pola makan dan gaya hidup juga merupakan salah satu cara utama menjaga kesehatan jantung. Salah satunya memanfaatkan pelbagai obat herbal untuk mengatasi kesehatan jantung, serta membantu jaga kesehatan organ tubuh lainnya.

Ya meskipun makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat seperti minyak zaitun, dan protein tanpa lemak seperti ikan dan ayam, tidak dapat seratus persen mencegah serangan jantung dan stroke, tetapi, cara menyiapkan obat herbal ini telah terbukti memberi jantungmu dorongan kesehatan tambahan.

Di bawah ini, beberapa obat herbal untuk penyakit murmur jantung yang kamu bisa dapatkan dari dapur:

1. Kayu Manis

Dosis harian dalam jumlah kecil kayu manis mampu menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat", dan trigliserida atau jenis lemak darah yang berbahaya. Kayu manis ini juga menurunkan gula darah, melindungi dari diabetes, yang diketahui potensial meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Kapulaga

Satu penelitian menemukan bahwa kapulaga, bumbu kuat yang sering ditemukan di masakan India ini, dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan bahan ini membantu menurunkan risiko pembekuan darah, juga murmur jantung. Jika kamu ingin memaksimalkannya, kamu bisa menggunakan bumbu atau herbal ini ke dalam aneka hidangan makanan yang kamu buat.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat herbal penyakit murmur jantung. Dalam beberapa penelitian, bawang putih terbukti secara signifikan menurunkan tekanan darah. Dan studi review lain yang melibatkan 2.300 orang menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan kolesterol total dan LDL sebanyak 10 persen pada mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

4. Jahe

Penelitian menunjukkan konsumsi jahe bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Penelitian merekomendasikan 2-4 gram (atau sekitar ½ sendok teh hingga satu sendok teh) sehari untuk mencegah masalah murmur jantung ini.

5. Kurkumin

Kurkumin merupakan senyawa berwarna kuning yang ditemukan dalam kunyit. Ternyata, senyawa dalam kunyit ini memiliki banyak manfaat, di antaranya, dapat mencegah pembekuan darah yang berbahaya, menurunkan kolesterol, dan mengurangi peradangan yang menyebabkan murmur jantung, serta stroke.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan fungsi endotel yang merupakan lapisan di pembuluh darah.  Disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotel untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. 

Asupan kurkumin yang cukup mungkin juga melindungi dari penyakit murmur jantung, saat jantung tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Dan penelitian lain menunjukkan bahwa kurkumin mungkin sama efektifnya dengan obat dan olahraga dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Asupan kurkumin dari kunyit juga menjadi obat herbal penyakit jantung yang bisa dikonsumsi sebagai campuran bumbu makanan.

Kamu bisa mencoba satu atau lebih jenis obat herbal yang diyakini mampu mengatasi murmur jantung. Namun, tetap saja sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau tenaga medis lain. Pasalnya bisa saja tubuhmu tidak cocok atau tidak mampu menerima satu atau lebih bahan-bahan di atas. Kalau sudah begitu, yang ada malah meningkatkan risiko kesehatan lain.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 22 Maret 21 - 17:58 WIB
Dalam Kategori : MURMUR JANTUNG
Dibaca sebanyak : 118 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback