Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Menyingkap Risiko di Balik Manfaat Ketela Jepang

Menyingkap Risiko di Balik Manfaat Ketela Jepang

 

Ketela Jepang disebut-sebut sebagai salah satu pilihan obat herbal paten karena manfaatnya yang sudah terbukti sejak dulu. Tanaman yang tumbuh subur di utara Asia ini mampu mengobati berbagai kondisi masalah kesehatan Anda. Mulai dari menurunkan demam sampai mencegah kanke menjadi manfaat ketela Jepang yang dicari banyak orang. 

Anda pun mungkin termasuk sekelompok orang yang menyenangi pengobatan tradisional dan tertarik menjajal keampuhan ketela Jepang yang kaya antioksidan. Tidak ada yang salah dengan keinginan tersebut. Namun meskipun banyak khasiat, Anda juga harus menyadari terdapat beberapa efek samping yang mesti diwaspadai dari tanaman yang satu ini. 

Apa saja efek samping yang ada di balik manfaat ketela Jepang? Berikut ini adalah beberapa efek samping yang kerap menjadi perhatian dan dialami oleh sekelompok orang yang doyan mengonsumsi ketela Jepang. 

  1. Memicu Dehidrasi

Salah satu manfaat ketela Jepang adalah melancarkan buang kecil. Khasiat ini timbul karena tanaman ini memiliki sifat diuretik. Karena alasan ini pulalah, Anda mesti lebih berhati-hati mengonsumsi tanaman tersebut. Terlalu banyak mengonsumsi ketela Jepang dapat memicu gejala dehidrasi pada diri Anda. Pastikan Anda memperbanyak asupan air mineral setelah mengonsumsi tanaman akar yang satu ini. 

  1. Menimbulkan Alergi 

Ketela Jepang sudah diakui mampu mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat dan eksim. Mengoleskan salep dari ketela Jepang ke kulit pun sebenarnya tergolong aman jika dilakukan dalam waktu singkat. Pada intinya, jangan sampai mengolesi salep ketela Jepang secara terus-menerus lebih dari 4 minggu. Jika Anda melakukannya, persiapkan terhadap gejala alergi yang timbul. Umumnya, gejala alergi yang dipicu oleh ketela Jepang adalah ruam-ruam pada kulit. Namun, antisipasi juga karena gejala alergi yang lebih parah mungkin mengintai Anda. 

  1. Pendarahan 

Mengonsumsi ketela Jepang bisa membuat darah Anda lebih cair! Ini karena tanaman ini dapat memperlambat pembekuan darah pada tubuh Anda. Karena itu, apabila Anda selama ini mengonsumsi obat pengencer darah ataupun merencanakan tindakan pembedahan dalam beberapa hari ke depan, hindari mengonsumsi ketela Jepang. Tujuannya guna mengantisipasi kemungkinan pendarahan yang dapat ditimbulkan oleh tanaman yang satu ini. 

  1. Hipoglekmia 

Salah satu manfaat ketela Jepang adalah menurunkan kadar gula darah. Namun, manfaat yang satu ini bukannya tidak menimbulkan risiko. Kemampuan ketela Jepang dalam menurunkan kadar gula darah cukup tinggi. Karena itu, penderita diabetes yang rutin mengonsumsi obat penurun gula darah maupun orang-orang dengan kadar gula darah yang cenderung rendah tidak disarankan mengonsumsi ketela Jepang. Pasalnya, kemampuan tanaman ini menurunkan kadar gula darah bisa menyeret Anda ke kondisi hipoglekmia atau terlalu rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. 

  1. Keguguran 

Sampai saat ini memang belum ada bukti otentik mengenai manfaat ataupun risiko ketela Jepang bagi perempuan yang sedang mengandung. Namun disarankan, Anda tidak mengonsumsi jenis tanaman ini selama hamil. Ini guna menghindari kemungkinan keguguran yang dapat terjadi ketika menyantap ketela Jepang. Ibu menyusui pun disarankan tidak mengonsumsi ketela Jepang terlebih dahulu untuk menghindari risiko yang mungkin diterima oleh bayi lewat proses menyusui. 

  1. Keracunan 

Anda mungkin sudah sangat percaya dan ingin segera mencoba manfaat ketela Jepang. Namun pastikanlah, ketela Jepang yang Anda konsumsi diperoleh dari sumber terpercaya. Mengambil ketela Jepang di alam liar sangat tidak disarankan. Ini karena besar kemungkinan Anda menderita keracunan ketika mengonsumsinya. 


*** 

Pada dasarnya, efek samping dari manfaat ketela Jepang dapat diminimalkan jika Anda mengonsumsi ekstrak tanaman ini dalam jumlah sangat sedikit. Pastikan pula Anda berkosultasi ke dokter sebelum mengonsumsi tanaman ini apabila tengah menjalani terapi obat tertentu

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 11 Februari 21 - 17:30 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT KETELA JEPANG
Dibaca sebanyak : 71 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback