Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manfaat Susu Almond Sebagai Alternatif Susu Sapi

Manfaat Susu Almond Sebagai Alternatif Susu Sapi
Almond merupakan kacang terkenal dan berasal dari Timur Tengah yang memiliki banyak manfaat. Kacang ini sering dikonsumsi sebagai makanan ringan, digiling menjadi tepung, dan terkadang diubah menjadi susu.
 
Susu almond merupakan salah satu produk olahan almond yang paling populer karena memiliki sifat yang sangat penting yaitu bebas laktosa. Orang dengan intoleransi laktosa mengkonsumsi susu almond sebagai alternatif yang sehat dan enak untuk minuman susu tradisional. Namun banyak juga orang yang menyukai rasa susu almond yang manis dan mengandung kacang.
 
Anda bisa minum susu almond tawar atau menggunakannya dalam resep yang membutuhkan susu hewani. Di luar rasanya, susu almond memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Apa saja manfaat susu almond? Berikut manfaat dari konsumsi susu almond:
  • Rendah kalori
Susu almond jauh lebih rendah kalori daripada susu sapi. Meskipun almond dikenal tinggi kalori dan lemak, karena cara susu almond diproses, hanya sebagian kecil almond yang ada di dalam susu almond itu sendiri. Hal ini bagus untuk orang yang ingin mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. Satu cangkir (240 ml) susu almond tanpa pemanis mengandung sekitar 30-50 kalori, sedangkan susu dalam jumlah yang sama mengandung 146 kalori. Itu berarti susu almond mengandung kalori 65-80% lebih sedikit.
  • Sumber magnesium yang baik
 
Manfaat lain dari susu almond adalah kaya akan magnesium. Mineral ini adalah salah satu dari empat mineral paling umum di tubuh Anda. Hal ini adalah bagian penting dari lebih dari tiga ratus reaksi enzim yang penting. Magnesium sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah dan menggunakan energi dalam tubuh.
  • Kaya akan vitamin E
Almond secara alami tinggi vitamin E, menyediakan 37% kebutuhan vitamin E harian hanya dalam 28 gram. Oleh karena itu, susu almond juga merupakan sumber alami vitamin E, meskipun sebagian besar susu almond olahan komersial juga menambahkan vitamin E ekstra selama pemrosesan sedangkan susu tidak mengandung vitamin E sama sekali. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang memiliki manfaat untuk memerangi peradangan dan stres dalam tubuh.
  • Tinggi antioksidan
Antioksidan penting untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Molekul-molekul ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di sekitarnya, yang dapat menyebabkan segala sesuatu mulai dari gejala penuaan hingga kanker. Nutrisi dan antioksidan susu almond dapat membantu tubuh Anda mengelola radikal bebas dengan lebih efektif.
  • Rendah fosfor, dengan jumlah kalium sedang
Orang dengan penyakit ginjal kronis sering menghindari produk susu karena tingginya kadar kalium dan fosfor. Susu almond memiliki tingkat nutrisi yang jauh lebih rendah dan mungkin merupakan alternatif yang cocok untuk orang dengan kondisi medis tersebut.
  • Sumber kalsium yang baik
Susu dan produk susu lainnya adalah sumber utama kalsium dalam makanan banyak orang. Satu cangkir (240 ml) susu murni menyediakan 28% dari asupan harian yang direkomendasikan. Sebagai perbandingan, almond hanya mengandung sedikit kalsium, hanya 7% dari kebutuhan harian dalam 28 gram. Karena susu almond paling sering digunakan sebagai pengganti susu sapi, banyak produsen yang memperkaya dengan kalsium untuk memastikan orang memenuhi asupan kalsium harian. Kalsium merupakan mineral penting untuk perkembangan dan kesehatan tulang. Hal ini juga membantu mengurangi resiko patah tulang dan osteoporosis. Selain itu, kalsium diperlukan untuk berfungsinya jantung, saraf, dan otot.
 
Susu almond adalah susu alternatif yang lezat dan bergizi yang memiliki banyak manfaat kesehatan penting. Susu almond rendah kalori dan gula dan tinggi kalsium, vitamin E dan vitamin D. Selain itu, susu almond cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa, alergi susu atau penyakit ginjal, atau menghindari produk susu karena alasan lain. Anda bisa menggunakan susu almond dengan cara apapun seperti menggunakan susu biasa.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 15 Januari 21 - 11:43 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN SEHAT, POLA HIDUP SEHAT
Dibaca sebanyak : 136 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback