Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Lakukan Olahraga Ini Bersamaan dengan Atorvastatin

Lakukan Olahraga Ini Bersamaan dengan Atorvastatin
Atorvastatin adalah obat yang biasa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Obat ini bekerja dengan menurunkan kolesterol "jahat" dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol "baik", sehingga menurunkan resiko penyakit jantung dan membantu mencegah stroke dan serangan jantung.
 
Atorvastatin termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai "statin." yang bekerja dengan mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat oleh hati. Atorvastatin bekerja lebih baik jika bersamaan dengan diet yang tepat untuk membantu menurunkan kolesterol "jahat" dan lemak (seperti LDL, trigliserida) dan meningkatkan kolesterol "baik" (HDL) dalam darah Anda.
 
Selain makan makanan yang tepat, seperti diet rendah kolesterol atau rendah lemak, perubahan gaya hidup lain yang dapat membantu obat ini bekerja lebih baik termasuk berolahraga, menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan, dan berhenti merokok. Ketika Anda pertama kali didiagnosis dengan kolesterol tinggi, dokter Anda mungkin telah berbicara dengan Anda tentang olahraga. Selain memperbaiki pola makan Anda, berolahraga adalah salah satu perubahan gaya hidup paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan angka Anda secara alami. 
 
Olahraga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL Anda, bahkan dapat mengubah sifat kolesterol Anda. Selain itu, olahraga dapat membantu Anda menurunkan angka kolesterol meski Anda kelebihan berat badan. Berikut beberapa olahraga yang bisa membantu Anda mendapatkan manfaat atorvastatin lebih maksimal:
  • Lari atau jogging
Jika persendian Anda dalam kondisi yang baik dan Anda menikmati jogging, Anda beruntung, karena ini adalah latihan yang bagus untuk menurunkan kolesterol dan untuk mengatur berat badan Anda. lakukanlah lari atau jogging santai.
  • Jalan cepat
Seiring bertambahnya usia, berjalan kaki sering kali bisa menjadi olahraga yang jauh lebih baik dalam hal melindungi kesehatan sendi.
  • Bersepeda
Bersepeda menghabiskan energi yang hampir sama dengan jogging, tetapi lebih mudah untuk persendian Anda.
  • Berenang 
Berenang mungkin adalah latihan aerobik paling hemat sendi yang dapat Anda lakukan. Peneliti menemukan bahwa berenang menurunkan berat badan, distribusi lemak tubuh, dan kadar kolesterol LDL lebih baik daripada berjalan kaki.
 
Dosis atorvastatin ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda, respons terhadap pengobatan, usia, dan obat lain yang mungkin Anda minum. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal.
 
Hindari makan jeruk Bali atau minum jus jeruk Bali saat menggunakan atorvastatin, kecuali jika dokter Anda menginstruksikan sebaliknya. Jeruk Bali dapat meningkatkan jumlah obat ini di aliran darah Anda, konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.
 
Minum atorvastatin secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal, ingatlah untuk meminumnya pada waktu yang sama setiap hari. Tetap minum obat ini bahkan jika Anda merasa sehat, karena kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi atau trigliserida tidak merasa sakit.
 
Sangat penting untuk terus mengikuti nasihat dokter Anda tentang diet dan olahraga saat mengkonsumsi atorvastatin. Mungkin diperlukan waktu hingga 4 minggu sebelum Anda mendapatkan manfaat penuh dari obat ini.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 30 Desember 20 - 12:02 WIB
Dalam Kategori : KOLESTEROL, PENYAKIT HATI
Dibaca sebanyak : 162 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback