Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kunci Pernikahan Bahagia Sia-sia karena Kesalahan Ini

Kunci Pernikahan Bahagia Sia-sia karena Kesalahan Ini

 

Tidak sulit mencari tips kunci pernikahan bahagia saat ini. Anda pun mungkin sudah mengetahui apa saja kunci pernikahan bahagia yang terpampang lewat berbagai situs psikologi maupun konsultasi rumah tangga hingga omongan kerabat sampai sahabat. Namun entah mengapa, Anda juga tidak kunjung merasa bahagia di dalam rumah tangga, meskipun sudah menjalankan berbagai kunci kebahagiaan yang sudah disarankan. 

Kunci pernikahan bahagia yang Anda lakukan tidak terasa dampaknya bisa jadi karena di saat yang sama, Anda kerap melakukan kesalahan dalam pernikahan. Kesalahan tersebut memang tidak bisa dibilang fatal, namun sangat mampu membuat pasangan badmood. 

Sebenarnya, apa saja kesalahan dalam rumah tangga yang membuat kunci pernikahan bahagia menjadi sia-sia? Coba cek dari kesalahan di bawah ini, apa saja hal yang masih sering Anda lakukan. 

  1. Tidak Mengungkapkan Perasaan 

Anda bisa jadi telah menyiapkan telinga Anda dengan sepenuhnya untu menjadi pendengar yang baik kepada pasangan. Pasangan pun sebenarnya telah melakukan hal yang sama kepada Anda. Namun, semua menjadi sia-sia jika Anda tidak mengungkapkan perasaan apa yang mau dicurahkan ke telinga pasangan. Anda mungkin berharap pasangan bisa mengerti apa yang Anda rasakan dan inginkan, tanpa harus diungkapkan terlebih dahulu. Berhentilah bersikap seperti ini karena pasangan Anda bukan peramal. 

  1. Menyimpan Rahasia 

Menjadi pasangan suami istri seharusnya membuat Anda lebih terbuka kepada pasangan, termasuk soal rahasia-rahasia Anda, tidak terkecuali kesalahan di masa lalu. Jangan sampai, pasangan mendengar rahasia Anda dari orang lain atau secara kebetulan yang tidak terduga. Adanya rahasia yang tidak diungkapkan ini bisa seketika membuat pernikahan menjadi tidak bahagia dan rentan hancur. 

  1. Terlalu Mementingkan Anak 

Anak adalah buah cinta Anda dan pasangan yang pastinya harus dijaga. Hal ini tidak salah. Namun, menjadi salah apabila karena kehadiran anak, pasangan Anda menjadi tidak diperhatikan. Kondisi ini bisa merusak kunci pernikahan bahagia yang sudah Anda siapkan sejak jauh-jauh hari. 

  1. Nongkrong dengan Teman 

Berkumpul dengan teman memang tidak salah. Namun, keseringan nongkrong dengan teman akan membuat pasangan Anda merasa tidak diprioritaskan. Semua ada masanya. Masa nongkrong dalam durasi berjam-jam hingga semalaman menjadi tidak layak lagi Anda lakukan ketika sudah berumah tangga. Lebih baik Anda menghabiskan waktu malam bersama pasangan untuk melakukan hubungan seksual. Soalnya, hubungan seksual yang rutin ternyata kunci pernikahan bahagia yang sangat ampuh. 

  1. Melibatkan Keluarga Besar

Apakah Anda masih sering mengambil keputusan berdasarkan saran dari keluarga besar? Sebaiknya, kurangi kadar pelibatan keluarga besar dalam keluarga inti saja. Adanya banyak opini dari luar akan membuat Anda dan pasangan terlibat dalam pertengkaran idealisme yang tiada akhir. Ujung-ujungnya, pelibatan tersebut akan membuat rasa bahagia dalam berumah tangga menjadi luntur karena terlalu banyak perdebatan. 

 

  1. Menghindari Perdebatan

Meskipun debat yang terus-menerus tidak baik, menghindari perdebatan dalam rumah tangga justru tidak dianjurkan. Jika memang ada masalah, sebaiknya Anda dan pasangan berdebat untuk masalah tersebut dan menemukan solusi. Cara ini lebih jitu menjadi kunci pernikahan bahagia dibandingkan terus menghindari perdebatan. Penghindaran terhadap debat tidak akan membuat rumah tangga kokoh. Kehidupan pernikahan Anda justru akan ringkih tanpa debat karena jika suatu saat menemukan masalah besar, Anda dan pasangan akan sulit menemukan kata sepakat. 


*** 

Hal-hal kecil sangat mudah merusak kunci pernikahan bahagia. Jangan biarkan hal itu terjadi! Ubah kebiasaan yang salah dalam rumah tangga agar bisa mencapai kehidupan pernikahan yang sukses dan menyenangkan.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 04 Februari 21 - 11:10 WIB
Dalam Kategori : KUNCI PERNIKAHAN BAHAGIA
Dibaca sebanyak : 92 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback