Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Krav Maga, Tidak Hanya Sekadar Pertahanan Diri Biasa

Krav Maga, Tidak Hanya Sekadar Pertahanan Diri Biasa
Krav maga yang dikenal juga contact combat, merupakan sekumpulan teknik pertahanan diri. Latihan ini sudah dikembangkan sejak tahun 1940-an di Israel oleh seorang pria yang bernama Imi Lichtenfeld. Pria ini mengajarkan teknik pertahanan diri kepada tentara dan prajurit Israel untuk melindungi diri dan keluarganya dari serangan musuh. Sejak itu, krav maga semakin populer di seluruh dunia sebagai bentuk latihan kebugaran dan pertahanan diri.
 
Mengenal krav maga
Krav maga adalah sekumpulan teknik pertahanan diri tidak hanya dari bentuk seni bela diri lain, seperti jujitsu, judo, dan tinju, tetapi juga menggunakan senjata dan alat peraga. Jika Anda mengikuti kelas latihan krav maga, Anda akan diajarkan untuk bertahan melawan lawan atau banyak lawan yang menggunakan senjata. Selain itu, krav maga juga mengajarkan cara menggunakan refleks tubuh untuk pertahanan diri dan menargetkan kelemahan dan kerentanan fisik penyerangnya.
 
Banyak juga kelas latihan krav maga yang menawarkan sesi ‘perdebatan’ di bawah pengawasan yang ketat. Meskipun ini bukan bagian dari kegiatan yang wajib, ini bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang mau fokus pada teknik pertahanan diri krav maga selain tubuh Anda menjadi lebih bugar. Beberapa tempat pelatihan krav maga juga ada yang menyediakan kelas khusus wanita. 
 
Manfaat latihan krav maga
Seperti yang diketahui, krav maga adalah teknik pertahanan diri yang memiliki intensitas tinggi yang efektif membakar kalori dan membentuk otot Anda. Seperti kebanyakan kelas olahraga, sesi krav maga dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan gerakan pendinginan.
 
Teknik yang akan Anda pelajari dalam kelas latihan krav maga, termasuk teknik tendangan, pukulan, dan gerakan aerobik kuat lainnya yang juga untuk membentuk otot. Gerakan-gerakan ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan dan stamina, serta menurunkan berat badan.
 
Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik, latihan krav maga juga dirancang untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Krav maga akan mempersiapkan Anda untuk membela diri, baik secara fisik maupun mental. Inilah mengapa para peserta latihan krav maga sering kali merasa hal itu dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dan mengurangi stres.
 
Persiapan memulai krav maga
Kelas pelatihan krav maga kemungkinan besar tersedia di pusat pelatihan yang memiliki izin resmi atau studio seni bela diri lainnya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa tempat gym yang menawarkan sesi latihan krav maga. Pelatihan krav maga yang dilakukan di gym mungkin lebih berfokus pada aspek kebugaran dan latihan sambil tetap menggabungkan beberapa gerakan pertahanan diri lainnya. Anda mungkin juga bisa mencari pelatihan yang berfokus pada krav maga melalui klub-klub olahraga di sekitar tempat tinggal Anda.
 
Tidak seperti pelatihan bela diri lainnya, krav maga tidak memerlukan seragam khusus untuk berpartisipasi. Anda bisa mengenakan pakaian olahraga senyaman mungkin seperti biasanya dan sepasang sepatu kets atau sepatu tinju yang bisa mendukung selama Anda berlatih. Inilah yang membuat latihan krav maga cocok dan bisa diikuti untuk segala usia, bahkan anak-anak.
 
Kesimpulan
Krav maga adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin belajar pertahanan diri sekaligus mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Gaya bela diri yang mungkin sedikit tidak masuk akal bagi sebagian orang ini mampu mempersiapkan Anda untuk bisa menghadapi berbagai serangan umum yang mungkin terjadi di dunia nyata. Anda pun akan mengalami peningkatan yang luar biasa setelah menjalani latihan ini secara teratur, termasuk kekuatan, stamina, kelincahan, koordinasi, dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 02 Desember 20 - 10:14 WIB
Dalam Kategori : OLAHRAGA, BELA DIRI, KRAV MAGA
Dibaca sebanyak : 118 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback