Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kemungkinan Interaksi Obat Norages Injeksi

Kemungkinan Interaksi Obat Norages Injeksi
Sebagai produk farmasi, obat dan lain sebagainya memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk memberikan manfaat bagi penggunannya. Masalahnya, senyawa yang bersifat kimiawi tersebut bisa menimbulkan reaksi jika saling berinteraksi di dalam tubuh manusia. Tak terkecuali Norages Injeksi, obat ini juga memiliki kemungkinan interaksi obat.
 
Norages Injeksi adalah obat untuk mengatasi nyeri berat akut dan kronis. Obat ini merupakan obat keras yang harus menggunakan resep dokter. Norages injeksi mengandung zat aktif metamizole sodium. Metamizole adalah obat antiinflamasi non steroid (NSAID) yang sering digunakan untuk meringankan rasa sakit atau mengatasi nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, bahkan nyeri setelah operasi.

Metamizole sodium bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin dalam menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan demam. Norages Injeksi adalah salah satu sediaan yang diberikan sesuai petunjuk atau arahan dokter, melalui intravena atau intramuskular.

Obat ini memiliki sifat anti nyeri (analgesik), anti demam (antipiretik), dan meringankan peradangan (antiinflamasi) bekerja dengan menghambat siklooksigenase (COX)-1 dan 2, sehingga menghambat produksi prostaglandin yang menyebabkan peradangan.

Penggunaan obat ini tak bisa sembarangan. Selain karena termasuk obat keras, penyuntikkan juga hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis. Tak hanya itu, Norages Injeksi punya berbagai risiko efek samping, kontraindikasi, dan interaksi obat. Seseorang bisa menggunakan obat ini jika sudah direkomendasikan oleh dokter. Berikut beberapa obat atau produk farmasi yang bisa menimbulkan interaksi obat jika digunakan secara bersamaan dengan Norages Injeksi:

Bermacam obat pencegah penggumpalan darah
Kelompok antikoagulan atau obat pencegah penggumpalan darah harus diwaspadai ketika seseorang akan atau sedang menggunakan Norages Injeksi. Kombinasi antiglobulin dengan Metamizole sodium (kandungan utama Norages Injeksi) justru bisa menurunkan jumlah keping darah atau disebut kondisi trombositopenia.
  • Phenothiazine dan chlorpromazine
Kedua obat ini termasuk antipsikotik atau obat penenang yang lazim digunakan untuk mengatasi masalah kejiwaan. Kedua obat ini bekerja dengan memblokir transmisi dopaminergik (pesan yang dikirim menggunakan zat dopamin) di dalam otak. 
 
Namun, zat aktif yang ada di dalam kelompok obat ini diyakini bisa menimbulkan efek buruk bagi pasien jika dikombinasikan dengan penggunaan Norages Injeksi. Seseorang berisiko mengalami hipotermia hebat atau kehilangan panas tubuh hasil dari interaksi kedua obat ini.
  • Barbiturat, glutethimide, phenylbutazone 
Barbiturat dan glutethimide adalah golongan obat penenang yang biasa digunakan sebelum operasi atau untuk mengatasi kejang. Obat golongan ini dapat menyebabkan efek rileks dan kantuk, karena barbiturat dapat mengurangi aktivitas saraf di otak.
 
Sementara phenylbutazone adalah obat antiinflamasi nonsteroid yang efektif dalam mengobati demam, nyeri, dan peradangan dalam tubuh. Penggunaan obat-obatan di atas bersamaan dengan Norages Injeksi bisa menyebabkan senyawa aktif di dalam Norages Injeksi, Metamizole sodium menjadi tidak efektif.
  • Bupropion dan ciclosporin
Sementara penggunaan Norages Injeksi bersamaan dengan kedua obat ini justru mengurangi efektivitas dari keduanya menurun. Sekadar informasi, Bupropion adalah obat untuk mengatasi depresi, baik depresi ringan maupun berat. Obat ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi kecanduan merokok. Sedangkan Cyclosporine atau ciclosporin adalah obat golongan imunosupresan yang digunakan untuk untuk menurunkan risiko terjadinya respons penolakan tubuh terhadap proses transplantasi organ.
 
Itulah beberapa obat atau produk farmasi yang harus diwaspadai karena dapat menimbulkan interaksi dengan Metamizole sodium yang dikandung Norages Injeksi. Penting bagi siapa saja untuk memberi tahu dokter tentang seluruh riwayat atau daftar obat yang baru atau sedang mereka minum. Ini dilakukan untuk menghindari berbagai efek yang mungkin timbul.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 16 Desember 20 - 10:21 WIB
Dalam Kategori : SAKIT GIGI, REMATIK, SAKIT KEPALA
Dibaca sebanyak : 288 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback