Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jelajahi Hamil 13 Minggu serta Perkembangan Janin

Jelajahi Hamil 13 Minggu serta Perkembangan Janin
Kehamilan adalah suatu hal yang sangat membahagiakan, terlebih lagi jika melihat perkembangan janin setiap bulannya. Namun, tahukah Anda jika kehamilan dihitung berdasarkan minggunya. Lalu, bagaimana keadaan dan perkembangan janin saat hamil 13 minggu? Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana janin berkembang dan tumbuh saat berusia 13 minggu. Berikut penjelasannya! 
 
Tingkat pertumbuhan janin
Ada apa dengan bayi Anda saat hamil 13 minggu? Nah, berikut beberapa perkembangan bayi saat berusia 13 minggu di dalam kandungan.
  • Bayi Anda mungkin baru sebesar jeruk lemon pada usia ini, atau berukuran sekitar 7 cm dan berat 23 gr, ukuran kepalanya kira-kira setengah dari panjang ubun-ubunnya. Itulah salah satu alasan mengapa janin lebih terlihat seperti alien di mana kepalanya lebih besar dibandingkan tubuhnya. 
  • Pada usia 13 minggu ini rambut-rambut kecil mulai menutupi tubuh dan indera perasa dan penciuman semakin disempurnakan. Hebatnya, sidik jari bayi Anda kini terbentuk dengan sempurna. Jika Anda mengharapkan seorang bayi perempuan, dia sudah memiliki sekitar dua juta sel telur di ovariumnya. 
  • Pita suara sedang terbentuk dan telinga sekarang berkembang ke tahap di mana bayi Anda mungkin bisa mendengar suara Anda. Jadi, jika Anda belum mulai berbicara dengan bayi Anda, sekaranglah waktunya untuk memulai. 
  • Diafragma masih dilatih dan diperkuat oleh cegukan dan sumsum tulang bayi akan sibuk membuat sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan infeksi setelah lahir. 
  • Organ terbentuk untuk membuat hormon yang diperlukan untuk perkembangan berkelanjutan dan usus yang hingga saat ini telah berkembang di rongga di dalam tali pusat, sekarang bergerak ke perut bayi Anda. 
  • Pada minggu ke-13, bayi Anda sudah memproduksi kotoran pertamanya. Zat lengket hitam ini akan menumpuk di ususnya dan Anda akan melihatnya di popok kotor pertamanya. 
Gejala hamil 13 minggu
Minggu depan atau minggu ke-14 adalah awal dari trimester kedua Anda, pada trimester kedua ini kemungkinan gejala awal kehamilan seperti mual di pagi hari dan kelelahan akan mereda. Kabar baik lainnya, banyak wanita yang juga mengalami peningkatan dorongan seksual pada masa tersebut. Dan, berikut beberapa gejala lainnyan.
  • Memproduksi kolostrum. Anda mungkin tidak bisa merasakannya, tetapi payudara Anda mungkin sudah mulai memproduksi kolostrum, cairan kaya nutrisi yang memberi makan bayi Anda selama beberapa hari pertama setelah lahir, sebelum ASI Anda mulai mengalir. 
  • Kram. Sedikit nyeri disertai kram pada awal kehamilan adalah hal yang biasa terjadi. Tetapi hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya jika rasa sakit Anda tidak hilang setelah beberapa menit istirahat. 
Bagaimana mendapatkan cukup vitamin pada hamil 13 minggu?
Setelah Anda hamil 13 minggu, Anda tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen asam folat. Tetapi lanjutkan dengan suplemen vitamin D, atau mulailah mengonsumsinya jika Anda belum melakukannya. Anda bisa mendapatkan banyak vitamin lain yang Anda butuhkan dari buah dan sayuran segar. Cobalah makan lima porsi varian buah dan sayuran setiap hari. Anda bisa mengonsumsi multivitamin kehamilan, dan dokter pun biasanya akan memberikan suplemen selama kehamilan. 
 
Pentingnya zat besi selama kehamilan
Zat besi membantu Anda membuat sel darah merah untuk Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh. Anda mungkin mengalami anemia jika tidak mendapatkan cukup zat besi. Jadi cobalah makan makanan kaya zat besi setiap hari. 
Daging, unggas dan ikan merupakan sumber zat besi yang baik. Tubuh Anda dapat menyerap zat besi paling efektif dari makanan ini. Anda juga bisa mendapatkan zat besi dari sumber non-daging, termasuk sayuran berdaun hijau, roti gandum utuh, dan sereal sarapan yang diperkaya (Anda dapat mengetahui apakah sereal Anda mengandung zat besi ekstra dengan memeriksa label). Jika Anda memiliki sesuatu yang mengandung vitamin C pada saat bersamaan, seperti segelas jus jeruk, ini akan membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak zat besi dari makanan Anda. 
Jadi, pada hamil 13 minggu si kecil sudah mulai berkembang lebih pesat dan Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi serta suplemen yang memang diberikan oleh dokter, jangan lupa juga untuk melakukan olahraga ringan, seperti senam hamil atau yoga untuk meningkatkan kebugaran selama kehamilan. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 11 Februari 21 - 13:51 WIB
Dalam Kategori : HAMIL 13 MINGGU
Dibaca sebanyak : 102 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback