Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Perkembangan Bayi 11 Bulan

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Perkembangan Bayi 11 Bulan
Setiap bayi pasti melalui masa pertumbuhan setiap bulannya. Ada perubahan yang bisa Anda lihat pada perkembangan bayi 11 bulan, baik secara fisik maupun keterampilan otak. 
 
Bayi yang berusia 11 bulan sudah hampir memasuki usia satu tahun. Untuk memastikan perkembangan bayi Anda normal, Anda perlu tahu apa saja yang umumnya terjadi pada bayi usia 11 bulan. 

Tanda-tanda perkembangan bayi 11 bulan
Ada beberapa perubahan signifikan yang bisa dengan mudah dikenali pada bayi 11 bulan. Berikut ini tanda-tandanya:
  • Keterampilan motorik
Di usia 11 bulan, bayi umumnya sudah bisa berjalan, walaupun masih memerlukan pegangan sebagai penopang. Misalnya, mereka bisa berjalan ketika Anda memegangi mereka, atau ketika mereka berpegang pada perabotan di rumah.
 
Anda bisa melatih keterampilan bayi pada usia ini dengan membuat tantangan bagi mereka. Tantangan bisa berupa terowongan, atau rintangan pada jalanan yang membuat bayi berupaya untuk melewati rintangan itu.
  • Perkembangan fisik
Perkembangan fisik bayi juga terlihat dari ukuran kepala, tinggi badan, serta berat badan mereka. Umumnya, bayi perempuan berusia 11 bulan memiliki berat sekitar 7-11 kilogram dengan tinggi 66-78 cm. Sementara, bayi laki-laki pada usia ini memiliki berat rata-rata 8-12 kilogram dengan tinggi 68-81 cm. 
  • Komunikasi
Bayi di usia ini sudah sepenuhnya memahami kalimat yang berbentuk permintaan, perintah, atau pujian. Mereka juga mulai bisa menyampaikan emosi mereka dalam bentuk tingkah laku sebagai cara berkomunikasi.
Misalnya, ketika Anda mengambil mainan kesayangan mereka, mereka akan menyampaikannya dengan cara menangis sedih atau berteriak marah. 
  • Kecerdasan
Perkembangan bayi 11 bulan juga terlihat dari kecerdasan mereka yang semakin terbentuk. Mereka sudah sepenuhnya memahami warna, rasa, dan tekstur. Anda juga mulai bisa melihat karakter tertentu pada bayi.
 
Mereka juga sudah mulai memahami musik dan suara. Bayi pada usia ini bahkan bisa meniru suara binatang dan bisa menari mengikuti irama musik. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi 11 bulan
Perkembangan bayi yang normal didukung juga dengan cara Anda dalam merawat bayi Anda. Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawat bayi berusia 11 bulan, yaitu: 
  • Hati-hati bermain dengan hewan peliharaan
Anda boleh saja memperbolehkan bayi Anda bermain dengan hewan peliharaan, entah itu anjing, kucing, dan sebagainya. Akan tetapi, jangan pernah biarkan bayi Anda sendirian dengan hewan, sejinak apapun hewan itu.
Selain itu, Anda juga perlu memberikan jarak agar bayi tidak selalu menghabiskan waktu terlalu banyak dengan hewan peliharaan. Hal ini kurang baik untuk pertumbuhan bayi sebagai manusia. 
  • Tingkatkan asupan zat besi
Bayi pada usia 11 bulan sangat memerlukan asupan zat besi yang memadai. Zat besi merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah, mendukung pergerakan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
 
Tidak hanya pada bayi, sebagai orang tua pun Anda juga memerlukan asupan zat besi. Karena, zat besi yang cukup bisa memberikan Anda energi dalam merawat bayi Anda. 
  • Ajari bayi tentang peraturan
Di usia ini, bayi sudah memahami larangan, karena itu Anda bisa mulai mengajarkan tentang peraturan pada mereka. Beritahukan pada mereka apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh. Latih bayi untuk mematuhi aturan tersebut.
 
Setiap bayi melalui masa perkembangan yang berbeda. Anda tidak perlu khawatir jika perkembangan bayi 11 bulan Anda berbeda dengan bayi lain. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 23 Desember 20 - 08:52 WIB
Dalam Kategori : PERKEMBANGAN ANAK, PARENTING
Dibaca sebanyak : 138 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback