Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Hadapi Pandemi, Siapkan Alat Cek Kesehatan Ini di Rumah

Hadapi Pandemi, Siapkan Alat Cek Kesehatan Ini di Rumah

 

Alat kesehatan mempunyai beragam fungsi dalam membantu seseorang memantau kondisi kesehatan tubuh secara rutin. Terlebih ketika tubuh memang sedang mengalami keadaan tertentu, alat cek kesehatan bahkan dapat mencegah seseorang berada dalam kondisi yang bisa berakibat fatal bagi seseorang tersebut terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Manfaat itulah yang membuat seseorang dianjurkan untuk selalu mempersiapkan alat kesehatan di rumah, tentunya agar penanganan awal bisa dilakukan. Terutama ketika luka ringan muncul atau seseorang mengalami gejala penyakit seperti demam atau sakit kepala. Meski demikian, tak semua orang bisa mendapatkannya karena biasanya harga alat ini cukup mahal.

Alat Cek Kesehatan di Tengah Pandemi

  1. Tensimeter Digital

Tekanan darah menjadi salah satu aspek yang harus diperiksa secara rutin, lebih dari 1,4 miliar penderita hipertensi memiliki kesadaran yang rendah terhadap penanganannya. Cek kesehatan menggunakan tensimeter digital di rumah menjadi salah satu pencegahan yang mudah dilakukan, alat ini dibanderol dengan harga beragam mulai dari Rp400.000 hingga Rp700.000.

Selain penderita hipertensi, alat ini juga diperuntukan bagi penderita tekanan darah rendah, penyakit jantung hingga stroke. Dengan alat ini bisa memantau apakah obat yang dikonsumsi sudah tepat dan menjadi bekal pelacakan status kesehatan. Meskipun ada jenis tensimeter manual, jenis digital relatif praktis digunakan.

  1. GCU 3 in1

Alat ini berguna untuk melakukan tes kadar gula, kolesterol dan asam urat, khususnya bagi penderita diabetes. Tak hanya bagi lansia tetapi juga anak muda dan bahkan anak kecil, penggunaan alat ini sangat membantu. Terlebih bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk seperti mengonsumsi makanan instan yang tinggi akan kandungan karbohidrat, lemak hingga garam.

Cara cek kesehatan menggunakan alat ini juga cukup mudah, yakni hanya dengan membubuhkan setetes darah pada strip glucose yang kemudian dimasukkan ke dalam mesin GCU. Hasilnya bisa langsung ditunggu selama beberapa detik dan dilihat melalui layar monitor GCU, harga alat kesehatan ini bervariasi mulai dari Rp150.000 hingga Rp175.000.

  1. Oximeter

Kadar oksigen dalam darah mempunyai peranan penting bagi kebugaran tubuh, seseorang bisa mengalami hipoksemia atau kekurangan oksigen dalam darah dan bisa menyebabkan kondisi berbahaya. Seperti gangguan fungsi otak, jantung dan fungsi organ penting lain dan akibatnya membuat tubuh menjadi mudah lelah, nyeri di dada hingga sesak napas.

Untuk mengukur kadar oksigen dalam darah ini dapat dilakukan dengan memakai Oximeter, caranya pun cukup mudah. Yakni hanya dengan memasukkan jari ke dalam alat ini, kemudian Oximeter akan memberikan hasil kadar oksigen ke dalam darah dan dapat dilihat melalui layar. Harga alat ini cukup murah, yakni mulai dari Rp140.000 hingga Rp275.000.

Pemeriksaan kesehatan rutin menjadi hal sangat penting dalam menjaga kebugaran tubuh, namun kadang seseorang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Salah satu keuntungan memiliki alat kesehatan pribadi adalah mengetahui bagaimana kondisi terkini tubuh dan jika berada dalam fase bahaya tentu akan segera menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Alat cek kesehatan dipakai bukan sebagai alternatif pengganti medical check-up, namun alat ini dipakai untuk penanganan awal bagi seseorang, khususnya mereka yang mengidap penyakit tertentu. Semakin dini penyakit terdeteksi, maka semakin cepat dan tepat pula pertolongan yang bisa diberikan, dengan ini diharapkan penyakit tidak akan berlanjut ke tahap yang lebih serius.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 01 Maret 21 - 13:49 WIB
Dalam Kategori : ALAT CEK KESEHATAN
Dibaca sebanyak : 69 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback