Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B dan Cara Mencegahnya

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B dan Cara Mencegahnya
Salah satu anjuran makan sehat adalah dengan mengonsumsi variasi makanan yang bernutrisi. Nutrisi yang diperlukan tubuh memang tersebar di berbagai makanan sehat atau suplemen vitamin B. Jika Anda hanya mengonsumsi makanan yang sama, kekurangan nutrisi pun berisiko terjadi. Salah satu risiko defisiensi yang mungkin terjadi adalah kekurangan vitamin B tertentu. 
 
Sebab, ada vitamin B yang terkonsentrasi di kelompok makanan tertentu juga. Misalnya, untuk vitamin B12 utamanya ditemukan di daging dan produk susu. Sementara itu, vitamin B7 banyak terkandung di buah dan sayuran.Kekurangan vitamin B karena tidak mengonsumsi makanan sehat bervariasi dapat menimbulkan gejala tertentu. Berikut penjelasannya.
  • Kekurangan vitamin B1 & B2
Sebenarnya, banyak makanan yang sudah diperkaya dengan thiamin (vitamin B1) dan riboflavin (vitamin B2), seperti susu dan sereal gandum.Walau begitu, kekurangan dua vitamin B tersebut dapat menjadi masalah pada orang yang berlebihan mengonsumsi alkohol. Beberapa gejala yang muncul yaitu kebingungan dan bibir pecah-pecah.
  • Kekurangan vitamin B3
Kekurangan vitamin B3 atau niasin dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan, seperti mual dan kram perut. Pada tahap yang parah, kekurangan vitamin B ini juga dapat menyebabkan kebingungan.
  • Kekurangan vitamin B5
Defisiensi atau kekurangan vitamin B5 cenderung jarang terjadi. Biasanya, apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin B ini, ia juga kekurangan vitamin lain.Beberapa gejala yang muncul apabila tubuh kekurangan vitamin B5, yaitu sakit kepala, lekas marah, gangguan koordinasi otot, masalah pencernaan, dan kelelahan.
  • Kekurangan vitamin B6
Gejala yang ditimbulkan jika Anda mengalami kekurangan vitamin B6 atau piridoksin yaitu anemia dan gangguan kulit. Ruam kulit atau bibir pecah-pecah juga berisiko terjadi.Tak sampai di situ, defisiensi atau kekurangan B6 juga dapat menyebabkan kondisi berikut ini:
  1. Depresi
  2. Kebingungan
  3. Mual
  4. Rentan terhadap infeksi
  • Kekurangan vitamin B7
Kekurangan vitamin B7 (biotin) sebenarnya cukup jarang terjadi. Apabila mengalami defisiensi, beberapa gejala yang dapat muncul yaitu rambut rontok dan ruam merah pada wajah. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin B7 dapat menimbulkan gejala depresi, lesu, halusinasi, serta mati rasa dan gangguan pada anggota gerak (ataksia).
 
Mencegah kekurangan vitamin B
Untuk mencegah defisiensi atau kekurangan vitamin B, kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin B. Makanan lezat dan sehat di sekitar Anda umumnya telah mengandung vitamin B, termasuk daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
  1. Vitamin B1: Susu, telur, dan sayuran hijau 
  2. Vitamin B2: Ikan, daging sapi, daging ayam, telur, produk susu, alpukat, cabai Cayenne, dan sayuran seperti bayam dan brokoli
  3. Vitamin B3: Daging ayam, ikan, daging sapi, dan gandum utuh
  4. Vitamin B5: Brokoli, sereal gandum utuh, jamur, daging sapi dan ayam, produk susu, dan telur
  5. Vitamin B6: Buncis, tuna, ikan salmon, hati sapi, dada ayam, semangka, dan kentang
  6. Vitamin B7: Hati sapi, kuning telur, ikan salmon, produk susu, alpukat, dan bunga kol
  7. Vitamin B9: daging sapi, biji-bijian, buah sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis), ikan, dan sayuran berdaun hijau
  8. Vitamin B12: Telur, keju, segelas susu, ikan, kerang, dan hati sapi
Suplemen vitamin B, hanya boleh diminum berdasarkan anjuran dokter. Jika saat ini Anda tengah hamil atau berusia di atas 50 tahun, dokter mungkin akan menyarankan konsumsi suplemen. Suplemen vitamin B hanya menjadi pilihan terakhir jika Anda tidak dapat memperoleh vitamin B melalui makanan sehat. Suplemen vitamin B juga dapat dikonsumsi jika Anda menderita gangguan kesehatan tertentu.
 
Suplemen vitamin B dapat menyebabkan efek samping atau efek kesehatan jangka panjang. Risiko interaksi obat yang saat ini Anda konsumsi juga dapat terjadi. Simak artikel SehatQ.com untuk cari tahu tips seputar makanan sehat.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 08 Desember 20 - 11:02 WIB
Dalam Kategori : VITAMIN B, POLA HIDUP SEHAT
Dibaca sebanyak : 88 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback