Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Alami

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Alami

 

Batuk dan demam sering dijumpai pada anak. Paparan terhadap kuman dan bagaimana tubuh melawan kuman tersebut akan membantu anak dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh.  Membantu anak merasa lebih nyaman dengan melakukan cara mengatasi batuk pada anak dan gejala lain dapat membantu mereka beristirahat agar mereka bisa cepat sembuh. Batuk biasa dapat bertahan hingga 2 minggu. Kebanyakan batuk disebabkan karena virus yang tidak memiliki obat, sehingga tujuan utama perawabatan batuk adalah menjaga anak agar tetap terhidrasi, tenang, dan bisa tidur dengan nyenyak. 

Jenis perawatan rumahan untuk batuk anak

Karena cara mengatasi batuk pada anak lebih berfokus untuk meredakan gejala yang ditimbulkan, Anda bisa mencoba beberapa “home remedies” atau perawatan rumahan alami. Namun, tetap perhatikan suara batuk anak untuk membantu Anda memilih home remedies apa yang cocok, contohnya batuk yang berasal dari dada disebabkan karena lendir di saluran udaran, batuk dari tenggorokan atas disebabkan karena infeksi dan pembengkakan di sekitar kotak suara, dan batuk ringan  dengan anak sering menghirup dapat disebabkan karena tetesan post-nasal dari bagian belakang tenggorokan. Adapun cara mengatasi batuk pada anak dengan “home remedies” adalah sebagai berikut:

  • Gunakan tetes hidung

Anda bisa membeli tetes hidung ini di apotek untuk melunakkan lendir agar Anda bisa mengeluarkannya dengan lebih mudah. Ikuti petunjuk pada botol saat menggunakannya dengan aman. Apabila menggunakan tetes hidung pada anak tidak memungkinkan untuk dilakukan, duduk berendam air hangat dapat membantu membuka saluran udara dan melunakkan lendir, hal ini akan membantu mencegah “post-nasal drip”. Anda khususnya perlu menggunakan tetes hidung sebelum tidur atau saat tengah malam apabila anak terbangun dari tidur akibat batuk. Tetes hidung umumnya dianggap aman untuk digunakan pada anak. 

  • Minum banyak air

Tetap terhidrasi khususnya penting terutama saat anak Anda sakit. Air dapat membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga saluran udara lembap dan kuat. Satu cara untuk memastikan anak mendapatkan cukup air adalah menyajikan takaran air sebanyak 0,23 liter untuk setiap tahun hidup mereka. Misalnya, anak usia satu tahun membutuhkan minimal membutuhkan 1 takaran setiap hari, dan anak dua tahun membutuhkan 2 takaran. Apabila anak menolak minum susu atau tidak banyak makan, anak yang lebih muda mungkin membutuhkan lebih banyak air. Sebagai pengganti air, Anda bisa memberikan es krim untuk meningkatkan cairan dan menenangkan tenggorokan yang meradang. 

  • Gunakan madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu menenangkan tenggorokan yang meradang. Madu juga mengandung sifat antibakteri dan dapat membantu melawan infeksi. Namun, madu tidak aman digunakan untuk anak usia di bawah satu tahun karena adanya risiko botulism. Untuk anak di atas usia satu tahun, Anda bisa memberikan satu sendok makan madu sesering yang Anda mau, namun berhati-hatilah terhadap asupan gula yang ada di dalamnya. Anda bisa mencampur madu dengan air hangat agar membuat anak lebih mudah dalam mengonsumsinya. Mencampur dengan air juga bermanfaat untuk menjaga anak tetap terhidrasi saat sakit. 

Batuk adalah gejala yang umum dialami oleh anak dan dapat bertahan selama beberapa minggu. Batuk dapat terdengar serius dan dapat mengganggu tidur anak. Namun, apabila anak tidak menunjukkan gejala serius seperti sesak napas, terlihat sangat sakit, dan gejala serius lainnya, cara mengatasi batuk pada anak di atas dapat dilakukan untuk meredakan gejala. Apabila batuk tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, hubungi dokter.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 04 Januari 21 - 11:55 WIB
Dalam Kategori : CARA MENGATASI BATUK PADA ANAK
Dibaca sebanyak : 140 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback