Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Melakukan Pranayama untuk Peroleh Manfaat Optimal

Cara Melakukan Pranayama untuk Peroleh Manfaat Optimal

Pranayama makin populer belakangan ini. Salah satu bagian dari yoga ini dinilai sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari kualitas tidur yang membaik sampai kesehatan jantung yang lebih terjaga adalah beberapa manfaat dari teknik pernapasan hindi yang sudah terkena khasiatnya sejak zaman dulu ini. 

Anda pun mungkin terkesima dengan beragam manfaat pranayama dan ingin juga mencoba teknik pernapasan yang satu ini guna merasakan khasiatnya. Namun, jangan sembarangan melakukan teknik pernapasan ini di sembarang tempat dan waktu ya. 

Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ikuti ketika menjalani gerakan pranayama. Berikut ini adalah tips yang sebaiknya Anda jalani untuk bisa memperoleh manfaat teknik pernapasan ini secara optimal. 


1. Ventilasi Baik 

Gerakan pranayama sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan ruangan yang luas untuk melakukannya. Namun bukan berarti, Anda memutuskan untuk melakukan pranayama di mana saja. Sebaiknya, tetap pilih tempat yang cocok untuk mendapatkan manfaat pranayama. Anda disarankan mencari ruangan berventilasi baik agar proses pengambilan oksigen dapat berjalan maksimal. Ruangan berventilasi baik juga membuat udara yang Anda hidup lebih bersih sehingga baik untuk tubuh. 



2. Bebas Polutan 

Berhati-hatilah memilih tempat dalam melakukan latihan pranayama. Bukan hanya ventilasi yang ideal, Anda harus pula memperhatikan kebersihan tempat Anda akan melakukan teknik pernapasan yang merupakan bagian dari yoga ini. Carilah tempat yang bersih dari debu dan kotoran. Banyaknya kotoran atau polutan akan membuat udara di sekitar Anda ikut tercemar sehingga menjadi kurang baik untuk sistem pernapasan Anda. Udara yang tercemar pun bisa membuat manfaat pranayama menjadi tidak maksimal.



3. Pagi dan Malam 

Melakukan teknik pernapasan dalam seperti pranayama memang tidak peduli waktu. Anda bisa melakukannya kapan saja Anda mau dan memiliki waktu kosong. Namun, jika ingin mendapat manfaat maksimal, Anda disarankan melakukan pranayama pada saat pagi dan malam. Kedua waktu ini merupakan waktu ideal untuk melakukan latihan pranayama.  Pagi dan malam hari cenderung memberikan suasana “dingin” sehingga Anda akan lebih mudah berkonsentrasi dan nyaman dalam melakukan pranayama. 



4. Tidak Perlu Lama 

Anda sudah mulai melakukan latihan pranayama? Seberapa panjang durasi yang Anda terapkan untuk tiap sesi latihan teknik pernapasan dalam ini? Jangan terlalu lama melakukan pranayama karena akan membuat Anda cepat bosan dan menjadi tidak konsisten. Sebenarnya, melakukan latihan pranayama selama 15 menit saja tiap kali sesi sudah memungkinkan Anda memperoleh khasiatnya yang optimal bagi kesehatan fisik dan mental. 



5. Konsisten Tempat dan Waktu 

Kekonsistenan Anda melakukan latihan pranayama sangat menentukan seberapa besar manfaat yang Anda peroleh dari teknik pernapasan ini. Kekonsistenan tidak hanya mengarah pada ketekunan Anda melakukan gerakan pranayama setiap hari. Lebih daripada itu, Anda juga mesti konsisten memilih tempat dan waktu untuk melakukan latihan pernapasan ini. Jika Anda memutuskan melakukan pranayama di suatu ruangan pada malam hari, pastikan Anda menjalaninya setiap hari tanpa mengubah waktu dan tempat. 



6. Perut Kosong 

Kondisi perut kosong merupakan momen yang tepat untuk melakukan latihan pranayama. Jangan berpikir perut kosong akan mengganggu konsentrasi Anda karena rasa lapar. Pikirkanlah bahwa perut kosong membuat organ tubuh lebih santai sehingga manfaat pranayama dapat bekerja lebih efektif dalam badan Anda. Seberapa lama Anda mesti mengosongkan perut untuk latihan pernapasan dalam ini? Disarankan 4 jam sebelum melakukan pranayama, Anda tidak makan berat atau mengambil sesuatu. 


 


Simpel bukan untuk membuat latihan pranayama Anda semakin mendatangkan hasil dan manfaat yang optimal? Jangan lupa Anda juga harus melakukan langkah per langkah gerakan dari pranayama secara benar untuk memperoleh manfaatnya. 


 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 03 Maret 21 - 15:38 WIB
Dalam Kategori : PRANAYAMA
Dibaca sebanyak : 75 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback