Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Masa Pandemi Covid-19

Cara Ampuh Menghilangkan Stres di Masa Pandemi Covid-19
Semua orang pernah mengalami stres. Kondisi tertekan ini bisa disebabkan oleh suatu hal yang besar, seperti perundungan atau menghadapi situasi baru, atau hal kecil seperti berdebat dengan anggota keluarga.
Saat ini, pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab stres banyak orang karena ketidakpastian yang ditimbulkan. Stres tinggi menimbulkan perasaan tidak nyaman dan sangat memengaruhi kondisi fisik. Mencari cara ampuh menghilangkan stres akibat Covid-19 merupakan langkah terbaik.
Tips mengatasi stres di tengah pandemi
Saat dalam kondisi stres, seseorang akan sulit untuk berfungsi secara normal, atau dengan kata lain beraktivitas seperti biasa. Stres cenderung membuat pikiran seseorang terganggu, sehingga meski bisa menjalani rutinitas, kita tak sepenuhnya fokus terhadap hal yang dikerjakan.
Langkah pertama dalam mengatasi stres adalah mencari cara agar Anda dapat kembali fokus. Cara ini bisa dimulai dengan memerhatikan hal kecil di sekeliling kita. Misalnya, saat minum kopi, perhatikan kopi tersebut mulai dari warna, rasa, dan aromanya.
Langkah selanjutnya adalah dengan memerhatikan diri sendiri. Apa yang Anda pikirkan dan bagaimana perasaan Anda saat ini. Anda bisa mengetahuinya dengan kembali memerhatikan sekeliling Anda. Dengan begitu Anda bisa menemukan masalah yang membuat Anda stres. Misalnya, pandemi Covid-19 membuat kondisi ekonomi Anda merosot.
Setelah mengetahui dan memahami sumber stres, Anda bisa memikirkan solusi atas masalah tersebut. Untuk membantu menurunkan stres, berikut beberapa cara menghilangkan stres yang bisa Anda coba.
  1. Relaksasi
Melakukan hal-hal yang membuat rileks membantu Anda meredakan stres, salah satunya meditasi atau latihan pernapasan dalam. Pejamkan mata Anda, buat tubuh Anda santai lalu hirup napas dalam-dalam dari hidung. Tahan selama beberapa detik dan hembuskan secara perlahan melalui mulut.
 
  1. Memeluk orang yang dicintai
Saat kita memeluk orang yang dicintai, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin atau disebut juga dengan hormon pelukan. Hormon ini membawa kebahagiaan, menurunkan stres, sekaligus menghasilkan rasa tenang dan aman.
 
Tak ada salahnya memeluk orang yang Anda cintai. Ini juga termasuk cara ampuh menghilangkan stres yang paling sederhana.
 
 
 
  1. Makan secara teratur
Salah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap stres adalah menjaga pola makan. Makan secara teratur dengan gizi seimbang membantu mengatur hormon dalam tubuh. Cara ini juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
 
Alpukat, kenari, dan telur termasuk makanan yang mendukung suasana hati dan menjaga keseimbangan energi Anda.
 
  1. Lakukan self-talk positif
Mengkritik dan meragukan diri sendiri tidak akan membantu Anda keluar dari stres, tapi justru membuatnya semakin parah. Lakukan self-talk yang positif dan membangun dapat membuat pandangan Anda menjadi lebih sehat, optimis, mengelola emosi, serta mengambil keputusan positif.
 
  1. Kurangi hal yang menambah stres
Menjauhi hal pemicu stres adalah cara ampuh menghilangkan stres. Misalnya, ketika pandemi Covid-19 seluruh media memberitakan mengenai hal tersebut. Kabar tersebut bisa membuat Anda lebih stres.
 
Dengan mengurangi atau menjauhi sumber berita, Anda bisa merasa lebih tenang dan damai. Sebagai gantinya lakukan hal lain seperti melakukan hobi yang tertunda atau bercakap-cakap dengan keluarga.
Itu adalah beberapa cara ampuh menghilangkan stres, tapi cara mengatasi stres setiap orang bisa berbeda tergantung pada minat dan kesukaan mereka. Hal yang paling penting adalah luangkan sedikit waktu untuk merawat diri sendiri baik ketika sedang sibuk atau mengalami masa sulit.
Cara di atas mungkin tidak membantu mengatasi masalah Anda, namun setidaknya Anda bisa menjadi lebih tenang dan kesehatan Anda tidak terganggu.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 13 Januari 21 - 16:21 WIB
Dibaca sebanyak : 97 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback