Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apakah Mie Soba Dapat Dijadikan Alternatif Makanan yang Menyehatkan?

Apakah Mie Soba Dapat Dijadikan Alternatif Makanan yang Menyehatkan?
 
Berbeda dengan jenis mie khas Jepang lainnya yang terbuat dari tepung terigu, mie soba terbuat dari tepung soba khusus. Meskipun terdapat produk lain yang telah menambahkan tepung terigu ke dalam komposisi, namun mie 100% tepung soba tetap menjadi incaran. Hal ini berkaitan dengan berbagai manfaat kesehatan di dalamnya.
Manfaat kesehatan mie soba
Jenis mie soba paling otentik tanpa modifikasi disebut juga juwari soba. Saat ini telah banyak modifikasi seperti mie soba instan. Akan tetapi juwari soba murni dibuat dari tepung soba dan air sebagai bahan utama. Modifikasi biasanya mencampurkan tepung soba dan tepung terigu dengan komposisi 80:20. Modifikasi ini disebut juga hachiwari. Manfaat kesehatan akan optimal pada jenis juwari soba.
Beberapa studi menunjukkan bahwa mie soba bermanfaat membantu menurunkan kadar gula darah, memperbaiki kesehatan jantung, membantu mengatasi peradangan, serta mencegah kanker. Manfaat kesehatan ini dipengaruhi antioksidan alami rutin dan jenis antioksidan di dalamnya. Antioksidan alami rutin merupakan golongan flavonoid.
Menurut National Library of Medicine, beberapa orang yang mengonsumsi setidaknya 40 gram mie soba setiap hari selama 12 minggu menglami penurunan kolesterol dan trigliserida. Kondisi ini disebabkan karena kandungan serat tinggi di dalamnya.
Tepung soba juga mempunyai indeks glikemik rendah sehingga baik bagi penderita diabetes. Dalam 50 gram mie soba, indeks glikemiknya hanya sebesar 56.
Siapa yang disarankan mengonsumsi mie soba?
Mie soba tanpa campuran tepung lain bisa dikonsumsi penderita alergi gluten atau seseorang yang mengalami penyakit celiac. Pasalnya mie soba merupakan pilihan mie yang lebih baik dibandingkan jenis mie beabas gluten lain seperti bihun.
Akan tetapi, penting bagi Anda untuk memeriksa label kemasan agar mengetahui bahwa tidak ada campuran tepung lain. Anda juga bisa mengetahuinya melalui klaim gluten free.
Berdasarkan British Medical Journal, bagi yang tidak pernah mengonsumsi mie soba sebelumnya, ada baiknya mempertimbangkan alergi terhadap biji buckwheat atau bahan dasar tepung soba. Biji buckwheat merupakan alergen utama di Jepang dan Korea yang paling sering dikonsumsi.   
Resep-resep mie soba
Mie soba bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin. Penyajiannya sering ditambahkan saus kacang, saus jahe, atau kuah kaldu. Mie direbus menggunakan air mendidih atau kaldu selama 5 menit. Setelah matang kemudian ditiriskan dan dibilas kembali. Berikut ini beberapa pilihan mie soba yang dikombinasi dengan bahan pangan lainnya:
  • Mie soba dengan ayam dan teh hijau- perpaduan mie soba, teh hijau, daging ayam, dan jamur shitake. Bumbu pelengkapnya berupa kecap, jahe, atau saus Sriracha.
  • Mie soba dengan nori dan jamur shitake- nori merupakan merupakan jenis rumput laut lembaran. Mie soba, kol, dan jamur shitake dibungkus menjadi satu dengan nori.
  • Mies soba dengan kacang polong dan wortel- mie soba dicampur edamame, kacang polong, dan wortel kemudian disiram saus madu dan jahe pedas.
  • Mie soba dingin dengan salad- kuah siram mie soba terdiri dari madu, jahe, kecap asin, bawang putih, dan pasta cabai. Anda mengonsumsinya menggunakan salad sebagai makanan pendamping.
  • Mie soba tahu- mie soba dicampur dengan cuka beras dan saus gula merah. Kacang yang dicincang kasar dan siraman tahu menjadi topping di atasnya.
  • Mie soba dengan lemon kale pesto-mie soba ditambahkan sayuran kale dan lemon pesto sehingga ditemukan rasa baru yang unik.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 19 Januari 21 - 08:49 WIB
Dibaca sebanyak : 120 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback