Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

8 Fakta Sejarah Turnip yang Menarik Disimak

8 Fakta Sejarah Turnip yang Menarik Disimak
Buat Anda yang suka makan salad, pasti sudah tidak asing dengan umbi-umbian sejenis lobak warna gradasi ungu yang syahdu. Ya, itulah turnip. Jenis sayuran yang satu ini memang banyak disajikan sebagai komponen salad karena kalorinya yang tergolong rendah dan kandungan nutrisinya yang melimpah.
Banyak penelitian mengenai turnip di mana diperoleh fakta bahwa sayuran yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Ketika Anda rutin mengonsumsi turnip, artinya Anda memiliki risiko terkena kanker, penyakit kardiovaskular, dan masalah hati yang lebih rendah. Gula darah dan kolesterol pun dapat terkontrol jika rutin mengonsumsi turnip.
Selain manfaatnya yang menakjubkan, nyatanya banyak kisah mengenai turnip yang juga menarik untuk disimak. Berikut ini adalah beragam fakta sejarah mengenai turnip yang mungkin belum Anda pernah dengar selama ini.
  • Budi Daya Tua
Jika Anda menanyakan sayuran apakah yang memiliki sejara pembudidayaan terpanjang, mungkin turnip salah satunya. Pasalnya, sayuran akar berbentuk kerucut ini sudah mulai dibudidayakan sejak 2000 tahun sebelum masehi. Romawi dan Yunani Kuno menjadi bangsa yang memulai pembudidayaan jenis umbi-umbian yang satu ini.
 
  • Obat Tradisional
Manfaat turnip menjadi populer belakangan setelah ada banyak penelitian yang menyatakan jenis sayuran ini mampu mencegah berbagai penyakit kronis dan serius. Namun sejatinya, sebelum penelitian-penelitian itu ada, turnip sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk peradangan maupun sakit kepala. Yang lebih menarik, turnip ternyata juga digunakan sebagai pengobatan infeksi menular seksual.
 
  • Menjadi Umpatan
Walau manfaatnya segudang, nyatanya istilah turnip memiliki makna yang tidak menyenangkan pada zaman Romawi Kuno. Kata-kata turnip menjadi umpatan untuk mengejek dan menghina para pejabat publik yang dianggap tidak berguna dan menyengsarakan rakyat. Bahkan ketika seseorang mengatakan pemakan turnip pada Anda, itu menunjukkan hinaan kebodohan level tertinggi.
 
  • Makanan Orang Susah
Tidak ada keluarga yang mengharapkan mengonsumsi turnip pada masa lampau. Pasalnya, jenis sayuran ini identik hanya dikonsumsi oleh orang miskin. Konotasi yang buruk terkait hinaan kepada pejabat public pun membuat jenis sayuran ini makin dihindari untuk dikonsumsi.
 
 
 
  • Makanan Utama Jerman
Perang Dunia I mengubah segalanya. Dari makanan yang identik dengan orang miskin, turnip akhirnya menjadi makanan utama rakyat Jerman. Kondisi tersebut tepatnya terjadi pada musim dingin 1916—1917. Saat itu, turnip diolah mnjaid tepung roti untuk bisa menggantikan kentang dan gandum yang produksinya minim. 
 
  • Ledakan Pangan
Semenjak digunakan sebagai tepung pembuat roti semasa Perang Dunia 1, masyarakat Eropa mulai melirik turnip sebagai salah satu pemain kunci untuk sumber pangan. Posisi turnip bahkan sudah disetarakan dengan gandum dalam budi daya. Tak ayal, pembudidayaan turnip membuat stok pangan Eropa berlimpah bahkan bisa dikategorikan mengalami ledakan pangan.
 
  • Jaga Produksi Ternak
Musim dingin menjadi musim bagi bangsa Eropa untuk menyembelih banyak hewan ternak guna mencukupi kebutuhan pangan yang tergerus. Pasalnya, daya taham gandum untuk disimpan tidak terlalu lama sehingga kebutuhan saat musim dingin menjadi amat minim. Semenjak turnip menjadi makanan utama, masalah makanan minim menjadi terlesaikan. Turnip memiliki daya simpan yang lebih lama untuk musim dingin, di samping masa tanamnya yang lumayan singkat. Berlimpahnya produksi turnip tak ayal mampu menjaga produksi hasil ternak, seperti daging dan susu, untuk musim-musim selanjutnya.
 
  • Hanya Dua Tahun
Siklus hidup tanaman turnip sangatlah singkat. Ketika mencoba membudidayakannya, Anda hanya bisa menikmati hasil umbi tanaman ini 6—12 kali. Pasalnya, usia tanaman turnip hanya dua tahun. Sementara itu, dari waktu penanaman sampai masa panen membutuhkan waktu 2 bulan.
 
***
Melihat sejarahnya yang demikian panjang, apakah Anda makin tertarik untuk mengonsumsi turnip? Pastinya dengan menyantapnya, Anda juga sudah ambil bagian dalam menyehatkan tubuh secara natural.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 16 Desember 20 - 16:19 WIB
Dibaca sebanyak : 130 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback