Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

5 Pertimbangan Mengikuti Promo Swab Test Antigen

5 Pertimbangan Mengikuti Promo Swab Test Antigen

Saat ini bisa dibilang popularitas swab test antigen sedang menanjak. Banyak orang pun lebih memilih mencari promo swab test yang satu ini dibandingkan dua jenis swab test lainnya, seperti swab test PCR maupun swab test molekuler isotermal. 

Oleh pemerintah sendiri, swab test antigen didapuk menjadi syarat untuk bepergian sebagai kartu jalan. Jadi kalau Anda punya rencana bepergian ke luar kota, mencari promo swab test antigen sangat dianjurkan. 

Dibandingkan dua jenis swab test lainnya maupun dengan rapid test, swab test antigen memiliki sejumlah unggulan yang mungkin membuat Anda semakin tertarik mencari promonya. Namun dibalik itu, ada pula beberapa kelemahan dari jenis tes deteksi Covid 19 yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kelemahan swab test antigen yang dapat Anda pertimbangkan. 

 

Deteksi Langsung 

Rapid test kerap dipermasalahkan karena baru bisa mendeteksi virus corona baru di dalam tubuh setelah terbentuk antibodi. Antibodi sendiri baru bisa terbentuk ketika tubuh sudah melakukan perlawanan dengan virus tersebut sehingga menimbulkan gejala yang kemunculannya mulai dari 1—14 hari sejak tubuh terinfeksi. Namun pada tes antigen, komponen virus bisa dideteksi secara langsung sejak ia menginfeksi tubuh Anda. Ini karena pemeriksaan dilakukan dengan mengecek ada tidaknya protein permukaan virus Covid 19 di tubuh. 

 

Harga Bersahabat 

Anda mungkin sering merasa ragu mencari promo swab test karena merujuk pada harga swab test PCR yang tinggi. Di mana harga standar yang ditetapkan pemerintah sendiri bisa menyentuh angka Rp900.000. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebesar itu jika hendak menjalani swab test antigen. Bahkan jika Anda menemukan promo swab test yang tepat, Anda dapat memperoleh harga tes antigen di bawah Rp200.000. Nominal ini lebih bersahabat untuk dompet Anda, bukan?

 

Tingkat Akurasi Tinggi 

Tingkat akurasi dari swab test antigen jelas lebih tinggi daripada Anda hanya melakukan tes rapid. Anda hanya bisa memperoleh akurasi hasil sekitar 18 persen ketika menjalani rapid test karena pengecekan berdasarkan antibodi yang terbentuk. Sementara itu jika menggunakan swab test antigen yang melihat molekul protein virus, akurasinya bisa menanjak hingga di atas 90 persen. Hanya saja, tingkat akurasi swab test antigen sangat dipengaruhi oleh alat dan kelihaian petugas dalam mengambil sampel. Walaupun rata-rata bisa mencapai akurasi di atas 90 persen, ada pula hasil tes ini yang tingkat akurasinya hanya 80 persen. 

 

Proses Cepat 

Ada alasan tersendiri mengapa swab test antigen lebih dipilih untuk menjadi rujukan perjalanan. Selain harganya yang lebih terjangkau, waktu pemrosesan tes ini hingga bisa mendapatkan hasil relatif singkat. Pasca pangkal hidung atau tenggorokan Anda diusap menggunakan alat berbentuk kapas lidi, hanya diperlukan waktu sekitar 15—60 menit saja untuk memperoleh hasilnya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan tes ini secara mendadak sebelum waktu bepergian.


Rasa Tidak Nyaman 

Tidak semua orang mau mengikut swab test antigen bukan hanya perihal harga. Memasukkan kapas lidi ke dalam pangkal hidung dan tenggorokan memberikan rasa tidak nyaman. Hal inilah yang kerap menjadi pertimbangan beberapa orang tidak mau mengikuti jenis tes yang satu ini. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki masalah bentuk hidung, proses pemasukan alat untuk mendapatkan sampel lendir menjadi momen yang menyakitkan sehingga menjadi dihindari. 


*** 

Sebenarnya, mengikuti promo swab test antigen banyak untungnya, bukan? Walau memang, proses pengambilan lendirnya cukup memberi rasa tidak nyaman bagi Anda. Namun jangan khawatir, Anda cukup memilih pelayanan yang memiliki portugal profesional yang lihai untuk bisa mengikuti tes dengan rasa tidak nyaman yang minimal.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 22 Februari 21 - 17:04 WIB
Dalam Kategori : PROMO SWAB TEST
Dibaca sebanyak : 70 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback