Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

 

Daun kelor merupakan daun yang berukuran kecil. Meski kecil, ada manfaat daun kelor untuk ibu menyusui loh. Daun kelor sering dibuat menjadi suplemen untuk ibu menyusui. Nama lain daun kelor adalah moringa. 

Daun kelor telah memberikan manfaat yang luar biasa untuk beberapa kliennya. Daun kelor merupakan suplemen favorit konselor laktasi yang satu ini.

Kamu dapat menemukan olahan daun kelor dalam bentuk teh, kapsul, atau bubuk. Daun kelor juga bisa dikonsumsi dengan smoothie atau ditambahkan ke dalam sup lho.

Dilansir Firstcry Parenting, berikut ini 5 manfaat daun kelor untuk ibu menyusui:

1. Meningkatkan produksi ASI

Daun kelor telah digunakan cukup lama untuk meningkatkan produksi ASI. Ini karena daun kelor mengandung galactagoge, zat yang membantu meningkatkan ASI.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa seorang wanita dapat meningkatkan produksi ASI dengan konsumsi daun kelor.

2. Memenuhi kebutuhan kalsium

Ibu menyusui membutuhkan dosis kalsium yang lebih karena tubuh seorang ibu memproduksi ASI untuk bayi. Si kecil yang menyusu juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan yang optimal. Nah, daun kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

3. Menyingkirkan kelelahan

Daun kelor kata akan zat besi yang sangat penting untuk ibu menyusui. Jumlah besar zat besi dapat membantu ibu menyusui mengatasi lemas dan kelelahan.

Beberapa ibu juga mungkin kehilangan darah ketika melahirkan. Makanya, daun kelor dapat membantu mengisi kembali darah dan zat besi yang hilang.

4. Membantu pembekuan darah

Kaya akan vitamin K, daun kelor dapat membantu pembekuan darah. Ini sangat bermanfaat untuk ibu  yang mengalami pendarahan setelah melahirkan lho.

5. Membantu menjaga kesehatan rahim

Konsumsi daun kelor juga bisa membantu mengatasi nyeri persalinan. Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang sangat dibutuhkan setelah melahirkan.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Israel menemukan bahwa kombinasi kelor dan terapi radiasi dapat mengurangi kelangsungan hidup serta metastasis sel kanker pankreas secara signifikan. Pengobatan ini juga efektif menghambat pertumbuhan tumor.

Nah, berikut ini resep gampang yang bisa kamu praktekkan untuk mengolah daun kelor yang penuh khasiat baik untuk kesehatan.

Bahan

  • 1 mangkuk daun kelor muda yang masih segar

  • 1 buah jagung manis, potong menjadi 3 bagian

  • 1 buah oyong/gambas, potong 1 cm

  • 1 buah tomat ukuran sedang, potong-potong

  • 1 genggam kemangi

Bumbu

  • 4 butir bawang merah, iris halus

  • 1 cm temu kunci, cuci bersih

  • gula pasir secukupnya

  • garam secukupnya

 

Cara mengolah daun kelor menjadi sayur bening

Panaskan air di panci secukupnya. Masukkan jagung dan oyong, kemudian masak hingga matang. Masukkan bawang merah dan temu kunci, kemudian bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Terakhir, masukkan kelor, tomat, dan daun kemangi. Masak sampai kelor dan kemangi sekadar layu, kira-kira 5 menit. Sajikan sayur bening daun kelor bersama nasi putih.

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun kelor untuk ibu menyusui yang perlu kamu ketahui. Nah selain itu ada juga cara mengolahnya menjadi makanan yang bisa disantap oleh ibu menyusui. Yuk ikuti langkah-langkahnya lalu terapkan agar daun kelor bisa dinikmati oleh semua orang, tidak hanya oleh ibu menyusui. 

Dengan mengikuti resep di atas, setidaknya manfaat daun kelor bisa diserap dengan baik oleh ibu menyusui dan bisa menjadi ASI booster untuknya. Semoga artikel ini menambah wawasanmu.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 22 Januari 21 - 09:14 WIB
Dalam Kategori : DAUN KELOR UNTUK IBU MENYUSUI
Dibaca sebanyak : 175 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback