Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

5 Alasan Jangan Remehkan Bibir Pucat

5 Alasan Jangan Remehkan Bibir Pucat

 

Bibir pucat merupakan kondisi ketika warna kecerahan bibir menjadi tidak normal dan mengarah ke warna putih. Sebenarnya, masalah kepucatan ini bisa dialami di berbagai area tubuh, seperti kulit, tangan, maupun kaki. Namun, bibir pucat memang paling tampak dibandingkan kepucatan di daerah lain karena warna bibir umumnya lebih cerah dibandingkan bagian kulit lainnya. 

Bibir pucat identik dengan kondisi seseorang yang lemas dan sedang mengalami rasa tidak enak badan. Maka dari itu, Ada seharusnya lebih berhati-hati apabila mendapati bibir Anda mulai kepucatan. Bisa jadi, Anda tengah menderita suatu penyakit yang bisa disadari atau tidak disadari. 

Fenomena bibir yang memutih ini pada kenyataannya juga dapat menjadi penanda adanya masalah serius pada tubuh Anda. Tidak percaya? Berikut adalah berbagai penyakit yang ternyata menimbulkan gejala bibir pucat. 

  1. Anemia Kronis 

Bibir pucat bisa menjadi penanda Anda sedang kekurangan sel darah merah atau anemia. Memang tidak semua penderita anemia mengalami kepucatan bibir. Hanya pada penderita anemia kronis , gejala bibir pucat muncul. Jenis anemia yang menimbulkan gejala bibir pucat adalah anemia defisiensi besi di mana tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membentuk hemoglobin dan protein guna membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya bibir pucat, penderita anemia defisiensi besi yang kronis juga sensitif pada dingin dan mudah lelah.

  1. Masalah Pembuluh Darah 

Ketika mengalami bibir pucat namun hemoglobin Anda sebenarnya baik-baik saja, pemeriksaan kesehatan menyeluruh sangat dianjurkan. Bisa jadi kepucatan di bibir menunjukkan tanda terhambatnya sirkulasi darah pada tubuh yang umumnya disebabkan oleh penyumbatan di bagian arteri atau pembuluh darah. Jika dibiarkan, penyumbatan arteri tidak hanya membuat bibir pucat. Penyumbatan di pembuluh darah dapat berubah menjadi masalah besar, seperti penyakit jantung koroner ataupun stroke. Tidak jarang penderita masalah pembuluh darah akan mengalami kepucatan bibir yang disertai rasa lelah dan kesulitan untuk bernapas baik. 

  1. Vitiligo

Kasus ini memang langka, namun tidak menutup kemungkinan bibir pucat yang Anda alami merupakan gejala vitiligo. Tidak tanggung-tanggung, 33 persen orang yang mengalami kepucatan bibir secara terus-menerus terbukti menderita vitiligo. Ini merupakan kondisi di mana bercak putih berkembang pada kulit yang disebabkan oleh hilangnya pigmen dari daerah yang terkena. Gejala Utama dari vitiligo sendiri adalah hilangnya warna kulit di sekitar bibir, memudarnya warna kulit di lengan atau tangan, juga berubahnya warna kulit di leher menjadi keputihan. 

  1. Penyakit Kanker

Selama ini Anda mungkin tidak menganggap bahwa bibir pucat adalah kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Namun tahukah Anda, bibir pucat ternyata bisa menjadi tanda dari penyakit kanker? Masih merasa bibir pucat adalah masalah sepele? Kanker yang menyebabkan kepucatan di bagian bibir umumnya berjenis kanker kulit. Pemutihan di area bibir maupun bagian tubuh lainnya pada kanker ini terjadi karena sel kanker mulai menggerogoti bagian sel tubuh Anda dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Jenis kanker kulit yang kerap menimbulkan masalah keputihan adalah kanker kulit sel skuamosa. Untuk memastikan bibir pucat Anda adalah gejala kanker kulit atau bukan, tentunya Anda harus memeriksakan diri secara khusus ke dokter. 

  1. Vasovagal Syncope 

Bibir pucat juga sangat mudah dijumpai pada orang yang mengalami vasovagal syncope. Vasovagal syncope adalah kondisi ketika seseorang pingsan mendadak yang disebabkan oleh penurunan detak jantung dan tekanan darah secara tiba-tiba. Biasanya ini terjadi ketika tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap pemicu emosional atau neurologis tertentu. Kehilangan kesadaran terjadi karena aliran darah ke otak berkurang, yang salah satunya mudah ditandai dengan memutarnya area bibir secara ekstrem. 

 *** 

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami bibir pucat, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui status kesehatan secara pasti dan mencegah dampak tidak menyenangkan ke depannya.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 17 Maret 21 - 10:24 WIB
Dalam Kategori : BIBIR PUCAT
Dibaca sebanyak : 50 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback