Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

3 Resep Rumahan untuk Menghilangkan Kutil Secara Alami

3 Resep Rumahan untuk Menghilangkan Kutil Secara Alami

Kutil merupakan benjolan yang tumbuh di kulit. Biasanya, kutil disebabkan oleh infeksi virus human papiloma (HPV) dan bisa terjadi dimana saja, entah itu wajah, leher, punggung, lengan, atau kaki. 

Meski tidak berbahaya, kutil termasuk penyakit kulit menular dan sangat mengganggu penampilan. Ada banyak cara menghilangkan kutil secara alami, dan beberapa diantaranya terbilang unik atau dapat menghasilkan reaksi iritasi. 

Artikel berikut akan memberi tahu Anda tips menghilangkan kutil secara alami dengan aman.

Resep alami untuk menghilangkan kutil 

Lidah buaya dan bawang putih adalah dua bahan yang mudah ditemukan untuk menghilangkan kutil. Keduanya memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antibiotik yang ampuh menghilangkan kutil dan mencegah benjolan tersebut kembali.  

Dengan menggunakan campuran lidah buaya dan bawang putih setiap hari, Anda sudah bisa melihat hasilnya dalam waktu 2 hingga 4 minggu. 

Haluskan 1-2 siung bawang putih, dan campurkan dengan 2-3 sendok makan gel lidah buaya segar atau yang dijual bebas. Oleskan pada kutil semalaman lalu tutup dengan plester atau perban. Bilas keesokan harinya. 

Jika Anda tidak memiliki gel lidah buaya, Anda bisa menghaluskan bawang putih dengan air atau menggosokkannya langsung ke area yang terdampak. 

Berikut cara lain menghilangkan kutil secara alami:

1. Baking powder dan minyak jarak

 

Sifat antimikroba dan anti peradangan pada minyak jarak umum dimanfaatkan sebagai perawatan alami untuk ringworm, ketombe, dan masalah kulit lainnya. 


Mencampurkan baking powder dan minyak jarak juga dinilai ampuh mengeringkan dan merontokkan kutil dengan cepat. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa menambahkan cuka sari apel. 


Cuka sari apel memiliki cara kerja yang mirip dengan asam salisilat, salah satu senyawa yang digunakan dalam perawatan kutil yang berguna mengelupas kulit terinfeksi.  


Namun jika Anda menggunakan cuka apel, jangan aplikasikan di luka terbuka. Itu juga bisa menyebabkan kulit iritasi dan sensasi terbakar pada kulit sensitif. 


Bahan yang dibutuhkan:

  • 1-2 sdm baking powder
  • 1-2 sdt cuka sari apel
  • 1-2 tetes minyak jarak

Cara penggunaan:

  • Campur semua bahan hingga merata
  • Oleskan pada kutik
  • Tutupi dengan lakban atau plester agar pasta tidak bergeser
  • Gunakan sepanjang malam, lalu bilas keesokan harinya

 

2. Jus lemon dan minyak pohon teh

 

Sebagai anti-mikroba dan antivirus yang ampuh, minyak pohon teh umum digunakan untuk mengobati jerawat, kutu air, dan infeksi kulit lainnya. 


Mengoleskan minyak pohon teh merupakan cara menghilangkan kutil secara alami, namun tidak disarankan karena dapat menyebabkan iristasi kulit. 


Agar lebih aman, campurkan 1-2 tetes minyak pohon teh dengan 12 tetes minyak pembawa, seperti minyak almon atau minyak jarak. Aplikasikan di area terdampak dengan kapas dan diamkan selama 5-10 menit. Ulangi dua atau 3 kali sehari. 


Jika Anda tidak memiliki minyak pembawa, Anda bisa mencampurnya dengan air secukupnya dan perasan lemon. Lemon mengandung antioksidan vitamin C dan asam sitrat yang memiliki sifat anti-mikroba dan antibakteri yang kuat. 


Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, vitamin C berpotensi melawan HPV. Secara keseluruhan, perasan jus lemon dianggap mampu mengeringkan dan menghilangkan kutil.  

Catatan

Sebagian besar orang memilih cara menghilangkan kutil secara alami dibanding perawatan medis. Selain mahal, perawatan konvensional termasuk pembekuan, pembedahan dan perawatan laser terkadang menyebabkan alergi dan iritasi.

Namun belum ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah cara menghilangkan kutil secara alami di atas benar-benar efektif tidak menghasilkan efek samping. 

Maka dari itu akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kutil dan ingin menghilangkannya. Anda bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Download sekarang di App Store atau Google Play Store. 



Referensi:

Net Meds. https://www.netmeds.com/health-library/post/warts-3-diy-home-remedies-to-ward-off-those-ugly-bumps#:~:text=Packed%20with%20malic%20acid%2C%20aloe,to%20get%20rid%20of%20warts. Diakses pada 08 Februari 2021.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-warts#from-the-store Diakses pada 08 Februari 2021.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 11 Februari 21 - 12:33 WIB
Dalam Kategori : CARA MENGHILANGKAN KUTIL SECARA ALAMI
Dibaca sebanyak : 134 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback