Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Waspadai Gigi Bungsu Tumbuh Miring lewat Gejala-gejala Ini

Waspadai Gigi Bungsu Tumbuh Miring lewat Gejala-gejala Ini
Gigi bungsu tumbuh miring sebenarnya merupakan masalah gigi yang cukup serius. Kondisi miringnya pertumbuhan gigi geraham terakhir ini kerap menimbulkan risiko komplikasi, mulai dari karies gigi, kista, sampai ke kerusakan saraf. Karena itulah ketika mengetahui ada gigi bungsu yang bertumbuh tidak wajar, baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis gigi untuk melakukan penanganan yang tepat. Umumnya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pencabutan gigi bungsu yang tumbuh dengan miring melalui operasi. 
 
Sayangnya, justru komplikasi justru terjadi duluan akibat gigi bungsu yang bertumbuh miring tersebut. Dari komplikasi yang ada, barulah sang pasien tahu ia mengalami gigi bungsu tumbuh miring. Alhasil, penanganan menjadi lebih sulit dan lebih sakit. 

Kondisi terlambat diketahuinya kondisi gigi bungsu yang tumbuh miring dikarenakan banyak orang abai terhadap masalah kesehatan gigi. Rasa sakit pada gigi umumnya hanya dipandang masalah gigi kotor dan kerap diobati hanya dengan berkumur air garam atau menggunakan obat antinyeri. Padahal sebenarnya, gigi bungsu yang tumbuh miring memiliki gejala-gejala yang bisa diwaspadai sedari awal seperti di bawah ini. 
  • Gusi Bengkak 
Gigi bungsu yang tumbuh tidak wajar akan langsung berdampak pada bagian gusi yang seharusnya menjadi tempat ia tumbuh. Gusi umumnya akan mengalami pembengkakan yang cukup parah karena posisi gigi yang tidak tepat. Gusi bengkak dapat Anda ketahui dengan melihat warna dari bagian gusi tersebut yang umumnya akan memerah. 
  • Gusi Lunak 
Selain gusi bengkak, gigi bungsu tumbuh miring juga rentan mengakibatkan gejala gusi lunak yang disertai dengan pendarahan. Gusi lunak timbul karena area tempat tumbuhnya gigi bungsu yang miring tersebut menyisakan rongga antara gigi dan gusi yang kerap menjadi celah terselipnya sisa makanan. Kondisi ini membuat gusi rentan terinfeksi bakteri dan menyerang ke jaringan lunak gusi dan meradang. Inilah yang akhirnya membuat tekstur gusi terasa lunak, namun menyakitkan. 
  • Sakit Rahang 
Gusi bagian belakang tempat gigi bungsu seharusnya tumbuh adalah posisi terdekat dengan ujung rahang. Adanya masalah di bagian tersebut mengakibatkan penderitanya juga akan mengalami sakit di bagian rahang. Jadi, jika Anda sering merasakan sakit di bagian rahang, bisa jadi ada gigi bungsu tumbuh miring yang menjadi penyebabnya. 
  • Bau Mulut 
Anda yang memiliki masalah gigi bungsu tumbuh miring biasanya juga akan mengalami masalah dengan bau mulut. Bau tidak sedap akan kerap timbul dan sulit dihilangkan, meskipun Anda sudah rajin membersihkan gigi dan mengonsumsi penyegar napas. Bau mulut terjadi karena sisa makanan kerap tersumpal di bagian rongga antara gigi bungsu dan gusi. Ini membuat bakteri mudah muncul dan menyebarkan bau tidak sedap. 
  • Pipi Bengkak 
Sakit gigi biasanya pun sebenarnya akan mudah membuat pipi penderitanya bengkak. Namun lewat pipi yang bengkak tersebut, Anda bisa mengetahui letak gigi yang bermasalah. Apabila pipi bengkak yang Anda alami berada di dekat rahang, hampir dapat dipastikan kondisi tersebut terjadi karena ulang gigi bungsu yang tumbuh miring. 
  • Sulit Membuka Mulut 
Gigi bungsu tumbuh miring membuat Anda akan merasa nyeri setiap kali hendak membuka mulut secara lebar. Ini karena adanya bagian gigi yang mengganggu saraf lain di bagian mulut. Kondisi sulitnya membuka mulut tidak berhenti sampai di sana. Anda pun bisa menjadi sangat sulit untuk makan karena tiap kali mengunyah, bagian gigi sampai rahang yang menjadi penggerak mulut mendadak bertambah sakit. 
 
*** 
Jika mengalami gejala-gejala di atas, jangan hanya terus mengandalkan obat antinyeri dan air garam untuk mengurangi sakit yang terasa. Lebih baik, Anda segera pergi ke dokter guna melihat kondisi gigi Anda secara keseluruh. Sangat besar kemungkinan berbagai gejala tersebut timbul karena gigi bungsu tumbuh miring. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 11 November 20 - 09:57 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN GIGI, GIGI BUNGSU
Dibaca sebanyak : 37 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback