Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Waspada, Biji Apel Beracun

Waspada, Biji Apel Beracun
 
 
Apel bisa menjadi camilan atau makanan yang menyehatkan, tetapi apakah berbahaya jika memakan bijinya? Karena ternyata biji apel beracun.
 
Apel mengandung banyak senyawa yang menyehatkan, termasuk antioksidan, vitamin, dan serat makanan. Namun biji apel, mengandung senyawa tanaman yang disebut amygdalin, yang dapat memiliki efek beracun.
 
Amygdalin adalah bagian dari pertahanan kimiawi benih. Tidak berbahaya bila benih masih utuh, tetapi ketika benih dikunyah atau rusak, amygdalin terurai menjadi hidrogen sianida. Sehingga sangat beracun dan bahkan mematikan dalam dosis tinggi.
 
Amygdalin terdapat dalam jumlah yang relatif tinggi pada biji buah-buahan dalam keluarga Rosaceae, yang meliputi apel, almond, aprikot, persik, dan ceri. Karena beracun, makan atau minum senyawa tanaman sianogenik dapat menyebabkan keracunan sianida pada manusia. Senyawa tersebut terdapat pada biji aprikot, almond, singkong, dan biji apel. Gejala ringan keracunan sianida dapat meliputi:
 
  • Kegelisahan
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Kebingungan
 
Keracunan akut dapat menyebabkan penurunan kesadaran, tekanan darah tinggi, kelumpuhan, dan koma. Dalam beberapa kasus, berakibat fatal.
 
Jumlah pasti yang dibutuhkan untuk membuat sakit bergantung pada berat badan Anda, namun anak kecil memiliki resiko lebih besar.
 
Agar senyawa beracun dalam biji apel menjadi mematikan, jumlah bijinya akan bergantung pada berat badan seseorang, toleransi mereka, dan jenis apel yang dikonsumsi. Jumlah amygdalin dalam buah apel berbeda-beda, tergantung jenis apel dan lingkungan tumbuhnya.
 
Penting untuk diingat bahwa jika amygdalin tidak mematikan, jumlah yang lebih kecil masih bisa membuat Anda sakit. Bagaimana dengan minyak biji apel?
 
Minyak biji apel adalah produk sampingan dari pengolahan jus. Minyak ini terbuat dari pomace apel mentah, dan jumlah amygdalin yang ditemukan dalam minyak biji apel umumnya sangat kecil sehingga aman.
 
Berbeda dengan biji apel, minyak biji apel biasanya digunakan untuk untuk wewangiannya, untuk merawat rambut, dan menenangkan peradangan kulit.
 
Biji apel mengandung amygdalin, zat yang melepaskan sianida ke dalam aliran darah saat dikunyah dan dicerna. Biji apel dalam jumlah kecil tidak cukup beracun untuk menyebabkan kerusakan. Namun, lebih baik mengeluarkan biji apel untuk menghindari potensi masalah kesehatan.
 


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 26 Agustus 20 - 10:10 WIB
Dalam Kategori : BIJI APEL BERACUN
Dibaca sebanyak : 64 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback