Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Variasi Makanan Buka Puasa yang Lezat dan Sehat

Variasi Makanan Buka Puasa yang Lezat dan Sehat

Tidak terasa kita sudah tiba di penghujung Ramadan. Biasanya, di akhir Ramadan seperti ini, Anda sudah mulai bingung dalam menyiapkan sajian buka puasa. Beberapa orang bahkan sudah mulai bosan dengan makanan buka puasa yang sama. 


Berikut ini, beberapa menu makanan buka puasa, agar sajian di rumah Anda tetap lezat, sehat, dan bervariasi. 


Makanan buka puasa yang lezat dan sehat

Memilih makanan buka puasa memang perlu dilakukan dengan lebih cermat. Sebab setelah perut kosong dalam waktu yang cukup panjang, perut perlu menerima makanan yang tidak memicu rasa tidak nyaman atau kembung. 


Artinya, Anda perlu lebih selektif dalam menyajikan makanan buka puasa. Memuaskan keinginan lidah saja tidak cukup, tetapi juga perlu memenuhi kebutuhan kesehatan. Di bawah ini, rekomendasi variasi makanan buka puasa yang patut Anda coba. 


1. Tumis daging sapi dan pakcoy

Menu ini termasuk menu yang cukup praktis. Komposisinya yang terdiri dari bahan utama daging sapi dan pakcoy, menjadikan menu ini makanan buka puasa yang tak hanya lezat, tetapi juga sehat. 


Untuk membuatnya, potong daging sapi menjadi ukuran kecil dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi jahe, kecap, serta tepung maizena. Aduk hingga merata. Marinasi daging hingga bumbunya meresap. 

Kemudian, panaskan wajan dan minyak secukupnya. Lalu, masukkan daging sapi yang telah dimarinasi tersebut. Tumis hingga warnanya berubah kecoklatan dan sisihkan. 


Pakcoy dimasukkan ke dalam wajan bersama dengan bumbu marinasi. Tumis selama 1-2 menit, hingga tercium bau harum, lalu masukkan kembali daging sapi. 


Di dalam pakcoy terdapat vitamin C, vitamin E, serta beta karoten, sehingga pemanasan yang terlalu lama perlu dihindari. 


2. Sup Miso

Sifat sup yang ringan dan menghangatkan perut, menjadikannya makanan buka puasa yang sangat tepat. Kebanyakan sup tidak menyebabkan kembung, begitu juga dengan sup miso. 


Untuk membuat sup miso, Anda perlu wakame (sejenis rumput laut) yang sudah direndam dan tofu yang dipotong menjadi beberapa bagian kecil. Air dashi, campuran sari kombu dan ikan cakalang, juga dibutuhkan untuk membuat menu yang satu ini. 


Sementara bahan lain direndam, Anda dapat mulai memanaskan air dashi hingga mendidih. Kemudian, masukkan wakame dan tofu. Voila, sup miso pun siap!


Cukup banyak orang menggemari sup ini karena rasanya lezat. Namun, tak hanya lezat, sup ini merupakan pilihan olahan makanan yang kaya protein tetapi rendah lemak lho!


3. Pasta tuna dan bayam

Berikutnya, makanan buka puasa yang menawarkan gizi seimbang adalah pasta tuna dan bayam. Anda dapat memperoleh karbohidrat, protein, vitamin, mineral, hingga asam lemak omega-3, dari menu ini. 


Proses pembuatannya pun cukup mudah. Anda cukup merebus pasta, hingga matang. Kemudian, di dalam wajan yang berbeda, tumis bawang dengan mentega selama lima menit. Jika aroma bawang sudah tercium, masukkan tuna sesuai porsi yang Anda inginkan. 


Tuna ditumis bersama bawang sambil agak dihancurkan, supaya bentuknya menjadi serpihan. Setelah itu, masukkan bayam. Anda juga dapat menambahkan garam, lada, dan keju parmesan, agar rasa masakan semakin kaya. 


Terakhir, masukkan pasta yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk seluruh bahan hingga merata, dan pasta tuna bayam siap dihidangkan. Mudah, bukan?


Dengan sedikit kreativitas, ternyata Anda tetap dapat menyajikan makanan buka puasa yang sehat dan tetap lezat.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 08 Juni 20 - 08:56 WIB
Dalam Kategori : MAKANAN BUKA PUASA
Dibaca sebanyak : 149 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback