Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Terapi Musik

Terapi Musik
Sebagian orang merasa bahwa musik dapat membuat mereka bersemangat. Ketika mereka mendengarkan musik, mereka dapat melakukan aktivitas sesuai kebutuhannya. Ada berbagai jenis aliran musik yang dapat didengar, namun setiap orang memiliki selera yang berbeda. Tidak heran jika setiap orang dapat menikmati aliran musik, dan hal tersebut bisa dijadikan sebagai terapi musik.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Terapi Musik?
 
Terapi musik adalah program terapi yang dilakukan oleh terapis dengan melibatkan musik untuk membantu menyembuhkan masalah kejiwaan seseorang. Cara melakukan terapi ini memiliki pola yang berbeda, ada yang bernyanyi, bermain gitar, piano, atau sebagainya.
 
Penelitian mengungkapkan bahwa terapi musik sudah teruji secara klinis dimana cara tersebut dapat membantu mengatasi masalah kejiwaan yang berkaitan dengan penyakit emosional, kognitif, dan masalah sosial. Terapi musik juga merupakan cara seseorang untuk mengekspresikan diri lewat kata-kata.
 
Siapa Yang Dapat Melakukan Terapi Musik?
 
Orang-orang yang dapat melakukan terapi musik adalah orang-orang yang mengalami gangguan mental berupa:
  • Orang yang mengalami rasa cemas secara berlebihan, depresi, dan trauma karena masalah yang pernah dialami.
  • Orang yang mengalami gangguan jiwa.
  • Penderita autisme.
  • Orang yang mengalami kerusakan otak seperti stroke.
  • Orang yang mengidap penyakit Alzheimer dan demensia.
 
Bagi orang-orang yang mengalami masalah mental, terapi musik terbukti menjadi solusi untuk menangani masalah yang berhubungan dengan mental. Terapi musik juga dapat membuat mereka peka terhadap emosi dan membangun hubungan dengan orang-orang yang mereka cintai.
 
Manfaat Terapi Musik
 
Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa terapi musik tidak hanya membuat seseorang mencintai orang lain secara emosional, namun juga memberikan manfaat lain. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
 
  • Menghilangkan rasa cemas di dalam pikiran
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum menjalani operasi memiliki tingkat kecemasan lebih rendah dari mereka yang tidak mendengarkan musik.
 
Setelah menjalani operasi, orang-orang kembali mendengarkan musik dan tidak merasa ketidaknyamanan sehingga membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dibandingkan orang yang tidak melakukannya.
  • Membantu mempercepat proses penyembuhan
Terapi musik dapat meningkatkan kemampuan fisik, psikologis, kognitif, dan emosi manusia, dan hal tersebut merupakan cara yang lebih cepat untuk menyembuhkan penyakit yang dialami secara mental.
  • Mengurangi rasa nyeri
Terapi musik juga dapat membantu seseorang mengurangi rasa nyeri sehingga dapat mengurangi jumlah obat yang dikonsumsi.
  • Mengurangi efek samping terapi kanker
Terapi musik juga dapat mengurangi rasa cemas penderita kanker yang menjalani kemoterapi dan radioterapi dengan mengurangi rasa mual dan muntah.
  • Membangkitkan ingatan
Terapi musik juga dapat membantu penderita demensia untuk membangkitkan ingatan sebelumnya.
 
Jenis Terapi Musik
 
Ada dua jenis terapi musik yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Terapi kreatif
Terapi kreatif adalah jenis terapi dimana terapis meminta pasien untuk secara aktif membuat musik.
  • Terapi reseptif
Terapi reseptif adalah jenis terapi dimana terapis memperkenalkan pengalaman bermusik pada pasien dengan tujuan relaksasi. Selain itu, pasien diajak untuk berdiskusi dengan hal yang berkaitan dengan musik tertentu.
 
Perbedaan Antara Terapi Musik dan Belajar Bermain Musik
 
Melakukan terapi musik sama seperti ketika Anda belajar menggunakan instrumen musik. Kedua kegiatan tersebut dapat membantu Anda mencapai tujuan. Namun, hal yang membedakan antara terapi musik dan belajar musik adalah belajar musik bergantung pada alat musik yang ingin dimainkan pelajar dan fokus pada alat instrumen tersebut. Terapi musik membantu seseorang dengan memberikan wawasan lebih mendalam terkait dengan musik seperti jenis lagu yang dimainkan.
 
Kesimpulan
 
Pada prinsipnya, terapi musik sama seperti terapi lain dimana seseorang perlu mencurahkan hatinya melalui cara yang ditentukan oleh terapis. Aliran musik yang dilakukan pada terapi musik dapat membantu mengatasi masalah kejiwaan seseorang.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 03 Juni 20 - 13:38 WIB
Dalam Kategori : TERAPI MUSIK
Dibaca sebanyak : 103 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback