Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tengkuk Sakit? Yuk, Lakukan Latihan Peregangan Ini!

Tengkuk Sakit? Yuk, Lakukan Latihan Peregangan Ini!
 
 
Terkadang, tengkuk sakit bisa saja terjadi ketika Anda sedang sibuk-sibuknya bekerja. Wajar jika Anda mengalami tengkuk sakit atau sakit leher, ingin cepat-cepat menghilangkannya.
 
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan latihan peregangan leher. Apa saja sih latihan yang baik untuk atasi tengkuk sakit? Selain tahu jenis latihannya, Anda juga harus tahu apa yang tidak boleh dilakukan jika tengkuk sakit.
 
Kapan latihan peregangan sebaiknya dilakukan?
Anda dapat memulainya sesegera mungkin untuk mengurangi rasa kaku dan nyeri pada leher. Bahkan, terlalu lama beristirahat dapat membuat Anda kesulitan untuk bergerak lagi, terutama berolahraga.
 
Namun, jika tengkuk sakit cukup parah, maka tidak dianjurkan melakukan olahraga terlebih dahulu. Ini dikhawatirkan sakit leher Anda justru semakin parah dan menimbulkan cedera leher.
 
Jenis-jenis latihan peregangan leher.
Gerakan latihan ini penting dilakukan untuk mengatasi tengkuk sakit, terutama jika munculnya secara mendadak saat Anda sedang berkepentingan.
 
1. Neck Tilt.
Ambil posisi duduk, lalu miringkan kepala Anda ke bawah, sehingga dagu menyentuh dada. Tahan posisi ini selama 5 detik. Setelah itu, kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan sebanyak 5 kali.
 
2. Side to side neck tilt.
Ambil posisi duduk, lalu miringkan kepala ke arah salah satu bahu. Tahan gerakan selama 5 detik, kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan hal yang sama pada bahu satunya. Ulangi gerakan sebanyak 5 kali di setiap bahu.
 
3. Putar leher.
Pandangan lurus ke depan, lalu putar kepala ke arah kanan hingga dagu kembali sejajar dengan dada. Begitu pula untuk sisi kirinya. Ulangi gerakan sebanyak 5 kali di setiap sisi.
 
4. Peregangan leher.
Luruskan seluruh tubuh Anda, dorong dagu ke depan, dan regangkan tenggorokan Anda. Tahan posisi ini selama 5 detik. Kemudian, dorong dagu ke belakang dan tahan selama 5 detik. Lakukan peregangan maju dan mundur ini masing-masing arah sebanyak 5 kali.
 
5. Gerakan rotasi.
Ambil posisi berdiri atau duduk dengan punggung lurus dan kepala tepat di atas bahu. Kemudian, putar kepala Anda ke salah satu sisi bahu sejauh yang Anda bisa dan tahan sekitar 30 detik. Begitu pula dengan sisi satunya.
 
6. Putar bahu.
Ambil posisi berdiri, lalu angkat bahu lurus ke atas dan putar dalam satu arah. Lakukan gerakan ini dengan arah yang berlawanan. Ulangi selama 30 detik di setiap arah.
 
7. Latihan resistensi.
Anda bisa melakukannya sambil berdiri atau duduk. Letakkan tangan kiri di bagian atas kepala, lalu tahan kepala dengan lembut. Lakukan juga dengan tangan kanan. Lakukan selama 30 detik di setiap sisi.
 
8. Mengangkat kepala.
Ambil posisi baring di lantai dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata menyentuh lantai. Kemudian, angkat dan turunkan kepala. Pastikan bahu Anda tidak ikut terangkat. Lakukan gerakan kurang lebih 30 detik.
 
Harap diperhatikan, jika salah satu dari latihan ini menyebabkan nyeri hebat dan masalah pada tangan atau lengan Anda, segera hentikan latihan. Anda dapat menemui dan berkonsultasi dengan dokter Anda terkait cara aman mengatasi tengkuk sakit sesuai dengan kondisi tubuh Anda.
 
Kapan tengkuk sakit bisa sembuh?
Umumnya, sakit leher atau tengkuk sakit bukanlah suatu kondisi yang cukup serius. Rasa sakit atau nyeri yang timbul akibat cedera leher dapat mereda dalam waktu 2 minggu. Bahkan, untuk pemulihan penuh bisa membutuhkan waktu 4 – 6 minggu.
 
Begitu leher Anda sembuh dan kembali normal, maka Anda dapat melakukan aktivitas kembali seperti biasanya. Meskipun sudah sembuh, usahakan tidak berhenti melakukan olahraga ini, ya. Anda dianjurkan terus melakukan gerakan latihan peregangan leher setidaknya 6 – 8 minggu. Selain untuk mengatasi tengkuk sakit, latihan ini juga membantu mencegah sakit leher Anda kambuh.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 01 September 20 - 09:46 WIB
Dalam Kategori : TENGKUK SAKIT
Dibaca sebanyak : 89 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback