Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tak Perlu Cemas, Ini Pengobatan Kanker Saluran Empedu

Tak Perlu Cemas, Ini Pengobatan Kanker Saluran Empedu
Kanker saluran empedu merupakan kondisi kanker yang menyerang saluran empedu. Saluran empedu ini merupakan tabung yang menyalurkan cairan pencernaan dari kantong empedu ke usus kecil.
 
Apabila dideteksi dini, kondisi kanker ini bisa diobati. Pengobatan akan berfokus untuk meringankan gejala serta mencegah sel kanker bertumbuh semakin parah. 

Pengobatan untuk mengatasi kanker saluran empedu
Ada beberapa upaya pengobatan yang bisa dilakukan pada penderita kanker saluran empedu. Dokter akan menentukan jenis pengobatan yang paling cocok dengan Anda, berdasarkan lokasi pertumbuhan kanker serta jenis kanker Anda. Berikut ini beberapa jenis pengobatannya:
  • Terapi radiasi
Terapi radiasi umum dilakukan pada penderita kanker jenis apa pun. Kanker saluran empedu juga bisa diatasi dengan cara ini.
 
Pengobatan melalui terapi ini akan memanfaatkan sinar atau partikel berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Hal ini bisa menghentikan pertumbuhan kanker, sehingga gejala tidak semakin memburuk.

Terkadang, terapi ini juga dilakukan setelah operasi. Karena, ada beberapa sel kanker yang tidak bisa diangkat saat operasi, sehingga harus diatasi dengan terapi radiasi.
  • Operasi
Operasi merupakan prosedur umum untuk mengatasi kanker. Operasi menjadi satu-satunya opsi pengobatan yang memberikan peluang untuk sembuh sepenuhnya. 
 
Prosedur operasi dilakukan dengan mengangkat sel kanker dari saluran empedu Anda. Terkadang, apabila kanker tersebut sudah menyebar ke luar saluran dan mengenai hati Anda, sebagian atau seluruh organ hati mungkin harus diangkat.

Apabila seluruh organ hati diangkat, dokter akan menggantikan organ hati tersebut dengan transplantasi. 
  • Kemoterapi
Kemoterapi juga sangat umum dilakukan pada penderita kanker. Prosedur ini serupa dengan prosedur terapi radiasi.
 
Dokter akan menggunakan obat tertentu untuk membunuh sel kanker. Ini bisa dilakukan baik sebelum maupun sesudah operasi. Bila dilakukan setelah operasi, kemoterapi berfungsi untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa.
  • Drainase bilier
Prosedur ini dilakukan apabila saluran empedu Anda mengalami penyumbatan. Saat saluran empedu tersumbat, dokter akan melakukan bypass, memotong saluran tersebut kemudian memasangnya kembali di sisi lain saluran yang tersumbat.
 
Terkadang, prosedur ini juga bisa dilakukan dengan memasang atau memasukkan tabung yang disebut dengan stent. Stent akan dipasang ke dalam saluran, agar empedu bisa tetap mengalir dengan baik. 
  • Terapi fotodinamik
Terapi ini dilakukan dengan menggunakan obat tertentu. Dokter akan menyuntikkan obat yang tidak aktif ke pembuluh darah Anda. 
 
Penyuntikan obat dilakukan guna mengumpulkan sel kanker. Karena, obat pada umumnya cenderung mengumpulkan lebih banyak sel kanker dibandingkan dengan sel yang sehat. 
 
Setelah beberapa hari, dokter akan melakukan endoskopi untuk mengarahkan cahaya khusus ke area tumor. Paparan cahaya ini akan mengaktifkan obat, membunuh sel kanker di dalam saluran empedu Anda. 
  • Transplantasi hati
Transplantasi hati dilakukan apabila kondisi kanker saluran empedu yang Anda alami sudah sangat parah. Sel kanker sudah berkembang ke area yang lebih luas dan mempengaruhi sebagian besar fungsi hati Anda.
 
Prosedur transplantasi hati merupakan prosedur pengobatan kanker saluran empedu yang cenderung langka. Terkadang, ini juga bisa menyembuhkan pasien sepenuhnya dari kanker. Apabila Anda menerima pengobatan dengan cara ini, kemoterapi dan terapi radiasi mungkin juga akan dilakukan setelah melakukan transplantasi hati.
 
Segera kunjungi dokter bila Anda merasakan adanya gejala kanker saluran empedu. Semakin cepat kanker dideteksi, semakin besar peluang Anda untuk sembuh.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 19 Januari 21 - 10:34 WIB
Dalam Kategori : KANKER, BATU EMPEDU
Dibaca sebanyak : 287 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback