Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tahapan Umum dalam Pemeriksaan Jantung

Tahapan Umum dalam Pemeriksaan Jantung
Jantung adalah organ vital manusia. Kondisinya harus tetap prima agar mekanisme tubuh senantiasa terjaga. Salah satu upaya yang bisa dilakukan manusia untuk menjaga kondisi organ pemompa darah tersebut adalah melakukan pemeriksaan jantung.
 
Jika ingin dibagi berdasarkan fungsinya, sebenarnya pemeriksaan jantung memiliki dua peruntukkan. Pertama untuk melakukan monitoring kondisi, selanjutnya untuk mencari masalah yang mungkin terjadi di sana.
 
Banyak sekali “ancaman” kesehatan yang bisa membahayakan jantung, apalagi jika seseorang masuk ke dalam kelompok berisiko. Mulai dari “cacat” organ, seperti kebocoran, hingga lemah jantung yang berkaitan dengan kemampuan kerjanya. Belum lagi ancaman serangan jantung yang dapat merenggut nyawa seseorang sewaktu-waktu.
 
Oleh karenanya penting bagi seseorang untuk melakukan pemeriksaan jantung, baik sudah memiliki keluhan, maupun belum. Jika seseorang telah memiliki gejala nyeri dada atau riwayat ataupun faktor risiko terhadap gangguan jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi, pemeriksaan akan dimulai dengan konsultasi.
 
Konsultasi atau tanya-jawab sebelum masuk ke pemeriksaan fisik jantung tersebut dilakukan untuk mengetahui riwayat kesehatan Anda, termasuk seperti kadar kolesterol, tekanan darah, aktivitas sehari-hari, kebiasaan mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, dan riwayat penyakit dalam keluarga, seperti diabetes, kolesterol tinggi, serangan jantung, maupun gagal jantung.
Setelah itu, barulah pemeriksaan fisik akan dilakukan. Biasanya, tahapan umum yang dilakukan dokter dalam pemeriksaan jantung adalah:
  • Inspeksi
Banyak petunjuk untuk melihat kondisi jantung dengan pemeriksaan visual sederhana atau inspeksi. Pada tahapan pemeriksaan fisik jantung ini, dilakukan penilaian kondisi jantung antara lain dengan memerhatikan bentuk dan kondisi dada, pembuluh darah di bagian leher, serta ada tidaknya pembengkakan di tungkai atau di organ lain.
  • Palpasi
Palpasi merupakan pemeriksaan fisik jantung oleh dokter untuk menilai kinerja dan kondisi jantung, serta juga melihat bila ada kelainan yang mungkin ditimbulkan melalui perabaan detak jantung di permukaan dinding dada. Palpasi juga dapat dilakukan untuk menilai pembengkakan di tungkai, apakah akibat penumpukan cairan atau bukan.
  • Perkusi
Perkusi dalam pemeriksaan jantung dilakukan dengan cara mengetuk permukaan dada dengan jari tangan. Bunyi ketukan yang dihasilkan, akan digunakan sebagai indikator kondisi jantung dan organ di sekitarnya, terutama paru-paru.
  • Auskultasi
Auskultasi merupakan metode pemeriksaan di mana dokter mendengarkan bunyi jantung pasien. Auskultasi dilakukan dengan menggunakan stetoskop. Dokter kemudian akan menilai apakah bunyi jantung termasuk normal atau menandakan adanya kelainan dan gangguan pada jantung. Auskultasi juga dapat menilai perubahan pada suara napas di paru-paru, apabila terjadi penimbunan cairan akibat gangguan jantung.
 
Dari empat komponen pemeriksaan tersebut, dokter dapat menentukan hasil pemeriksaan apakah Anda memiliki tanda-tanda penyakit jantung atau tidak. Bila terdapat hasil yang mencurigakan pada pemeriksaan fisik jantung, maka biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan lanjutan.
***
Setelah petugas medis mendapatkan gambarang mengenai kondisi fisik jantung pasien, mereka akan melakukan pemeriksaan jantung lanjutan yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Pemeriksaan lanjutan ini dilakukan untuk mendapatkan diagnosis yang kuat. Biasanya, tahap pemeriksaan lanjutan telah menggunakan alat-alat medis fungsional.
 
Pemeriksaan jantung itu di antaranya, MRI atau CT scan; rontgen; EKG atau elektrokardiogram; atau ekokardiogram. Setelah dipetakan masalahnya secara pasti, tindakan medis akan disarankan oleh mereka.
 
Jika saat ini Anda belum merasakan keluhan terkait jantung Anda, bersyukurlah dan tetap berusaha untuk menjaganya. Namun, tidak ada salahnya sesekali mendatangi fasilitas medis untuk melakukan pemeriksaan jantung. Tak lain hal itu bisa membantu Anda mengerti betul mengenai kondisi kesehatan jantung Anda.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 18 Juni 20 - 12:10 WIB
Dalam Kategori : PEMERIKSAAN JANTUNG
Dibaca sebanyak : 174 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback