Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Singkirkan Negative Thinking Terhadap Pasangan dengan Cara Ini

Singkirkan Negative Thinking Terhadap Pasangan dengan Cara Ini
Biasanya orang yang terjebak cinta buta selalu memandang pasangannya adalah yang terbaik. Meskipun sudah disakiti secara fisik atau batin. Seolah orang tersebut kehilangan logikanya dan lebih mementingkan perasaannya. Cinta buta juga memiliki dampak buruk, yaitu Anda sering mengalami negative thinking.
 
Saat menjalin hubungan asmara, tidak sedikit orang yang berpikir negatif dan berlebihan terhadap hubungan yang mereka jalin. Beberapa orang akan sangat curiga terhadap pasangannya sendiri. Alhasil, hubungan yang ada akan terasa sangat membosankan, penuh kecurigaan, dan kecemburuan. Kalau sudah begitu, hubungan bisa kandas begitu saja.
 
Seseorang yang memiliki rasa cemburu berlebihan, posesif, curiga yang tidak beralasan kemungkinan terjebak cinta buta. Oleh karena itu, Anda perlu sadar ketika pasangan atau diri sendiri mengalami kondisi seperti ini. Ketika salah satu pihak terjebak cinta buta hubungannya tentu tidak akan baik karena tidak mampu berpikir secara logis. Semua keputusan yang diambil berdasarkan rasa emosi. Berikut penyebab Anda mengalami negative thinking terhadap pasangan Anda:
  • Media Sosial
Bagi Anda yang sedang menjalin hubungan, dan kalian melakukan saling tukar password media sosial. Maka Anda harus siap untuk mengetahui semua tentang pasangan Anda. Tetapi kebanyakan akan lebih sering makan hati atau cemburu setelah mengetahui isi dari media sosial pasangan Anda. 
Tak jarang ada pasangan yang memilih lebih baik memendam apa yang dirasakan dan kemudian mengakibatkan negative thinking. Rasa takut kehilangan pun akan muncul, apalagi jika pasangan Anda berinteraksi dengan lawan jenis. Anda takut jika pasangan Anda lebih nyaman dengan teman di media sosial tersebut. Berilah kepercayaan kepada pasangan. Kalaupun ada hal yang tidak membuatmu nyaman tentang media sosial pasangan, bicarakan secara baik-baik.
  • Hubungan Masa Lalu
Terkadang, Anda merasa bahwa hubungan yang buruk di masa lalu akan terulang lagi pada hubungan Anda yang sekarang. Jangan takut, seiringnya waktu ketika Anda berhubungan dengan pria yang berbeda-beda, pasti akan ada kesamaan yang akan kamu temukan di antara mereka. Jangan langsung berpikir hubungan yang dulu akan terulang lagi hanya karena pasangan memiliki beberapa kesamaan dengan mantan kekasih Anda.
  • Fokus pada Hal Buruk Pasangan
Anda terlalu fokus pada sisi negatif pasangan Anda dan melupakan sisi baiknya. Misalkan secara tiba–tiba pasangan Anda lama membalas chat atau telepon Anda, pasangan tiba-tiba tidak seperhatian seperti dulu. Seketika Anda langsung melupakan hal baik yang pernah pasangan Anda lakukan selama ini.
 
Anda berpikir mungkin pasangan Anda sudah bosan berhubungan dengan Anda atau sudah menemukan yang lebih baik. Anda akan terus dihantui perasaan tidak nyaman jika Anda memikirkan hal buruk yang dilakukan pasangan Anda. Mungkin pasangan Anda sedang ada kesibukan sehingga secara tak sengaja melakukan hal itu.
  • Mencoba Membaca Pikiran Pasangan 
Sepintar apapun Anda, tak mungkin Anda bisa membaca semua pikiran pasangan Anda. Jadi, jangan menebak-nebak, dan lebih banyaklah bertanya tentang apa yang dia pikirkan dan apa yang dia inginkan. Menebak–nebak pikiran pasangan bisa menyebabkan masalah jika apa yang Anda pikirkan ternyata berkebalikan dengan apa yang ada di pikiran pasangan.
  • Curiga Terhadap Pasangan
Kecurigaan terjadi ketika pasangan Anda menimbulkan sesuatu tanpa adanya bukti yang jelas. Misalkan, pasangan Anda terlambat pulang yang Anda pikiran langsung aneh–aneh. Bahkan Anda bisa berpikiran jika pasangan Anda selingkuh di belakang Anda. 
 
Tips-Tips Positif Thinking Terhadap Pasangan
  • Membuang Jauh-Jauh Rasa Curiga dan Cemburu
Cara membuang jauh-jauh perasaan curiga dan cemburu adalah dengan berkomunikasi secara terbuka. Jika merasa cemburu dan curiga, ungkapkanlah dengan cara yang baik dan hindari perkataan yang menuduh atau menyalahkan. Dengan mengetahui yang sebenarnya akan membuat berpikir lebih positif.
  • Berusaha Menjadi Seorang Pemaaf
Bukan hal gampang menjadi seorang pemaaf. Namun jika kita bisa melakukannya, kita akan terhindar dari perilaku negative thinking. Karena seseorang yang pandai dalam memaafkan orang lain akan bisa memaklumi banyak hal dan lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan.
  • Mengendalikan Pikiran
Selama akal kita masih sehat, pasti bisa memilih. Jangan sampai kamu terpengaruh dan berada di bawah kontrol pikiranmu sendiri. Sebisa mungkin, kamu harus mengendalikan pikiranmu dan arahkan ke hal-hal yang positif. Menjadi budak negative thinking akan membuatmu jadi kekanak-kanakan dan tidak dewasa, sulit berpikir jernih, dan sering mengambil keputusan yang salah.
  • Berusaha Menjadi Orang yang Toleran dan Berpikir Jauh ke Depan
Dalam berbagai kesempatan, seringkali pasangan kita tidak bisa menepati janjinya. Hal tersebut tidak harus ditanggapi terlalu serius dengan memikirkan hal-hal negatif. Bersabarlah dan tunggulah penjelasan dari pasangan untuk mengetahui alasan yang sebenarnya. Komunikasi dalam hal ini sangat penting. Dengan menjadi sese
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 28 Agustus 20 - 11:56 WIB
Dalam Kategori : NEGATIVE THINKING, KESEHATAN MENTAL
Dibaca sebanyak : 99 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback