Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Simak Bahaya Gluten bagi Penderita Sindrom Down

Simak Bahaya Gluten bagi Penderita Sindrom Down
 
World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat sekitar 8 juta penderita sindrom down di dunia. Sedangkan di Indonesia, sampai tahun 2018 jumlah penderita sindrom down pada banyi di bawah usia 2 tahun meningkat setiap tahunnya. Penyakit genetik bawaan sejak lahir ini biasanya disertai penyakit Celiac sehingga harus menghindari konsumsi gluten. Bahaya gluten untuk penderita sindrom down akan memperburuk kondisi kesehatan penderita.
Sindrom down dan bahaya gluten
Penderita sindrom down memiliki 47 kromosom, sementara lazimnya hanya memiliki 46 kromosom. Keunikan kromosom pada penderita sindrom down terjadi di kromosom ke-21 yang mempunyai 2 copy. Ciri-ciri fisik yang paling terlihat diantaranya tinggi badan relatif pendek jika dibandingkan anak-anak yang lain, kepala mengecil, hidung datar menyerupai orang mongoloid. 
Penderita sindrom down memiliki risiko tinggi mengalami penyakit Celiac. Penyakit ini merupakan kondisi autoimun dimana sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh jutsru menyerang sel-sel sehat di usus halus. Akibatnya, terjadi peradangan di usus halus dan treganggunya penyerapan zat gizi. Tanda dan gejala penderita sindrom down dengan penyakit Celiac yaitu gangguan pertumbuhan, anemia, diare berselang, dan konstipasi.
Jika dibiarkan terus menerus tanpa perawatan dan pengobatan yang tepat, penderita akan mengalami gangguan penyerapan di usus halus sehingga mengakibatkan anemia, osteoporosis, kelainan syaraf, dan malnutrisi yang berbahaya pada anak-anak. 
Diet yang harus dilakukan
Jenis diet gluten-free menjadi pilihan diet bagi penderita sindrom down dengan penyakit Celiac. Pada prinsipnya, hindrai produk makanan atau minuman yang mengandung gandum. Tepung terigu merupakan produk olahan gandum yang paling banyak digunakan di setiap bahan masakan. Mulai dari roti, kue, mi, pasta, oat, kriuk gorengan, dan lain-lain.
Saat ini beberapa produk telah disertai label gluten-free untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan diet. Ada banyak bahan makanan pokok yang bisa dijadikan pengganti gandum seperti jangung, sagu, beras, kentang, ubi. Bahan pangan tersebut telah banyak diolah menjadi tepung yang mampu mensubstitusi tepung terigu, produk olahan gandum yag banyak digunakan.
Beberepa produk lainnya yang harus diwaspadai mengandung gluten diantaranya bahan tambahan pangan seperti perasa malt, obat dan vitamin yang menggunakan gluten (sebagai zat pengikat), serta edible playdough.
Contoh resep
Makanan dengan bahan dasar tepung terigu ternyata tetap bisa diolah meskipun disubstitusi menggunakan bahan lain. Rasanya pun tidak akan jauh berbeda dan pastinya gluten-free.
Berikut ini merupakan cara membuat pancake pisang gluten free. Bahan-bahan yang harus disiapkan, diantaranya:
·      1 buah pisang
·      ½ cup butter kacang organik
·      2 butir telur
·      2 sendok makan madu
·      ¼ sendok teh garam
·      ¼ sendok teh baking soda
Langkah-langkah pembuatan:
1.    Siakan mangkuk berukuran sedang
2.    Hancurkan pisang menggunakan garpu
3.    Campurkan dengan bahan-bahan di atas
4.    Tambahkan minyak kelapa ke dalam wajan dan nyalakan api sedang
5.    Masukkan adonan pancake
6.    Adonan pancake mudah panas sehingga kecilkan api perlahan
7.    Pancakesiap disajikan
Apakah penderita sindrom down tanpa penyakit Celiac harus melakukan diet ?
Diet gluten-free hanya dianjurkan bagi penderita sindrom down dengan penyakit Celiac. Tidak ada keuntungan khusus diberlakukannya diet tersebut pada penderita sindrom down tanpa penyakit Celiac. Bahaya gluten hanya akan muncul apabila penderita mengalami autoimun penyakit Celiac yang menyerang vili atau jonjot usus halus sehingga mengakibatkan peradangan, serta penderita yang mempunyai sesnsitifitas gluten.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 03 Oktober 20 - 10:00 WIB
Dibaca sebanyak : 47 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback