Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Simak 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Simak 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan
Sensasi segar dan rasa yang manis membuat buah naga langsung digandrungi setelah mencuat ke permukan. Buah yang memiliki bentuk unik ini pun memiliki berbagai kandungan yang amat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat buah naga yakni menjaga dan meningkatan kecantikan.
Dalam setiap 170 gram buah naga terkandung nutrisi yang amat kaya, di sana terdapat—dan tidak terbatas pada—2 gram protein, 102 gram kalori, 22 gram karbohidrat, 5 gram serat, dan 13 gram gula alami. Adapun kandungan yang berkhasiat untuk kecantikan adalah vitamin A dan C, flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, ada beragam nutrisi lain yang amat bagus untuk kesehatan.
Berikut ini 10 manfaat buah naga untuk kecantikan yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber:
  1. Melindungi dari Radikal Bebas
Buah naga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi dari radikal bebas.  Warna merah pada buah naga merah merupakan kandungan fitokimia, yakni zat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas, seperti polusi dan debu yang ada di sekitar lingkungan. Zat antioksidan ini juga berfungsi untuk membangun dan meningkatkan pertahanan sel kulit untuk selalu kuat dan sehat.
  1. Menutrisi Kulit
Buah naga dikenal akan kandungan vitamin C, B3, dan E. Kombinasi vitamin tersebut sangat berkhasiat untuk kulit wajah dan tubuh Anda. Baik dari dalam maupun luar, buah naga bermanfaat untuk membuat kulit menjadi sehat dan mulus, lho!
  1. Membantu Atasi Jerawat
Kandungan antioksidan yang kaya, ditambah vitamin C mampu membantu mengatasi jerawat membandel pada wajah. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda dapat menjadikan buah naga sebagai masker wajah. Oleskan di area wajah yang mengalami jerawat, diamkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali seminggu agar kulit bebas dari jerawat.
  1. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit
Anda bisa memanfaatkan khasiat buah naga merah untuk menjaga kelembapan kulit. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E, dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, buah naga merah juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat di dalam buah naga merah dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut. Anda bisa menggunakannya dengan cara menjadikan buah naga sebagai masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh.
  1. Mencegah Penuaan Dini
Sperti yang disebutkan sebelumnya, selain vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan vitamin E. Vitamin E dikenal sebagai kandungan yang dapat membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Caranya, bisa dengan mengonsumsi buah naga atau menjadikannya sebagai masker.
  1. Mencerahkan Kulit
Kandungan vitamin B3 dalam buah naga juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah. Konsumsi dan pakailah masker atau lulur buah naga secara rutin agar membuat wajah dan kulit Anda menjadi lebih cerah.
  1. Menghidrasi Kulit
Memiliki kadar air tinggi hingga 90%, membuat buah naga menjadi salah satu dari berbagai jenis buah-buahan yang berkhasiat menghidrasi kulit. Dengan rutin mengonsumsinya, kulit wajah dan tubuh Anda yang cenderung kering akan kembali lembap dan terhidrasi dengan baik.
  1. Membantu Regenerasi Kulit
Regenerasi kulit adalah proses pergantian sel kulit yang telah mati menjadi sel kulit baru. Dengan rutin memakai masker buah naga dapat membantu regenerasi alias peremajaan kulit. Wajah Anda akan tampak lebih segar dan sehat.
  1. Melindungi Kulit
Buah naga dapat diolah menjadi body lotion alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Caranya, ambil sari buah naga untuk dioleskan ke kulit sebelum keluar rumah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan. Kulit Anda pun siap menghadapi sinar UV berkat khasiat alami buah naga.
  1. Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari
Selain berfungsi sebagai pelindung, buah naga juga bisa mengobati luka bakar akibat sinar matahari pada kulit. Kombinasi vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya mampu meredakan inflamasi. Caranya dengan mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk diolah menjadi krim kental. Oleskan krim buah naga alami tersebut di atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas.
***
Begitu banyaknya manfaat buah naga untuk kecantikan wajah Anda. Oleh karena itu, buah naga bisa menjadi alternatif alami agar kulit Anda tetap terjaga. Akan tetapi, meski banyak memiliki manfaat, buah naga sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan. Pasalnya, konon buah ini juga memiliki beragam efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 07 Februari 20 - 13:32 WIB
Dalam Kategori : BUAH DAN SAYURAN, BUAH NAGA, TIPS KECANTIKAN
Dibaca sebanyak : 225 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback