Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Siapa Sangka Manfaat Daun Lobak bagi Kesehatan Kulit?

Siapa Sangka Manfaat Daun Lobak bagi Kesehatan Kulit?

 

Tak hanya umbi atau dagingnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata daun lobak juga memiliki manfaat yang tak kalah penting. Manfaat daun lobak sendiri yaitu dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut, yang mana kandungan vitamin A-nya memiliki peranan penting untuk pertumbuhan jaringan kulit dan rambut. Selain itu, daun lobak juga mengandung vitamin C. Di mana, vitamin C pada daun lobak dapat membantu membangun dan memelihara kolagen yang mendukung kekencangan kulit.

Kandungan vitamin C pada daun lobak tidak bisa dibandingkan dengan banyak sayuran lainnya.  Secangkir daun ini hampir cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian seseorang. Nutrisi ini memiliki andil utama sebagai sintesis kolagen, yang pada dasarnya merupakan basis untuk memberikan elastisitas pada kulit seseorang dan menjaganya tetap sehat dan bercahaya.

Setelah mengetahui kandungan pada daun lobak yang sangat bagus untuk kulit, berikut uraian manfaat daun lobak untuk kulit:

  • Memperbaiki jaringan sel kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit, zat antioksidan sangatlah dibutuhkan. Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta toxin yang terdapat dalam makanan merupakan musuh utama kesehatan kulit. Sementara vitamin C yang terkandung pada daun lobak berfungsi sebagai zat yang dapat menangkal radikal bebas tersebut.

Radikal bebas terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet. Kondisi ini terjadi ketika oksigen berinteraksi dengan beberapa molekul di dalam kulit. Molekul ini kemudian masuk ke tubuh dan bereaksi dengan DNA hingga mengakibatkan kerusakan sel. Oleh karena itu, mengonsumsi daun lobak yang mengandung vitamin C bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan.

  • Mencegah penuaan dini

Selain mempu memperbaiki jaringan sel kulit, vitamin C dalam daun lobak juga membantu menghambat sel–sel yang menua sehingga mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, vitamin C sendiri menjadi populer di kalangan wanita untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Vitamin C akan membantu tubuh memproduksi kolagen atau protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan, hingga mencerahkan warna kulit. 

  • Merawat kulit dari kerusakan sinar matahari

Vitamin C termasuk salah satu antioksidan kuat yang dapat digunakan secara langsung di kulit wajah. Tujuannya adalah untuk merawat dan mengatasi masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena antioksidan di dalam vitamin C bisa melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit.

  • Menurunkan risiko kanker kulit

Manfaat daun lobak untuk kulit selanjutnya adalah menurunkan risiko kanker kulit. Semakin tua usia seseorang, maka kulitnya akan semakin rentan mengalami kerusakan. Jika terdapat faktor risiko lain, seperti sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang, maka kerusakan kulit tersebut bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Telah diketahui bahwa efek antioksidan dan antiradang pada vitamin C amat baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kandungan vitamin C, vitamin B, fosfor, dan zinc pada daun lobak bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, agar kulit menjadi lembab dan sehat. Efek ini juga diduga turut berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit.

***

Manfaat daun lobak yang kaya akan kandungan vitamin C amat bagus bagi kesehatan kulit. Menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh tak kalah penting dari proses perawatan dari luar. Oleh karena itu, seseorang bisa mendapatkan manfaat itu dengan cara mengonsumsi daun lobak. Anda bisa mengolah daun lobak menjadi makanan yang lezat. 


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 21 Desember 20 - 12:22 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT DAUN LOBAK
Dibaca sebanyak : 219 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback