Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Seperti Apakah Proses Operasi Jantung Bocor?

Seperti Apakah Proses Operasi Jantung Bocor?
Jantung bocor adalah kondisi saat katup pada jantung gagal menjalankan fungsinya dengan baik. Pada kondisi ini, salah satu upaya pengobatan yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan operasi jantung bocor.
Dalam kondisi normal, katup pada jantung akan membuka dan menutup untuk memungkinkan arus darah mengalir masuk atau pun keluar dari jantung. Saat katup tidak bisa membuka atau menutup secara maksimal, jantung mungkin akan mengalami kebocoran sehingga aliran darah menjadi terhambat. Operasi jantung bocor akan dilakukan guna mengatasi kelainan tersebut.
Proses operasi jantung bocor
Operasi jantung bocor akan dilaksanakan oleh dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular. Sebelum memulai operasi, Anda akan dibius dengan anestesi terlebih dahulu. Tubuh Anda akan dihubungkan dengan mesin yang memungkinkan darah dalam tubuh tetap mengalir sepanjang operasi.
Terdapat dua metode operasi yang mungkin dilakukan, yaitu operasi dengan teknik konvensional atau dengan teknik minimal invasif. Teknik konvensional dilakukan dengan pembedahan di area dada melalui tulang dada, membuat sayatan besar dari area leher sampai ke pusar.
Sementara, pada teknik minimal invasif, sayatan yang dibuat akan lebih kecil. Dari sayatan tersebut, akan dimasukkan alat berupa teleskop panjang ke dalam rongga dada. Operasi dengan metode ini akan memakan waktu yang lebih singkat pada masa pemulihan serta memiliki resiko infeksi yang rendah.
Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukan operasi jantung bocor dengan teknik minimal invasif. Saat berkonsultasi, dokter akan menentukan upaya operasi yang paling tepat bagi pasien.
Secara garis besar, selama operasi berlangsung, dokter akan:
  • Membuka area dada melalui operasi untuk memperbaiki atau mengganti katup yang bermasalah
  • Membuat sayatan kecil di area dada untuk memasukkan alat yang bisa mencapai area di dalam rongga dada sepenuhnya
  • Menggunakan mesin khusus untuk menghubungkan jantung dan paru-paru agar darah tetap bisa mengalir dengan baik sepanjang operasi berlangsung
Pemulihan setelah operasi jantung bocor
Waktu pemulihan bagi setiap pasien setelah menjalani operasi berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kondisi kesahatan pasien secara keseluruhan serta teknik operasi yang dijalankan.
Pascaoperasi, pasien akan dirawat di ruang intensive care unit (ICU) selama satu sampai dua hari. Selama itu, Anda akan diberikan cairan dan obat-obatan melalui infus dan menggunakan tabung khusus untuk menampung cairan urin dan darah.
Setelah itu, umumnya pasien akan melanjutkan proses rawat inap di rumah sakit kurang lebih lima hingga tujuh hari setelah operasi jantung bocor selesai. Apabila operasi Anda menggunakan teknik minimal invasif, Anda mungkin memiliki peluang untuk bisa pulang lebih cepat.
Saat Anda sudah diperbolehkan untuk pulang, dokter mungkin akan meresepkan sejumlah obat yang harus dikonsumsi pascaoperasi, salah satunya obat pereda nyeri. Selain itu, dokter harus terus memonitor kondisi tekanan darah, pernapasan, dan fungsi jantung Anda. Hal tersebut diwujudkan melalui kontrol atau konsultasi secara berkala.
Pasien baru akan benar-benar pulih setelah beberapa minggu atau bulan, tergantung pada tingkat penyembuhan dan jenis operasi yang dilakukan.
Setelah operasi, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan luka sayatan hasil bedah. Bila tidak disterilkan secara berkala, luka tersebut dapat memicu infeksi. Biasanya, infeksi luka hasil pembedahan akan menimbulkan gejala berupa:
  • Demam
  • Panas dingin
  • Pembengkakan pada area sayatan
  • Munculnya cairan berjumlah banyak pada bekas luka sayatan
Selama beberapa bulan setelah operasi jantung bocor, Anda mungkin harus terus menjaga serta memperhatikan kondisi diri, disertai dengan pemeriksaan rutin dengan dokter. Pastikan untuk meminta pertolongan dari orang-orang terdekat untuk menjaga kondisi tetap stabil selama masa pemulihan.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 02 Juli 20 - 14:14 WIB
Dibaca sebanyak : 53 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback