Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Senam Tai Chi

Senam Tai Chi

Senam tai chi adalah salah satu aktivitas yang dapat membantu Anda untuk menenangkan diri. Senam tai chi mulanya merupakan olahraga bela diri. Tidak hanya itu, senam tai chi juga dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan di dalam pikiran, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan manusia.


Apa Yang Dimaksud Dengan Tai Chi?


Senam tai chi diadaptasi dari Tiongkok. Senam tai chi melibatkan rangkaian gerakan yang perlu dilakukan secara perlahan dan membutuhkan konsentrasi penuh, dan disertai dengan teknik bernafas dalam. Senam tai chi dapat membuat seseorang merasa tenang dengan melakukan gerakan lembut yang terus mengalir.


Senam tai chi juga disebut sebagai tai chi chuan dimana jenis olahraga tersebut merupakan jenis olahraga nonkompetitif dan melibatkan latihan fisik individual dan peregangan. Orang-orang yang melakukan senam tai chi perlu melakukan berbagai gerakan yang diiringi dengan aliran lembut tanpa jeda supaya tubuh mereka terus bergerak.


Senam tai chi merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk semua kalangan. Setiap orang dapat mencoba gerakan tai chi, baik untuk menjaga kesehatan maupun seni bela diri. Senam tai chi sebenarnya juga berbeda dari yoga. Yoga memerlukan jeda dalam pergerakan, sementara orang-orang yang melakukan tai chi harus terus bergerak. Meskipun demikian, tai chi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.


Apa Saja Manfaat Tai Chi?


Ada banyak manfaat yang diperoleh jika manusia melakukan senam tai chi. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki suasana hati.

  • Mengurangi tekanan atau stres, gangguan kecemasan, serta depresi.

  • Meningkatkan energi.

  • Mengurangi berat badan.

  • Meningkatkan kemampuan untuk bernafas.

  • Membantu meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan pada tubuh manusia.

  • Meningkatkan kekuatan otot.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Memperbaiki pola tidur.

  • Membantu mengurangi tekanan darah.

  • Mengatasi masalah yang berkaitan dengan persendian.

Aliran-Aliran Tai Chi Yang Dapat Dilakukan


Tidak hanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh, senam tai chi juga meliputi berbagai aliran yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah aliran-aliran yang dapat Anda coba:

  • Aliran Yang Tai Chi

Aliran Yang Tai Chi adalah aliran yang dilakukan oleh pemula dimana aliran tersebut berfokus pada gerakan perlahan yang anggun, serta memberikan relaksasi pada diri mereka sendiri.

  • Aliran Wu Tai Chi

Aliran Wu Tai Chi adalah aliran yang dilakukan yang meliputi gerakan mikro dimana gerakan tersebut perlu dilakukan dengan sangat perlahan.

  • Aliran Chen Tai Chi

Aliran Chen Tai Chi adalah aliran tai chi yang meliputi cepat atau lambatnya pergerakan.

  • Aliran Sun Tai Chi

Aliran Sun Tai Chi sama seperti aliran Chen Tai Chi dimana aliran tersebut juga meliputi gerakan berjongkok, membungkuk, memukul, dan menendang, namun lebih ringan dari aliran Chen Tai Chi.

  • Aliran Hao Tai Chi

Aliran Hao Tai Chi adalah aliran yang melibatkan ketepatan pada gerakan dan tenaga dalam.


Cara Melakukan Senam Tai Chi


Jika Anda ingin mencoba senam tai chi, Anda bisa memulainya. Tai chi juga merupakan salah satu aktivitas yang minim risiko. Meskipun demikian, ketika Anda pertama kali mencoba aktivitas ini, Anda mungkin akan merasa pegal. Salahnya pergerakan juga dapat membuat Anda cedera.


Anda perlu melakukan senam tai chi sesuai instruksi. Anda dapat mengikuti gerakan tai chi baik dari instruktur secara langsung maupun secara online. Teknik yang diberikan saat melakukan senam tai chi berfokus pada postur tubuh dan gerakan yang akurat. Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk melakukan senam untuk menjaga kesehatan baik secara fisik maupun secara mental.

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 14 Mei 20 - 13:52 WIB
Dalam Kategori : SENAM TAI CHI
Dibaca sebanyak : 31 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback