Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Senam Stroke

Senam Stroke

 


Jika penderita mengalami stroke, tentunya mereka perlu melewati berbagai hal supaya dapat memperbaiki kondisi mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembalikan kemampuan motorik mereka. Meskipun penderita perlu melalui banyak hal untuk memperbaiki kondisi yang dialami, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan termasuk aktivitas fisik seperti senam stroke.


Mengapa Perlu Melakukan Aktivitas Fisik?


Penderita stroke bisa mengalami penurunan pada kemampuan gerak. Kondisi seperti ini bisa terjadi baik di bagian tangan maupun kaki. Kondisi tersebut juga membuat mereka sulit untuk melakukan aktivitas seperti menggenggam barang.


Jika Anda, teman, atau anggota keluarga yang mengalami stroke dan telah mempengaruhi kondisi tubuh, maka perlu penanganan khusus seperti senam stroke.


Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan jika ingin memulihkan kondisi (setelah mengalami stroke) adalah aktivitas fisik seperti senam. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang segera melakukan rehabilitasi stroke (seperti aktivitas fisik), kemampuan motoriknya akan kembali, meskipun kondisinya bisa tidak sesuai dengan kondisi seperti semula.


Tidak hanya itu, durasi rehabilitasi stroke juga ditentukan oleh kondisi pasien. Rehabilitasi stroke bisa dimulai paling cepat pada sekitar 24 sampai 48 jam setelah penderita mengalami stroke.


Manfaat Aktivitas Fisik


Rehabilitasi stroke seperti aktivitas fisik sangat perlu dilakukan pasien. Penanganan seperti ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan kemampuan gerak

Jika melakukan rehabilitasi stroke, maka manfaat yang diperoleh penderita adalah meningkatkan kemampuan gerak. Aktivitas fisik mampu meningkatkan kemampuan gerak tangan, kaki, dan jantung mereka.

  • Mengurangi risiko kembali stroke

Manfaat lain jika pasien menjalani rehabilitasi stroke adalah mengurangi risiko kembali stroke. Pasien yang mengikuti senam stroke mampu mengurangi kekakuan otot sehingga dapat mencegah diri dari risiko stroke yang mungkin bisa kembali lagi.

  • Mengurangi risiko komplikasi stroke

Manfaat lain jika pasien mengikuti rehabilitasi adalah mengurangi risiko komplikasi stroke seperti osteoporosis dan gangguan peredaran darah pada tubuh mereka.

  • Mengurangi risiko depresi

Rehabilitasi stroke diperlukan, karena dapat mengurangi risiko depresi pasien. Pasien perlu melakukan aktivitas fisik agar terhindar dari risiko seperti ini.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif dan memori

Rehabilitasi stroke juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memori pasien, caranya dengan melakukan latihan fisik (termasuk senam stroke). Pasien yang secara rutin mengikuti aktivitas seperti ini akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik di masa depan.


Proses Pemulihan


Durasi latihan fisik stroke, termasuk senam stroke, bervariasi. Sebagian pasien membutuhkan waktu yang singkat, namun sebagian pasien membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjalani prosedur pemulihan seperti ini. Proses pemulihan mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan, namun sebagian pasien memerlukan waktu sekitar satu tahun. Oleh karena itu, pasien dihimbau untuk bersabar selama melakukan masa rehabilitasi.


Jenis Senam Stroke


Jika pasien ingin menjalani senam stroke sebagai cara untuk memulihkan diri, mereka bisa mengikutinya. Senam stroke terdiri dari 3 jenis kegiatan, antara lain:

  1. Latihan peregangan

Latihan peregangan adalah langkah pertama yang perlu dilakukan pasien. Stroke dapat membuat otot-otot pasien kaku. Tidak hanya itu, langkah ini juga membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi pasien.

  1. Latihan aerobik

Latihan aerobik adalah latihan yang dapat membantu ketahanan dan kemampuan berjalan pasien. Cara yang dapat dilakukan pasien adalah melakukan latihan kardio. Jika pasien melakukannya secara rutin, maka mereka bisa berjalan lebih jauh dan lama.

  1. Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan otot adalah latihan yang dapat melenturkan otot pasien. Cara untuk melenturkan otot pasien adalah menaruh beban ringan pada tangan atau kaki pasien. Setelah itu, pasien perlu beban tersebut.


Kesimpulan


Senam stroke merupakan salah satu cara yang ideal jika pasien ingin memulihkan diri. Pasien juga perlu menjalani prosedur seperti ini secara rutin agar dapat kembali beraktivitas seperti semula. Untuk informasi lebih lanjut tentang senam stroke atau hal-hal yang berkaitan dengan stroke, Anda bisa tanyakan informasi tersebut ke dokter.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 28 Juli 20 - 11:43 WIB
Dalam Kategori : SENAM STROKE
Dibaca sebanyak : 38 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback