Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Semuayang Perlu DiketahuiTerkait Metode Laser Tattoo

Semuayang Perlu DiketahuiTerkait Metode Laser Tattoo
Tato permanen tidak akan hilang dari tubuh seseorang, kecuali dia berusaha untuk menghapusnya. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan tato permanen, tetapi hanya beberapa metode yang terbukti aman dan efektif.Salah satunya adalah metode laser tatto.
Metode menghilangkan tato dengan laser cenderung lebih aman daripada metode lainnya, seperti operasi, penggunaan bahan kimia, dermabrasi, atau salabrasi.Teknik penghapusan tato menggunakan laser bertujuan untuk memecah pigmen warna yang ada pada tato menggunakan sinar berintensitas tinggi.
Sampai saat ini metode laser tattoodikenal sebagai cara yang paling ampuh dan efektif. Namun,ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal metode menghilangkan tato dengan laser, seperti:
Tidak semua tato akan hilang. Ekspektasi Anda jangan keburu terlalu tinggi saat akan menghilangkan tato. Nyatanya, tak semuatatodapat hilang dengan laser. Sebagian tato bahkan hanya bisa memudar.
Lebih tua lebih baik. Kalau Anda berpikir bahwa tato baru lebih mudah hilang, Anda salah besar! Tato yang lebih tua ternyata memudar lebih mudah dengan perawatan laser daripada yang baru.
Tergantung tato ditempatkan di mana. Pudar atau tidaknya tato ternyata tergantung lokasinya. Laser tattoo akan bekerja dengan maksimal apabila dilakukan di kulit pada bagianlengan atau kaki.
Warna berbeda, laser berbeda. Tidak ada laser tunggal yang dapat menghapus semua warna tato. Pewarna yang berbeda merespons panjang gelombang cahaya yang berbeda. Hitam dan hijau tua adalah warna yang paling mudah untuk dihilangkan. Adapun pewarna kuning, ungu, pirus, dan fluoresen paling sulit untuk pudar.
Kulit Anda bisa berubah. Tato sendiri dapat melukai atau mengubah tekstur kulit. Jika penghapusan menggunakan laser meninggalkan “jejak” di permukaan kulit, bekas itu bisa menetap seumur hidup.
  • Apayang Harus Dihindari Setelah Melakukan Laser Tattoo?
Beberapa hal berikut inimesti dihindari untuk memaksimalkan hasil dari prosedur laser tattoo yang baru saja dilakukan:
  • Terkena Air
Setidaknya selama 3 sampai 7 harijangan biarkanarea yang dilaserterkena banyak air, kecuali air yang digunakan untuk mengompres. Hal ini dikahwatirkan akan mengurangi efektivitas penyembuhannya.
  • Membiarkan Bekas Luka Terbuka
Luka bekas apapun jika dibiarkan terbuka akan membahayakan. Debu, kotoran,dan bakteri yang masuk akan memperparah luka, sehingga membuatnya rentan infeksi. Untuk itu, gunakan plester selama massa pemulihan dan tunggu hingga bekas tato benar-benar mengering.
  • Menggunakan Lotion Pelembab
Anda tidak diperbolehkan menggunakan lotion selama kurang lebih 7 hari setelah tindakan dilakukan. Hal ini karena bekas luka hasil penghapusan tato masih sangat sensitif dan rentan terhadapsesuatu. Selain itu menghindari penggunaaan lotion juga akan membuat bekas luka bisa cepat mengering.
  • Terpapar Sinar MatahariLangsung
Hal ini juga patut dihindari. Sinar matahari mengandung banyak UV dan radiasi yang sangat berbahaya bagi kulit yang baru mendapat tindakan laser tattoo. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengoleskan tabir surya jika ingin bepergian keluar rumah.
  • Menggaruk
Tahap pengeringan luka bekas penghapusan tato, biasanya memberikan efek gatal, sehingga terkadang Anda ingin sekali menggaruk area bekas laser. Hindari hal ini, karena jika menggaruk bekas laser yang masih sensitif, dikhawatirkan bakteri yang ada di tangan bisa menginfeksi luka dan membuatnya jadi semakin parah.
  • Olahraga Terlalu Berat
 
Jika bekas luka belum mengering dengan sempurna, ataupun luka yang kering belum mengelupas dengan baik, sebisa mungkin jangan melakukan olahraga ataupun pekerjaan yang terlalu berat. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya peradangan atau infeksi di bagian bekas luka.
  • Tidak Mengikuti Saran Dokter
Anda akan diberikan obat pereda rasa nyeri serta antibiotik agar menghindari luka bekas penghapusan tato dari berbagai infeksi bakteri. Untuk itu, ikuti sesuai anjuran agar luka bisa segera pulih dan mengering.
***
Setelah Anda melakukan laser tatto, sebaiknya rawat area tato yang dihilangkan agar tidak terjadi iritasi. Oleskan obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter pada luka, dan kemudian tutup dengan perban untuk memberikan perlindungan. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya pada kulit bekas tato apabila Anda beraktivitas di bawah matahari atau di luar rumah.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 04 November 20 - 17:08 WIB
Dibaca sebanyak : 58 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback