Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Selain Obat Penyubur Sperma, Vitamin Ini Juga Penting!

Selain Obat Penyubur Sperma, Vitamin Ini Juga Penting!

 

Obat penyubur sperma kerap digunakan untuk mengatasi masalah kesuburan atau infertilitas pada pria. Namun, obat-obatan tersebut sebaiknya tidak digunakan sembarangan, karena memiliki manfaat dan efek samping tersendiri. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk lebih hati-hati dalam memilih obat kesuburan pria.

Masalah kesuburan kerap menjadi salah satu penyebab utama suatu pasangan tidak kunjung mendapat keturunan meski sudah lebih dari 12 bulan mengikuti program hamil dan berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi. Maka dari itu, banyak yang menggunakan obat penyubur sperma sebagai salah satu usaha menjaga kesuburan. Meski begitu, tidak bisa hanya mengandalkan obat penyubur sperma saja. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini guna menjaga kesuburan sperma.

Vitamin C

Salah satu kandungan yang penting jika Anda ingin menggunakan vitamin penyubur sperma adalah vitamin C. Vitamin ini mengandung antioksidan sehingga dapat membantu Anda mengurangi dampak buruk dari stres oksidatif yang mungkin terjadi. Stres oksidatif terjadi saat kadar reactive oxygen species (ROS) sudah mengkhawatirkan di dalam tubuh. Kadar ini bisa meningkat saat antioksidan yang terdapat di dalam tubuh terpengaruh oleh penyakit, usia, atau gaya hidup yang tidak sehat, dan polusi. Terdapat banyak makanan alami maupun suplemen yang bisa kamu konsumsi. Beberapa makanan yang disarankan mengandung vitamin C.


- Jeruk

- Apel

- Stroberi

- Brokoli

- Beragam sayuran hijau


Vitamin D

Vitamin D juga menjadi komponen nutrisi yang penting dalam obat penyubur sperma. Kandungan vitamin D dapat membantu meningkatkan kadar testosteron di dalam tubuh. Akibatnya, pria yang kekurangan kadar vitamin D di dalam tubuh cenderung memiliki kadar hormon testosteron yang rendah. Selain dapat meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh, mengonsumsi vitamin D juga bisa meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma.  Tidak hanya dari obat kesuburan pria, Anda dapat menemukan vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.


- Keju

- Yogurt 

- Kuning telur

- Jamur

- Hati sapi

- Ikan salmon, makarel, dan tuna

- Susu yang telah difortifikasi

- Produk olahan susu


Asam folat

Tidak hanya ibu hamil, pria pun membutuhkan asupan asam folat untuk kualitas sperma yang lebih baik. Faktanya setiap detik, sebanyak 1.500 sel sperma baru dibentuk. Proses dari sel induk germline ke sel sperma membutuhkan waktu sekitar 60 hari. Folat adalah nutrisi penting dalam hal pembelahan sel dan sintesis DNA ini. Selain itu, kadar folat yang tercatat dalam sperma telah dikaitkan dengan jumlah sperma dan kualitasnya. Salah satu studi menemukan bahwa kadar folat yang rendah dikaitkan dengan stabilitas DNA sperma yang buruk. Beberapa pangan yang disarankan untuk mendapatkan asam folat.


- Tomat

- Jeruk

- Alpukat

- Kacang merah

- Sereal


Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan sperma secara keseluruhan. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa vitamin B12 dapat meningkatkan pergerakan dan jumlah sperma, serta mengurangi kerusakan sperma. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari obat penyubur sperma atau makanan sehari-hari.


- Telur

- Susu

- Sereal yang sudah terfortifikasi

- Ikan dan hidangan laut, terutama tiram atau kerrang

- Daging merah dan daging putih, terutama hati


Vitamin E

Vitamin untuk kesuburan pria lainnya yang direkomendasikan adalah vitamin E. Seperti vitamin C, vitamin E juga memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Penelitian baru yang diterbitkan di Cleveland Clinic’s Urology News menunjukkan bahwa jumlah radikal bebas bisa menjadi salah satu faktor dari infertilitas pada beberapa pria. Vitamin E dalam hal ini diketahui memiliki peran penting untuk menetralkan radikal bebas tersebut. Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin E dari beberapa buah dan sayur berikut ini.


- Bayam

- Lobak hijau

- Minyak biji gandum

- Kacang hazelnut

- Alpukat

Itulah beberapa vitamin yang dapat membantu untuk menjaga kesuburan kualitas sperma selain obat penyubur sperma. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dengan mengonsumi makanan – makanan yang sudah disebutkan diatas. Tetapi jika memang kondisinya Anda memerlukan obat penyubur sperma, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jangan sampai sembarangan mengonsumsi obat penyubur sperma secara sembarangan.


Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 25 Maret 21 - 11:47 WIB
Dalam Kategori : OBAT PENYUBUR SPERMA
Dibaca sebanyak : 40 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback