Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Selain Manfaat Kulit Mangga, Fakta Ini Jangan Terlewat

Selain Manfaat Kulit Mangga, Fakta Ini Jangan Terlewat
Kulit mangga kini tidak kalah populer dengan daging mangga yang terkenal memiliki rasa manis yang lezat. Popularitasnya mendadak meningkatkan karena bagian terluar dari buah tropis ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Beragam produk kecantikan pun mulai banyak yang menggunakan ekstrak kulit mangga sebagai bagian dari komposisinya.
 
Manfaat kulit mangga tidak berhenti sampai pada masalah kecantikan. Untuk urusan kesehatan tubuh, kulit mangga juga digadang-gadang memiliki aneka khasiat yang tidak bisa dipandang remeh. Contohnya, kulit buah tropis ini dipercaya mampu melancarkan darah dan sistem pencernaan sampai menangkal potensi kanker.
 
Namun tentunya, bukan hanya manfaat yang perlu Anda ketahui mengenai kulit mangga. Beragam fakta di bawah ini juga harus Anda pahami guna bisa mengenal lebih dalam kulit dari buah berdaging oranye ini.
 
  • Serat Terbanyak
Mangga disebut-sebut sebagai buah yang mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Nyatanya, banyaknya serat pada mangga paling dominan berada di kulitnya. Serat pada kulit mangga bisa mencapai lebih dari 70 persen dari total serat pada buah ini secara keseluruhan. Dalam artian, serat pada daging buah mangga tidak sampai setengah dari jumlah serat yang ada pada kulit buah mangga.
  • Dapat Dikonsumsi
Mungkin Anda bingung bagaimana cara untuk bisa mengonsumsi kulit mangga? Manfaat kulit mangga lebih terkena untuk kulit dan kecantikan karena penggunaannya lebih cenderung menjadi masker atau ekstrak untuk produk perawatan wajah. Padahal selain itu, kulit mangga juga bisa dikonsumsi. Anda bisa merebus kulit mangga kemudian menyaring airnya untuk diminum. Anda bahkan bisa langsung menyantap kulit mangga secara mentah layaknya seperti memakan kulit apel ataupun pir.
  • Risiko Alergi
Salah satu penyebab kulit mangga tidak terlalu populer untuk dikonsumsi adalah adanya zat urushiol yang terkandung di dalamnya. Zat organik ini kerap memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Alergi yang ditimbulkan oleh urushiol tidak sekadar rasa gatal pada kulit, melainkan juga dapat menimbulkan bengkak dan ruam yang sulit diatasi.
  • Ancaman Pestisida
Mangga termasuk buah yang dalam proses penanamannya banyak mendapat asupan pestisida. Kulit menjadi bagian buah ini yang paling banyak terpapar zat kimia tersebut. Karena itu ketika hendak mengonsumsi kulit mangga, pastikan Anda mencucinya dengan bersih terlebih dahulu guna menghindari ancaman bahaya dari sisa-sisa pestisida yang masih melekat.
  • Gula dan Kalori Terendah
Kandungan gula dan jumlah kalori buah mangga termasuk besar. Karena itu, buah ini tidak begitu banyak dipilih sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Namun nyatanya, sebagian besar gula dan kalori tersebut terdapat di bagian daging. Sementara itu, bagian kulit mangga justru lebih banyak mengandung vitamin dan serat, tanpa intervensi gula dan kalori yang berlebihan.
  • Antidiabetes
Mangga menjadi salah satu buah yang paling dihindari oleh para penderita diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi. Namun khusus untuk kulitnya, penderita diabetes mungkin akan tergila-gila. Pasalnya, kulit mangga justru mengandung triterpene dan triterpenoid yang cukup tinggi yang berfungsi menjadi antidiabetes bagi orang yang mengonsumsinya. Senyawa tersebut membuat manfaat kulit mangga untuk mengontrol tingkat gula darah bahkan bisa menurunkannya menjadi tidak terelakkan.
  • Smoothies dan Salad
Harus diakui, walaupun kaya manfaat, rasa kulit mangga cenderung tidak lezat. Karena itu, umumnya orang-orang mengolahnya terlebih dahulu daripada mengonsumsinya secara langsung. Smoothies dan salad menjadi dua menu yang paling banyak dipilih untuk bisa mengonsumsi kulit mangga secara menyenangkan.
 
Dengan berbagai fakta di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk mencicipi kulit buah ini guna mendapat manfaat kulit mangga? Atau justru sebaliknya, fakta-fata tersebut membuat Anda kembali menimbang aman tidaknya mengonsumsi bagian terluar dari buah tropis berwarna oranye ini?
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 22 September 20 - 10:27 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT KULIT MANGGA
Dibaca sebanyak : 46 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback