Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Selain Kebutuhan Kalori Ibu Hamil, Penuhi Nutrisi Ini

Selain Kebutuhan Kalori Ibu Hamil, Penuhi Nutrisi Ini

 

Diet yang sehat merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat kapan pun dalam hidup Anda, namun khususnya penting saat Anda hamil atau berencana untuk hamil. Makan dengan sehat saat hamil akan membantu janin dalam kandungan untuk tumbuh dan berkembang. Anda tidak perlu menjalankan diet yang khusus saat hamil, namun penting untuk memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil dan makan beragam jenis makanan setiap harinya agar mendapatkan nutrisi yang seimbang yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. 

Kebutuhan kalori ibu hamil dan nutrisi lainnya meningkat saat hamil. Meskipun istilah “makan untuk dua orang” tidak sepenuhnya benar, Anda masih tetap membutuhkan mikronutrien dan makronutrien untuk mendukung Anda dan bayi. Mikronutrien adalah komponen makanan, seperti vitamin dan mineral, yang biasanya dibutuhkan dalam jumlah yang relatif kecil. Sementara itu, makronutrien adalah nutrisi yang menyediakan kalori atau energi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Anda harus mengonsumsi masing-masing nutrisi dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya saat hamil. Misalnya, jumlah nutrisi yang perlu dikonsumsi saat hamil setiap harinya adalah kalsium sebesar 1200 mg, folat sebanyak 600 hingga 800 mcg, zat besi sebanyak 27 mg dan protein sebanyak 70 hingga 100 gram yang semakin naik pada masing-masing trimester. Kebanyakan ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil dan nutrisi lain dengan memilih diet yang terdiri dari berbagai makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, lemak omega-3 tipe sehat, serta vitamin dan mineral. 

Makan makanan yang menyediakan semua yang Anda dan bayi butuhkan. Panduan baru-baru ini menyatakan Anda bisa makan seperti biasanya pada trimester pertama, untuk kemudian meningkatkan 300 kalori per hari pada trimester kedua, dan 450 kalori per hari pada trimester ketiga. Sesering mungkin, hindarilah konsumsi makanan cepat saji, seperti soda dan keripik karena tidak memiliki nilai nutrisi apapun. Anda dan bayi akan mendapatkan manfaat menyehatkan dari buah, sayur, dan protein. 

  • Protein sangat penting dalam memastikan pertumbuhan jaringan dan organ bayi, seperti otak, yang baik. Protein juga memainkan peran dalam meningkatkan pasokan darah, sehingga lebih banyak darah yang dikirim ke bayi. Kebutuhan protein Anda meningkat pada setiap trimester kehamilan. Anda membutuhkan sekitar 70 hingga 100 gram protein setiap harinya, tergantung pada berat badan Anda dan pada trimester mana Anda saat ini berada. Beberapa sumber protein yang baik adalah ikan salmon, ayam, kacang, selai kacang, dan keju. 

  • Kalsium

Kalsium membantu membangun tulang bayi dan mengatur penggunaan cairan oleh tubuh Anda. Ibu hamil membutuhkan 1000 mg kalsium, idealnya dua dosis sebanyak 500 mg, setiap harinya. Beberapa sumber kalsium yang baik di antaranya adalah susu, yogurt, keju, tahu, ikan rendah merkuri seperti salmon dan lele, serta sayuran daun hijau. 

  • Folat

Dikenal pula dengan sebutan asam folat memainkan peran penting dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf. Ini adalah cacat bawaan lahir parah yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi. Saat hamil, Anda direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan folat sebanyak 600 hingga 800 mcg, yang bisa Anda dapatkan dari hati, kacang, telur, dan sayuran hijau. 

Dengan memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil dan nutrisi yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memastikan bayi di dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan optimal. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan seimbang, serta hindari konsumsi “junk food” yang tidak mengandung nilai nutrisi baik apapun.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 15 Januari 21 - 08:32 WIB
Dalam Kategori : KEBUTUHAN KALORI IBU HAMIL
Dibaca sebanyak : 79 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback