Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Selain Kanker, Manfaat Kayu Bajakah Bisa Sembuhkan Luka

Selain Kanker, Manfaat Kayu Bajakah Bisa Sembuhkan Luka
 
Tahukah Anda tanaman bajakah? Yap, tanaman bajakah adalah salah satu kekayaan alam yang kini banyak diminati orang-orang. Manfaat kayu bajakah dipercaya sebagai obat kanker, sehingga masyarakat tidak segan-segan menjual ataupun membeli kayu ini dengan harga tinggi. Bahkan, ada yang menjualnya hingga Rp2.000.000,- per batang.
 
Dalam bahasa Dayak, bajakah artinya akar. Oleh sebab itu, bajakah bukanlah merujuk pada suatu spesies tertentu. Melainkan, memiliki banyak jenis, salah satunya adalah bajakah tampala (Spatholobus littoralis Hassk.) yang umum dikenal untuk mengobati kanker. 
 
Kayu bajakah berasal dari pelosok atau pedalaman daerah Kalimantan Tengah dan masih belum banyak menyebar ke daerah lainnya. Namun, menurut web resmi Unsyiah, tanaman bajakah juga ada di beberapa daerah di Provinsi Aceh. Adapun tanaman bajakah yang ada di hutan Muara Badak bernama Uncaria nervosa.
  
Manfaat kayu bajakah untuk kanker
Kayu bajakah merupakah salah satu tanaman yang saat ini dianggap dapat menyembuhkan kanker. Melalui sebuah penelitian yang dilakukan kepada tikus oleh tiga orang siswa SMA 2 di Palangkaraya, menunjukkan bahwa manfaat kayu bajakah dapat menghilangkan benjolan-benjolan pada tikus yang dianggap sebagai kanker.
 
Penelitian tersebut bahkan telah diakui secara international dan mendapat penghargaan medali emas dalam ajang Olimpiade Kreativitas Penemuan Dunia oleh (World Invention Creativity Olympic) di Seoul, Korea Selatan. Sayangnya, penelitian ini masih sangat dasar, sehingga butuh diuji lebih lanjut secara klinis.  
 
Merujuk pada Jurnal Atomik tahun 2019, jenis bajakah Uncaria nervosa mengandung senyawa metabolit sekunder yang memberikan banyak efek toksisitas, sehingga berpotensi dikembangkan sebagai antikanker. Senyawa tersebut adalah alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan fenolik. Selain memiliki sifat sitotoksit, tanaman bajakah juga memiliki efek antiinflamasi, imunostimulan, antioksidan, antivirus, dan antibakteri di dalam tubuh.
 
Beranjak dari hasil penelitian ilmiah tersebut, banyak pihak termasuk pemerintah dan lembaga pendidikan berupaya mengembangkan potensi dan manfaat kayu bajakah. Hal ini agar masyarakat dapat mengolah dan memanfaatkan kayu bajakah untuk pengobatan tradisional dan menunjang kesehatan tubuh. Selain itu, para ahli kesehatan terus meneliti terkait manfaat kayu bajakah yang dapat dijadikan dalam pengobatan kanker.
Manfaat kayu bajakah untuk penyembuhan luka
Manfaat kayu bajakah ternyata tidak hanya berpotensi untuk pengobatan kanker. Sebelum muncul penelitian tentang manfaat kayu bajakah sebagai antikanker, kayu bajakah telah diteliti khasiatnya untuk mempercepat proses penyembuhkan luka. Manfaat kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk.) tersebut dibuktikan melalui penelitian Maulidie dan Ayuchecaria pada tahun 2018 dan dipublikasikan dalam Jurnal Ilmiah Ibnu Sina.
 
Penelitian tersebut menggunakan hewan percobaan tikus putih jantan yang diberi luka sayatan. Ekstrak batang bajakah dibuat dalam bentuk salep yang dibandingkan dengan salep basis dan kontrol. Hasilnya, terlihat signifikan lebih cepat proses penyembuhan yang dioleskan salep ekstrak kayu bajakah. Hal ini mungkin berkaitan dengan adanya senyawa atau zat aktif yang telah terbukti ada pada kayu bajakah, yaitu flavonoid, saponin, steroid, terpenoid, tanin, dan fenol.
 
Harus diakui bahwasannya penelitian terkait manfaat kayu bajakah masih sangat sedikit dan terbatas. Sama halnya dengan pengobatan kanker, manfaat kayu bajakah untuk penyembuhan luka masih harus diteliti lebih lanjut secara klinis kepada manusia. Tentunya, untuk melihat keamanan, dosis tepat, dan efektivitas obatnya. Terlepas dari itu semua, Indonesia patut berbangga, karena memiliki sumber daya alam yang melimpah dan berpotensi untuk digunakan dalam pengobatan medis, terutama pengobatan kanker dan luka.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 16 September 20 - 11:39 WIB
Dibaca sebanyak : 23 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback