Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Selain Cefadroxil, Inilah Jenis Cephalosporin Generasi Pertama Lainnya

Selain Cefadroxil, Inilah Jenis Cephalosporin Generasi Pertama Lainnya
Cefadroxil merupakan antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, salah satunya yaitu infeksi saluran kemih. Tak hanya cefadroxil, terdapat 4 jenis antibiotik cephalosporin generasi pertama lainnya. Setiap generasi dibedakan berdasarkan gram bakteri yang akan dilawan. Tujuan setiap genesrasi cephalosporin sama, antara lain untuk menghentikan pertumbuhan bakteri tersebut. 
Pengertian
Cephalosporin adalah kelompok besar antibiotik yang berasal dari jamur Acremonium. Jamur ini biasanya didapatkan dari bangkai tanaman dan tanah. Cephalosporin bersifat bakterisidal dan bekerja mirip dengan antibiotik penisilin. Cara kerjanya yaitu dengan mengikat dan memblokir aktivitas enzim pembuat peptidoglikan atau komponen yang membuat dinding sel bakteri. Terdapat berbagai macam bakteri yang dapat ‘dilumpuhkan’ menggunakan antibiotik ini.
Pada dasarnya, cephalosporin generasi pertama juga mengacu pada kemlompok antibiotik yang pertama ditemukan. Aktivitas utamanya yaitu melawan bakteri gram positif seperti staphylococcus dan streptococcus. Cephalosporin generasi pertama tetap memiliki aktivitas melawan bakteri gram negatif tetapi cenderung kecil. Secara umum antibiotik digunakan untuk mengatasi infeksi tulang, telinga kulit, saluran pernapasan atas, dan saluran kemih.
Jenis-jenis
Terdapat 5 generasi cephalosporin yang dikelompokkan meskipun klasifikasinya berpotensi tidak konsisten dipakai di negara-negara lain.     
  • Cefadroxil
Antibiotik biasa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, kulit, jaringan bawah kulit, tenggorokan, tonsil, radang tenggorokan, serta  perawatan pencegahan infeksi bakteri di katup jantung. Cefadroxil dapat berbentu tablet, kapsul, suspensi, atau infus.
  • Cephradine
Jenis infeksi bakteri yang mampu diatasi antibiotik cephradine dnatara lain infeksi saluran pernapasan atas, telinga, kulit, dan saluran kemih. Beberapa infeksi selain itu, mungkin juga bisa diobati menggunakan cephradine berdasarkan konsultasi dan pemeriksaan dokter. Antibiotik ini bisaanya tetap diberikan selama 3 hari setalah uji laboratorium menyatakan Anda telah sembuh dari infeksi.
  • Cephalexin
Antibiotik ini digunakan untuk infeksi bakteri seperti pneumonia dan infeksi pernafasan lainnya, tulang, kulit, telingan, alat kelamin, dan saluran kemih. Cephalexin berisiko menimbulkan efek samping bengkak di wajah, tenggorokan, lidah, bibir, dan mata bahkan sampai halusinasi meskipun kejadian ini jarang terjadi. Cephalexin diberikan dalam bentuk tablet, kapsul, suspensi, atau infus.
  • Cefazolin
Biasanya cefazolin diberikan dalam bentuk injeksi yang mengobatai infeksi bakteri pada kulit, tulang, sendi, alat kelamin, darah, katup jantung, saluran pernapasan (termasuk pneumonia), saluran empedu, serta saluran kemih. Cefazolin juga digunakan sebelum, saat, atau terkadang juga diberikan setelah operasi untuk mevegah terjadinya infeksi. 
  • Cephalexin
Antibiotik ini digunakan untuk jenis infeksi bakteri di saluran pernapasan, kulit, maupun saluran kemih. Fakta uniknya, Anda tetap bisa mengonsumsi alkohol meskipun sedang menggunakan cephalexin. Sama seperti jenis antibiotik lainnya, penting untuk menghabiskan seluruh dosis yang diberikan dokter mekipun sudah tidak ada gejala infeksi yang ditumbulkan. 
Efek samping
Cepahlosporin generasi pertama umumnya hanya menyebakan sedikit efek samping. Beberapa melaporkan kejadian diare, mual dan muntah, dispepsia, gastritis, dan sakit perut. Masalah hati juga sempat dilaporkan meskipun kejadian ini jarang terjadi.
Tak hanya itu, infeksi baru juga bisa terjadi akibat pertumbuhan bakteri berlebih atau disebut juga Clostridium difficille. Sebenarnya Clostridium difficille juga merupakan efek samping beberapa jenis antibiotik lainnya. Salah satu gejala yang muncul yaitu diare parah.
Efek samping lainnya yang juga jarang terjadi adala pertumbuhan jamur Candida albicans sehingga menyebabkan sariawan. Meskipun demikian, Anda bisa melihat efek samping secara lebih detail pada masing-masing jenis antibiotik melalui keterangan dokter atau label kemasan.



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 28 November 20 - 16:57 WIB
Dalam Kategori : CEFADROXIL
Dibaca sebanyak : 259 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback