Ni
Blog Universitas Komputer Indonesia

Selain Banyak Manfaat, Ternyata Dong Quai Ada Efek Sampingnya, Lho!

Selain Banyak Manfaat, Ternyata Dong Quai Ada Efek Sampingnya, Lho!
 
Dong quai adalah tanaman yang mana akarnya sangat berguna untuk berbagai pengobatan. Tanaman ini ada di beberapa negara, seperti China, Korea dan Jepang. Dong quai meruapkan ramuan herbal yang paling banyak digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk menyembuhkan beberapa penyakit.
Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata dong quai pun ada efek sampingnya, lho. Mau tahu apa saja efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi tanaman herbal ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.
Apa itu dong quai?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dong quai adalah tanaman yang menggunakan akarnya sebagai obat. Di Asia Tenggara, spesies Angelica lainnya terkadang diganti dengan dong quai (Angelica sinensis). Paling sering di temukan di Jepang termasuk Angelica acutiloba, dan Angelica gigas yang banyak ditemukan di Korea. Meski ketiganya spesies ini serupa, bahan kimia yang dikandungnya berbeda.
Tanaman ini serng digunakan untuk kram menstruasi, sindrom pramenstruasi (PMS), dan gejala menopause. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengelola hipertensi, infertilitas, nyeri sendi, maag, anemia, serta sembelit. Dong quai juga digunakan secara oral untuk pengobatan hilang warna  kulit (depigmentasi) dan psoriasis.
Kegunaan dan efektivitas
Dong quai mungkin efektif dalam mengatasi:
  • Gejala menopause. Mengonsumsi produk tertentu yang mengandung dong quai dan chamomile tampaknya dapat mengurangi rasa panas pada wanita menopause. Selain itu juga dapat mengurangihot flushes dan keringat malam serta meningkatkan kualitas tidur sebelum dan sesudah menopause. Mengonsumsi produk yang mengandung akar burdock, akar licorice, motherwort, dong quai, tampaknya juga dapat mengurangi gejala menopause. Namun, beberapa bukti menunjukkan bahan mengonsumsi dong quai saja dapat memperbaiki gejala menopause.
  • Ejakulasi dini, bila dioleskan langsung ke penis yang dikombinasikan dengan herbal lain.
 
Efek samping
Jika diminum: Dong quai mungkin aman untuk orang dewasa ketika dikonsumsi secara oral dan ketika sesekali diterapkan pada kulit sebagai bahan dalam krim. Bukti lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keamanannya setelah penggunaan yang lama atau berulang.
Dong quai dapat menyebabkan kulit terasa lebih sensitif terhadap sinar matahari. Ini mungkin membuat Anda berisiko lebih besar terkena kanker kulit. Kenakan tabir surya di luar ruangan, terutama jika Anda berkulit putih.
Menggunakan dong quai dalam jumlah besar untuk waktu yang lama mungkin tidak aman. Karena mengandung ahan kimia yang dianggap sebagai penyebab kanker (karsinogen).
Perhatian dan peringatan khusus
Kehamilan dan menyusui: Mengonsumsi dong quai selama kehamilan mungkin tidak aman untuk bayi. Pasalnya, tanaman ini dapat mempengaruhi otot-otot rahim. Ada juga laporan yang mengaitkan kombinasi herbal yang mengandung dong quai dengan cacat lahir pada bayi yang ibunya meminum kombinasi tersebut selama tiga bulan pertama kehamilannya. Jadi, jangan gunakan tanaman herbal ini saat sedang hamil.
Namun, hingga saat ini tidak ada informasi tentang keamanan dong quai yang digunakan selama seorang wanita menyusui. Jadi, untuk keamanan bayi, jangan konsumsi dong quai selama menyusui.
Gangguan pendarahan. Dong quai mungkin dapat memperlambat pembekuan darah, secara teori, tanaman ini dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada orang yang mengalami gangguan pendarahan.
Kondisi sensitif hormon seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis, atau fibroid rahim. Dong quai mungkin bertindak seperti estrogen. Jadi jika Anda memiliki kondisi yang mungkin diperburuk oleh paparan estrogen, jangan menggunakan herbal ini.
Kekurangan protein S. Orang yang kekurangan protein S memiliki peningkatan risiko pembentukan gumpalan darah, ada kekhawatiran bahwa dong quai dapat meningatkan risiko pembentukan gumpalan pada orang-orang ini karena memiliki beberapa efek estrogen. Jangan gunakan dong quai jika Anda kekurangan protein S.
Operasi. Dong quai dapat memperlambat pembekuan darah. Ini pun dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi. Berhenti mengonsumsi herbal ini setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi.
Jadi, meskipun ada beberapa manfaat dari dong quai, Anda perlu memperhatikan efek samping yang mungkin bisa terjadi pada beberapa kondisi kesehatan di atas. Segera hentikan penggunaan jika Anda mengalami beberapa kondisi kesehatan yang justru bisa membahayakan diri.  
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 21 Januari 21 - 16:26 WIB
Dibaca sebanyak : 116 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback